Optimalisasi Potensi Objek Wisata Desa Dalam Aspek Manajerial Pengelolaan dan Promosi Objek Wisata Pemandian Air Panas Desa Sungai Pinang Kecamatan Hulu Kuantan

  • Riki Ruspianda Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Agus Candra Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Ria Asmeri Jafra Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Retni Pratiwi Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Rikki Afrizal Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Melia Nurafni Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Pemandian Air Panas, Pengabdian Sungai Pinang, Tabalui

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat dengan judul Optimalisasi Potensi Objek Wisata Desa dalam aspek manajerial pengelolaan dan promosi objek wisata Pemandian Air Panas Desa Sungai Pinang Kecamatan Hulu Kuantan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi mitra dalam pengelolaan dan promosi objek wisata. Pengabdian ini mengambil lokasi di Desa Sungai Pinang Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Adapun sasaran mitra dalam pengabdian ini yaitu kelompok sadar wisata Desa Sungai Pinang, pengelola objek wisata dan masyarakat Desa Sungai Pinang. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan 3 (tiga) metode yang terdiri dari observasi pengelolaan dan promosi objek wisata, FGD dan edukasi promosi objek wisata. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini akan memberikan nilai tambah bagi objek wisata Pemandian Air Panas Desa Sungai Pinang khususnya dan Kabupaten Kuantan Singingi umumnya. Berdasarkan PKM yang sudah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa permasalahan mengenai pelatihan dan promosi berupa Manajemen pengelolaan organisasi yang belum optimal; Adanya permasalahan dalam memanfaatkan potensi yang ada; Belum optimalnya koordinasi dengan setiap stakeholder; Penghulu suku yang belum solid; Tercemarnya sungai tabalui; dan Akses menuju lokasi pemandian air panas yang cukup sulit karena terdapat beberapa ruas jalan yang rusak. Untuk menjawab permasalahan tersebut diperlukan sinergitas seluruh elemen masyarakat, adanya partisipasi dan perlu penguatan kelembagaan masyarakat, memperhatikan lingkungan dan menerapkan peluang usaha pada objek wisata.

References

[1] Ruspianda, Riki, Rikki Afrizal, Retni Pratiwi. 2021. Pariwisata Desa dalam Perspektif Sustainable Tourism Development Studi Kasus : Objek Wisata Pemandian Air Panas Desa Sungai Pinang Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Laporan Penelitian yang dipresentasikan pada Seminar Nasional Tanggal 18 Desember 2021.

[2] Soekanto, Soerjono, 1997. Sosiologi Suatu Pengantar, (Edisi Baru) Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

[3] Arida, I Nyoman Sukma.___. Buku Ajar : Pariwisata Berkelanjutan. Sustain-Press
Published
2022-12-26
Section
Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat