Kurikulum PAI Di Dalam Pusaran Revolusi Industri 4th.0 Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran
Abstract
Pendidikan agama Islam menghadapi tantangan distrupsi di era rovolusi industry 4.0 membuat semua orang dapat mengakses segala macam informasi serta terhubung dengan cepat melalui internet dan inovasinya (internet of thing). Efek dari sebuah teknologi perpotensi postif dan negative bagi manusia. Pendidikan agama Islam harus dapat menyiapakan sumber daya manusia yang beriman dan berakhlak serta menjadi intelektual muslim. Pengembangan kurikulum pendidikan Islam merupakn upaya dalam menghadapai tantangan di era revolusi industry 4.0. Penlitian ini menggunakan metode library research dengan mengumpulkan dan menganalisis data-data kepustakaan. Hsail dari penelitian menunjukan perlu adanya penyesuaian dalam kurikulum pendidikan agama Islam di era 4.0, dan dalam penelitian ini ditemukan ada lima karakteristik era revolusi industry yaitu, perubahan tatanan kehidupan, disrupsi, digitalisasi, tantangan beragama, dan problem moral. Persoalan ini disikapi dengan mengembangkan lima model pembelajaran pendidikan islam model pendidikan eksistensialistik, model disrupsi, menyikapi fenomena disrupsi, dan model bercorak teknologi menyingkapi digitalisasi model pendidikan esensialistik untuk menyikapi problem beragama dan model pendidikan profetik untuk menyikapi problem moral. Menyikapi era revolusi industry kurikulum pendidikan agama islam dituntut untuk lebih peka terhadap gejala-gejala perubahan sosial masyarakat dan pendidikan Islam harus mau mendisrupsi diri berorientasi pada keunggulan sumber daya manusia.
Downloads
References
[2] A. M. Tamam, “MODEL-MODEL PENDIDIKAN ISLAM DALAM MERESPONS ERA REVOLUSI INDUSTRI 4 . 0 THE INDUSTRIAL REVOLUTION ERA 4 . 0 Abduh dalam menyikapi perubahan,” J. Penamas, vol. 33, pp. 25–38, 2020, [Online]. Available: https://blajakarta.kemenag.go.id/journal/index.php/penamas/article/view/377/182.
[3] I. Choli, “Pendidikan Agama Islam Dan Industri 4.0,” Tahdzib Al-Akhlaq J. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 2, pp. 20–40, 2020, doi: 10.34005/tahdzib.v3i2.891.
[4] H. B. Hajriyah, “Modernisasi Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Industri 4.0,” MOMENTUM J. Sos. dan Keagamaan, vol. 9, no. 1, pp. 42–62, 2020, doi: 10.29062/mmt.v9i1.64.
[5] D. A. N. Pratama, “Tantangan Karakter Di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Membentuk Kepribadian Muslim,” Al-Tanzim J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 1, pp. 198–226, 2019, doi: 10.33650/al-tanzim.v3i1.518.
[6] M. Z. Ul haq and T. Hamami, “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era 4.0,” Islamika, vol. 2, no. 2, pp. 251–275, 2020, doi: 10.36088/islamika.v2i2.791.
[7] S. Rohima, “Peran Pendidikan Agama Islam dalam Era Industri 4.0,” Ittihad, vol. 4, no. 1, pp. 62–71, 2020.
[8] M. Silfia, “Penguatan Pendidikan Karakter dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4 . 0,” Pros. Semin. Nas. FIS, vol. 2, pp. 642–645, 2018.
[9] I. K. Suda, “Membedah Tantangan Dan Peluang Pendidikan Agama Hindu Di Era Revolusi Industri 4.0,” Pros. Semin. Nas. Dharma Acarya ke-1, STAHN Mpu Kuturan, pp. 9–16, 2019.
[10] S. Gussevi and N. A. Muhfi, “Tantangan Mendidik Generasi Milenial Muslim di Era Revolusi Industri 4.0,” Paedagog. J. Pendidik. dan Stud. Islam, vol. 2, no. 1, 2021, doi: 10.52593/pdg.02.1.05.
[11] A. Pera Afrizal, “PENDIDIKAN ISLAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0,” J. Literasiologi, vol. 6, no. 1, 2021, doi: 10.47783/literasiologi.v6i1.240.
[12] A. Febrianto and N. D. Shalikhah, “MEMBENTUK AKHLAK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DENGAN PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM,” Elem. Sch. J. Pendidik. dan Pembelajaran ke-SD-an, vol. 8, no. 1, 2021, doi: 10.31316/esjurnal.v8i1.1049.
[13] Fatin Izati and Farah Hanan, “Pendidikan Digital Era Ri 4 . 0 Dalam Pendidikan Islam,” Int. Conf. Syariah Law2021(ICONSYAL 2021), vol. 2021, no. APRIL, 2021.