Peran Pendidikan Pengembangan Kecerdasan Peserta Didik Kajian Perspektif Islam

  • Wina Asry Universitas Dharmawangsa
Keywords: Peran Pendidikan, Kecerdasan, Perspektif Islam

Abstract

Pendidikan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan keluarga, sekolah dan masyarakat. Pendidikan berupaya mendidik manusia untuk mempunyai ilmu pengetahuan dan ketrampilan disertai dengan Iman dan Taqwa kepada Allah SWT. Pendidikan Agama Islam ialah usaha berupa bimbingan dan asuhan terhadap anak didik agar kelak setelah selesai pendidikanya dapat memahami dan mengamalkan ajaran agama Islam serta menjadikannya sebagai pangangan hidup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif.  penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisa fenomena peristiwa, aktivitas sosial, sika kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif. Temuan penelitian menjelaskan Dalam konteks ini secara jelas juga menjadi sasaran jangkauan pendidikan islam, merupakan bagian dari system pendidikan nasional, sekalipun dalam kehidupan bangsa Indonesia tampak sekali eksistensinya secara cultural. Tapi secara kuat ia telah berusaha untuk mengambil peran yang kompetitif dalam setting sosiologis bangsa, walaupun tetap saja tidak mampu menyamai pendidikan umumn yang ada dengan otonomi dan dukungan yang lebih luas, dalam mewujudkan tujuan pendidikan secara nyata.

References

H.Moh.Solikodin Djaelani, 2013. Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga dan Masyarakat . Jurnal Ilmiah WIDYA 100 Vol 1 No 2.

Heru Juabdin Sada. 2017. Peran Masyarakat Dalam Pendidikan Perspektif Pendidikan Islam, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Vo 8, No I.

https://arhan65.wordpress.com/2011/11/25/kecerdasan-menurut-Al-Qur’an/, diakses pada minggu, 23/08/2022, 20:07.

Ismatul Izzah, 2018. Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Masyarakat Madani, Jurnal Pedagogik, Vol, 05, No 01.

J.P.Chaplin, 2008. Kamus Lengkap Psikologi terjemahan kartini kartono, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Kamsinah, 2014. Tugas dan Tnggung Jawab Guru Dalam Pendidikan Islam, Alauding Universiti Press

Khurin’In Ratnasari, Yovita Dyah Permatasari, Mar’atus Sholihah, 2020. Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Sosial Dalam Bermasyarakat, Jurnal Keislaman, Vol. 11 No 2.

Ngalim Purwanto, 2000. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, (Bandung: Remaja Rosda Karya.

Siti Nusroh & Eva Luthfi Fakhru Ahsani, 2020. Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Serta Cara Mengatasinya, Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 5, No. 01

WJS. Poerwadarminta,1995. Kamus Umum Bahassa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka

Zakiah Darazat dkk, 2014. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Balai Pustaka
Published
2022-12-26