Pengaruh Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Negeri 2 Pekanbaru

  • Lisdayanti Lisdayanti Universitas Riau
Keywords: Prestasi Belajar, Mata Pelajaran Produk kreatif dan Kewirausahaan, Efikasi Diri, Minat Berwirausaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha siswa SMK Negeri 2 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 2 Pekanbaru dengan jumlah 836 siswa dan sampel 89 siswa diperoleh dari teknik purposive sampling kemudian disederhanakan menggunakan rumus slovin. Karakteristik yang menjadi pertimbangan dalam pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling adalah peserta didik yang sedang atau telah menyelesaikan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK Negeri 2 Pekanbaru yaitu kelas XII. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner untuk data primer yaitu variabel efikasi diri dan minat berwirausaha dan dokumentasi untuk data sekunder yaitu variabel Prestasi belajar PKK. Data yang terkumpul kemudian di tabulasikan dan di analisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar PKK dan efikasi diri berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha siswa SMK Negeri 2 Pekanbaru dengan persamaan regresi 23,270 + 0,513 X1 + 0, 456 X2 dan memberikan kontribusi terhadap minat berwirausaha siswa sebesar 58,3%.

References

Astuti, Puji Fidya. 2013. Pengaruh Prestasi Belajar mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMA Pasundan 2 Bandung tahun ajaran 2012/2013 : Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Basrowi. 2011. Kewirausahaan Untuk Perguruan Tinggi. Bogor : Ghalia Indonesia.

Badan Pusat Statistik. 2017. Keadaan Ketenagakerjaan 2019

Djamarah, Zain. 2011. Startegi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Januardi & Zubaimari, Rika Anggraini. (2018). Pengaruh Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas di SMA Muhammadiyah 02 Palembang. Jurnal Perspektif Pendidikan, 12(2), 1-10.

Kamil. Riska Amelia. 2018. Pengaruh Efikasi diri , Kemandirian dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Ngainayah. Nurul. 2018. Pengaruh Prestasi Belajar Prakarya dan kewirausahaan serta lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMK Negeri 1 Puring Kebumen. Jurnal Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah purworejo Vol 7, No 01.

Ormord, 2008.Psikologi Pendidikan. Jakarta : Erlangga

Norhyatun, d. 2018. Kedisiplinan Guru dalam Mengajar Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran IPS. Journal Pedagogie, 37.

Nicolaus Adi Fusantara. 2015. Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Praktik Kerja terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK N1 Saptosari Kabupaten Gunung Kidul. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Permatasari, Agustina. 2016. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Efikasi Diri terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Skripsi.UIN Hidayatullah Jakarta.

Purwanto, M Ngalim. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Sumarno dan Suarman. 2017. Develoment of Technopreneurship based Enterpreneurship Education for Student at Universitas Riau, Indonesia Internasional Journal Of Economic Research 14 (12) : 65 - 74

Shane S, Locke E, Collins C.2003. Enterpreneurial Motivation.Human Resourse Management Review.

Suryana. 2014. Kewirausahan. Jakarta: Salemba Empat.

Sudrajat, Akhmad. 2012. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No 23 tahun 2006.
Published
2023-12-29