Identifikasi Kesulitan Materi Kimia Bagi Siswa SMA: Kajian Literatur

  • Yenni Kurniawati
  • Ilmi Mayshinta
  • Elvi Yenti
Keywords: Kesulitan, Materi, Kimia, Prisma

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis penelitian mengenai Identifikasi Kesulitan Materi Kimia Bagi Siswa SMA dalam Mengetahui kesulitan pada materi kimia di Sekolah Menengah Atas (SMA). Studi literatur ini akan mengadopsi pendekatan Systematic Literature Review berdasarkan model PRISMA. Peneliti telah menganalisis artikel yang membahas tentang materi penelitian kesulitan kimia yang ada di SMA yang telah diterbitkan dalam rentang lima tahun terakhir, yaitu 2019 hingga 2023. Pencarian artikel akan terfokus pada basis data Google Scholar, Publis or perish dan Research Gate. Peneliti akan menggunakan kata kunci yang berkaitan dengan kesulitan belajar dalam konteks pembelajaran kimia. Selanjutnya, penulis akan mengumpulkan jurnal-jurnal yang telah mendapatkan akreditasi dari sinta dan jurnal review untuk dilakukan analisis mendalam dengan harapan dapat menghasilkan temuan materi kimia yang dianggap sulit adalah Materi yang bersifat abstrak, seperti Struktur Atom, Sistem Periodik Unsur, Ikatan Kimia dan Larutan Penyangga sedangkan yang bersifat perhitungan terdapat materi Termokimia. Dari metode penelitian yang paling banyak digunakan menggunakan metode deskriptif pendekatan kuantitatif mendominasi, menunjukkan bahwa analisis data kuantitatif pendekatan pembelajaran yang inovatif dan strategi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] R. Hidayat, S. Ag, dan M. Pd, Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah.
[2] F. N. Utami, “Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD – Fadila Nawang Utami,” vol. 2, no. 1, hal. 93–101, 2020.
[3] H. Helmarini dan P. D. Saputera, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 01 Kota Bengkulu,” J. Multidisiplin Dehasen, vol. 1, no. 4, hal. 591–596, 2022.
[4] et al Siti Urbayatun, kesulitan belajar dan gangguan psikologis ringan pada anak. 2019.
[5] L. Amelia, S. Aini, dan M. Septiayuni, “Validity of a Chemistry Laboratory Manual Based on Green Chemistry Principle for High School Students Grade X in the Odd Semester,” hal. 314–319, 2019.
[6] S. NLI, M. IW, dan S. IK, “Analisis Kesulitan Belajar Kimia Pada Materi Larutan Penyangga Di Sma Negeri 2 Banjar,” J. Pendidik. Kim. Undiksha, vol. 2, no. 2, hal. 75, 2018, doi: 10.23887/jjpk.v2i2.21170.
[7] K. Khaeruman, D. Darmatasyah, dan H. Hulyadi, “The Development Of Chemistry Virtual Laboratory On Colloidal System To Improve Generic Science Skills,” Hydrog. J. Kependidikan Kim., vol. 5, no. 2, hal. 84, 2019, doi: 10.33394/hjkk.v5i2.1593.
[8] N. Afrianis dan L. Ningsih, “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom,” Konfigurasi J. Pendidik. Kim. dan Terap., vol. 6, no. 2, hal. 102, 2022, doi: 10.24014/konfigurasi.v6i2.18617.
[9] abudarin erika candraningrum, suandi, “Identifikasi miskonsepsi menggunakan two-tier multiple choice pada konsep partikel materi untuk peserta didik kelas X.,” J. Environ. Manag., vol. Vol.3 No.2, no. ISSN 117-124, 2022.
[10] A. Hartini, A. W. Sabekti, dan E. P. Ramdhani, “Kesulitan Pembelajaran Daring Pada Materi Hakikat Ilmu Kimia Dan Struktur Atom,” SOJ (Student Online Journal), vol. 2, no. 2, hal. 1188–1194, 2021.
[11] Siti Hadewia, “Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI di MAN 2 Kota Palu,” J. Kolaboratif Sains, vol. 5, no. 10, hal. 701–705, 2022, doi: 10.56338/jks.v5i10.2834.
[12] L. Susilawati, E. P. Ramdhani, dan I. Yulita, “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas X MIPA pada Materi Sistem Periodik Unsur di SMAN 1 Teluk Bintan,” Student Online J., vol. 1, no. 2, hal. 500–506, 2020.
[13] L. F. Siregar, “Minat, Motivasi, serta Kesulitan Siswa Kelas X IPA dalam Pembelajaran Daring atau Luring pada Sistem Periodik Unsur,” … Nas. Pendidik. dan Sains Kim. (SNP …, hal. 65–72, 2021.
[14] D. R. T. A. Kurnia Rahayu, Indah Wigati, “ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI IKATAN KIMIA,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Kim., vol. Vol1. No.1, hal. 184–194, 2022.
[15] H. Harahap, “… Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Materi Ikatan Kimia Kelas X Di Smait Dengan Menggunakan Three Tier Diagnostik,” Skripsi, 2020.
[16] N. K. Sariati, I. N. Suardana, dan N. M. Wiratini, “Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Kelas XI pada Materi Larutan Penyangga,” J. Ilm. Pendidik. Pembelajaran, vol. 4, no. 1, hal. 86–97, 2020.
[17] Leni Marlina, “Analisis kesulitan belajar kimia pada materi larutan penyangga di SMA NEGERI KAPUAS,” J. ilmu-ilmu Sos. dan Pendidik., vol. Vol.9 No.2, 2023.
[18] Putri Camelia, “Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa kelas XI pada Materi Larutan Penyangga,” https://journals.ki-pi.org/index.php/authenticlearning/index, 2022.
[19] N. Suleman, A. Lukum, N. Rauf, M. Paputungan, L. Alio, dan K. Sukamto, “Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Termokimia Menggunakan Tes Diagnostik Three-Tier Multiple Choice,” Jambura J. Educ. Chem., vol. 5, no. 2, hal. 122–129, 2023, doi: 10.34312/jjec.v5i2.13255.
[20] Suyatman dan T. Taher, “Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas Xi Madrasah Aliyah Negeri 1 (Man 1) Lampung Timur Dalam Mempelajari Pokok Bahasan Termokimia,” Inov. Pendidik. Kim., vol. 14, no. 2, hal. 2619–2628, 2020.
[21] G. Gusmilasari, A. H. Fatah, dan M. E. Anggraeni, “Analisis Materi Ajar Kimia SMA/MA Kelas XI Pada Konsep Termokimia,” J. Ilm. Kanderang Tingang, vol. 11, no. 1, hal. 117–131, 2020, doi: 10.37304/jikt.v11i1.80.
[22] I. K. S. Sudiana, I. W. Suja, dan I. Mulyani, “Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan,” J. Pendidik. Kim. Indones., vol. 3, no. 1, hal. 7, 2019, doi: 10.23887/jpk.v3i1.20943.
[23] J. C. Manurung dan Y. Kristianti, “Dampak Kesulitan Siswa Terhadap Hasil Belajar Kognitif Kimia Pada Materi Tata Nama Senyawa Kelas X Ipa Di Sma Negeri 1 Warmare,” Arfak Chem Chem. Educ. J., vol. 6, no. 1, hal. 480–486, 2023, doi: 10.30862/accej.v6i1.435.
[24] N. Kristin, A. P. Astuti, dan V. A. Wulandari, “Analisis kesulitan belajar kimia materi hidrokarbon (study kasus SMA Negeri di Semarang),” Semin. Nas. Edusainstek FMIPA UNIMUS, hal. 348–356, 2019.
Published
2023-12-29
Abstract viewed = 172 times
PDF downloaded = 120 times