Integrasi Wisata Alam Pantai Padelegan dalam Pembelajaran PJOK Sekolah Dasar Kelas Rendah

  • Ana Naimatul Jannah Universitas Trunojoyo Madura
  • Nova Estu Harsiwi Universitas Trunojoyo Madura
  • Laila Maulidiya Universitas Trunojoyo Madura
Keywords: Potensi Alam, Pantai Padelegan, Pembelajaran PJOK

Abstract

Wisata Alam merupakan potensi yang dimiliki setiap daerah sebagi daya tarik wisatawan yang menjadi sarana untuk melakukan rekreasi dan mengisi waktu libur, tidak hanya itu wisata alam juga mampu dijadikan sebagai sumber bahan ajar siswa. Hal ini menjadi penting agar wisata alam dapat dikembangkan dan dengan baik untuk bisa meraih segala sektor, baik sektor ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan. Salah satu wisata alam alam yang berada di Kabupaten Pamekasan Provinsi Jawa Timur yang dikembangkan dan dikelola oleh warga sekitar adalah wisata alam Pantai Padelegan. Penelitian ini bertujuan menganalisis potensi wisata alam pada Pantai Padelegan untuk diintegrasikan ke dalam mata pelajaran PJOK Sekolah Dasar. PJOK merupakan mata pelajaran yang terintegrasi antara aktifitas fisik, perkembangan mental dan emosional, sehingga muatan PJOK dirasa berpotensi untuk bisa diintegrasikan dengan wisata alam Pantai Padelegan. Penelitian ini adalah penelitian eksploratif dimana teknik pengumpulan data dapat diperoleh melalui observasi, penyebaran angket, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan daftar pertanyaan terbuka untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya karena penelitian ini tidak memiliki batasan hipotesis penelitian sehingga peneliti dapat belajar fenomena yang ada dari berbagai aspek yang akan diselidiki. Tahap analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat sekitar mendapatkan dampak yang sangat positif dari pemanfaatan wisata alam Pantai Padelegan ini baik dari segi ekonomi maupun segi sosial. Terdapat praktek pembelajaran yang berlangsung pada wisata alam Pantai Padelegan yang dijadikan sebagai sumber belajar oleh sekolah sekitar pantai. Wisata alam Pantai Padelegan bisa diintegrasikan dengan muatan PJOK terutama pada materi kebugaran dan aktifitas air.

References

[1] Suharto, "Minat Kunjungan Wisatawan Museum Gunungapi Merapi," Jurnal Media Wisata, vol. 17, no. 1, pp. 1180-1185, 2019. DOI: 10.31227/osf.io/ra384

[2] W. Safitri and N. Andriani, "Analisis Potensi dan Strategi Pemasaran Destinasi Wisata Pantai," Jurnal Kajian Ilmu Manajemen, vol. 2, no. 3, pp. 299-308, 2022. https://doi.org/10.21107/jkim.v2i3.17359

[3] F. DIba and N. Muttaqien, Perkembangan Peserta Didik, Tangerang Selatan: CV Pustakapedia Inonesia, 2019.

[4] H. A. D. Santos and A. Hudain, "Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Permainan Untuk Pengembangan Kebugaran Jasmani," vol. 1, no. 1, pp. 46-52, 2020. https://doi.org/10.55081/joki.v1i1.298

[5] Tim GTK DIKDAS. (2021). Modul Belajar Mandiri Bidang Studi PJOK SD. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

[6] T. Junianto, "Pembelajaran PJOK kondisi pandemi covid-19 pada siswa sekolah dasar," JOPI (Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia), vol. 1, no. 2, pp. 203-212, 2022. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i2.28

[7] Tedjasaputra, M. (2003). Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Gramedia.

[8] Purba, E. F., & Simanjuntak , P. (2012). Metode Penelitian. Medan: Percetakan SADIA.

[9] A. S. Murdiono, Y. M. Saputra and I. Safari, "Pengaruh permainan outdoor educationdantingkat motivasi terhadap kebugaran jasmani siswa," JOPI (Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia), vol. 1, no. 2, pp. 168-178, 2022. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i2.98

[10] G. A. Widyarini and I. N. Sunarta, "Dampak Pengembangan Sarana Pariwisata Terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung Di Wisata Alam Air Panas Angseri, Tabanan," Jurnal Destinasi Pariwisata, vol. 6, no. 2, pp. 217-223, 2018.
https://doi.org/10.24843/JDEPAR.2018.v06.i02.p03
Published
2022-12-26