Analisa Dan Implementasi Penetration Testing Pada Jaringan Wi-Fi Fakultas Teknik Universitas Islam Kuantan Singingi

  • Eval Agustin Martin Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Jasri Jasri Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Penetration Testing, Jaringan Wireless, Kali Linux

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi merupakan dua hal yang sulit terpisahkan dari kehidupan manusia di zaman yang serba teknologi. Salah satu contoh teknologi informasi dan komunikasi adalah jaringan. Penelitian ini menggunakan metode penetration testing, yang bertujuan agar dapat diterapkan untuk menganalisa terhadap keamanan jaringan Wireles yang telah sudah diterapkan di Fakultas Teknik Universitas Islam Kuantan Singingi. Penetration testing adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengidentifikasi dan mengeksploitasi kerentanan keamanan jaringan. Dalam penerapan metode penetration testing ini dimana bentuk serangan terhadap jaringan disimulasikan, salah satu sistem operasi yang memiliki spesifikasi yang tepat dalam hal tersebut adalah Kali Linux. Jaringan Wireless merupakan jaringan yang banyak digunakan pada institusi, perguruan tinggi maupun tempat umum. Walalupun memiliki sistem keamanan, jaringan Wirelessmasih dapat di serang oleh para attacker.

References

Aminanto, Alja, and Wiwi Sulistyo. "Simulasi Sistem Keamanan Jaringan Komputer Berbasis IPS Snort dan Honeypot Artilery." Jurnal Teknologi Informasi, Agustus 2019.

Arif Hidayat, Ismail Puji Saputra. "Analisa Dan Poblem Solving Keamanan Router Mikrotik Rb750ra Dan Rb750gr3 Dengan Metode Penetration Testing." Jurnal Resistor, 2018.

Bambang Pujiarto, Ema Utami, Sudarmawan. "Evaluasi Wireless Local Area Network." Jurnal Dasi, Juni 2013.

Daulay, Muhammad Iqbal. "analisa perbandingan keamanan WEP, WPA, WPA2 pada access point." 2019.

Dermawati, Rosi, and M. Hasim Siregar. "Implementasi Honeypot Pada Jaringan Internet Labor Fakultas Teknik Uniks Menggunakan Dionae Sebagai Keamanan Jaringan." Jurnal Ilmiah Edutic, n.d.

Gilvan Januar Sirait, and Indrastanti R. Widiasari, M.T. "Analisis Keamanan Jaringan Wireless Local Area Network dengan Metode." 2018.

Haerudin, and Arif Kurniadi. "Analisis Keamanan Jaringan WPA2-PSK Menggunakan Metode Penetration Testing (Studi Kasus : TP-Link Archer A6)." 2021.

Imam Kreshna Bayu, Muh. Yamin, LM Fid Aksara. "Analisa Keamanan Jaringan Dengan." Juli-Desember 2017: 69-78.

Michael, Ikhwan Ruslianto, and Rahmi Hidayati. "Analisis Perbandingan Sistem Keamanan Jaringan Wi-Fi." jurnal komputer dan aplikasi, 2021.

Muhammad Addy Rahmadani, Mochammad Fahru Rizal , Tedi Gunamawan. "Implementasi Hacking Wireless Dengan Kali Linux Menggunakan." e-Proceeding of Applied Science, Desember 2017: 17-67.

Richard Pangalila, Agustinus Noertjahyana, Justinus Andjarwirawan. "Penetration Testing Server Sistem Informasi Manajemen." 2015.

Stefanus Eko Prasetyo, Ricky Chandra Lee. "Analisis Keamanan Jaringan Pada Pay2home Menggunakan Metode Penetration Testing." 2021.
Published
2021-12-27