Pengembangan Media Komik Dalam Pembelajaran Kimia

  • Yenni Kurniawati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Shaqilla Aulia Wandita Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Yussi Lestari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Keywords: Media Pembelajaran Kimia, Kimia, Media Komik

Abstract

Mata pelajaran kimia yang bersifat abstrak membutuhkan dukungan media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik memvisualisasikan pemahamannya dengan lebih menarik. Penelitian ini merupakan penelitian SLR (Systematic Literature Riview) media yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan media komik yang dikembangkan sebagai media pembelajaran kimia. Media pembelajaran komik ini dapat menjadi alternatif solusi ini menunjukkan bahwa penggunaan media komik digital dan cetak yang banyak di desain adalah untu kimia kelas X terutama materi ikatan kimia dengan kuantitas penelitian sebanyak 10%. Disamping itu ada materi lain seperti Reaksi Reduksi dan Oksidasi 8%, larutan elektrolit dan non elektrolit 5% dan lain-lain. Seluruh media komik yang dikembangkan ternyata mempunyai pengaruh positif pada pembelajaran kimia dapat meningkatkan hasil dan minat belajar siswa. Adapun topik materi kimia yang sulit untuk dibuat komik adalah materi yang bersifat hitungan dan yang paling sering bersifat abstrak.

References

[1] A. Malik, “Pengembangan Bahan Ajar Dalam Bentuk Media Komik Dengan 3D Page Flip Pada Materi Ikatan Kimia,” J. Inov. Pendidik. Kim., vol. 13, no. 1, 2019.
[2] S. Nuraida, Y. B. Bhakti, dan ..., “Pengembangan Komik Digital Berbasis Metode Demonstrasi sebagai Suplemen pada Pokok Bahasan Massa Jenis Zat,” J. Phys. Educ., vol. 4, no. 1, hal. 68–74, 2022.
[3] A. A. Halawa, I. Yulita, dan N. Adriani, “The development of Acid-Base Electronic Chemistry Comic Learning Media for High School Students,” J. Sci. Educ. Res., vol. 6, no. 1, hal. 24–30, 2022, doi: 10.21831/jser.v6i1.44997.
[4] M. Minarni, “Pengembangan Bahan Ajar Dalam Bentuk Media Komik Dengan Adobe Photoshop Cs6 Pada Materi Laju Reaksi,” J. Inov. Pendidik. Kim., vol. 14, no. 2, hal. 2595–2607, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/23148
[5] Indri Melita Utami, D. P. Musdansi, dan A. Asril, “Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X Ipa (Sma N 1 Benai),” Jom Ftk Uniks, V, vol. 2, hal. 191–197, 2019.
[6] E. T. Manullanga dan J. Z. Lomboka, “PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN CHEMISTRY COMIC PADA MATERI REDOKS DI SMA N 1 LANGOWAN,” vol. 5, no. 1, hal. 32–39, 2023, doi: 10.37033/ojce.v4i2.553.
[7] Leni Marlina, “Analisis kesulitan belajar kimia pada materi larutan penyangga di SMA NEGERI KAPUAS,” J. ilmu-ilmu Sos. dan Pendidik., vol. Vol.9 No.2, 2023.
[8] I. Z. Lenti Fenni Darniat Zega, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK GAMBAR PADA MATERI MENYAJIKAN DRAMA DALAM BENTUK PENTAS ATAU NASKAH KELAS VIII SMP SWASTA IDANOI,” vol. 01, no. 2, hal. 1–23, 2023.
[9] O. Enteria dan P. F. H. Casumpang, “Effectiveness of Developed Comic Strips as Intructional Materials in Teaching Specific Science Concepts,” Int. J. Innov. Educ. Res., vol. 7, no. 10, hal. 876–882, 2019, doi: 10.31686/ijier.vol7.iss10.1835.
[10] R. Yuselita, “PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI IKATAN KIMIA (Siswa Kelas X Sman 1 Benai),” JOM FTK UNIKS (Jurnal Online Mhs. FTK UNIKS), vol. 1, no. 1, hal. 103–109, 2019.
[11] K. Damayanti, “Pengaruh komik kimia berbasis pendekatan inkuiri terhadap hasil belajar tata nama senyawa peserta didik SMA,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, hal. 1689–1699, 2019.
[12] A. B. Rasid Rahayu Zega, “PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS FLIPBOOK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP),” NBER Work. Pap., vol. 3, no. 2, hal. 89, 2023, [Daring]. Tersedia pada: http://www.nber.org/papers/w16019
[13] M. Isnaini dkk., “PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MATERI,” vol. 10, no. 2, hal. 1–10, 2021.
[14] Firmansyah, H. Akbar, dan Alhairi, “Pengembangan Buku Saku Praktis Hadits Arba’in Karangan Imam An-Nawawi untuk Kemampuan Menghafal Hadits Arba’in ( Study Pada Santri Pondok Pesantren Syafa’aturrrasul 2 Putra Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau,” JOM FTK UNIKS (Jurnal Online Mhs. FTK UNIKS), vol. 3, no. 2, hal. 69–75, 2023, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/JOM/article/view/3009
[15] A. Desviana Siregar, “The Application of Comic Learning Media to Improve Student‘s Achievement on Reduction and Oxidation Reaction Topic,” Annu. Int. Semin. Transform. Educ. Educ. Leadersh. eISSN, hal. 2548–4613, 2022.
[16] L. Utami, Uci Nornasari1, dan Uci Nornasari1, “Desain dan Uji Coba Media Motion Comic Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, Society) pada Materi Asam Basa,” J. Res. Educ. Chem., vol. 4, no. 2, hal. 65, 2022, doi: 10.25299/jrec.2022.vol4(2).10558.
[17] I. Kendek, “STUDY LITERATUR : PENGARUH IMPLEMENTASI MEDIA,” vol. 6, no. 1, hal. 495–502, 2023.
[18] E. R. Novianti dan A. Putra, “Development of Chemistry Comics as Alternative Learning Media on Electrolyte and Non Electrolyte Solution for Grade X SMA,” vol. 7, no. September, hal. 25–34, 2020.
[19] W. Hijriyani, E. Erviyenni, dan S. Haryati, “Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Komik Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Termokimia,” J. Pendidik. Kim. Univ. Riau, vol. 6, no. 2, hal. 73–80, 2021.
[20] R. A. Syahrani, J. Jusniar, dan H. Hardin, “Development of E-Comic Learning Media for Reduction and Oxidation Material Based on Flip Pdf Professional on the Discovery Learning,” UNESA J. Chem. Educ., vol. 11, no. 3, hal. 235–242, 2022, doi: 10.26740/ujced.v11n3.p235-242.
[21] X. D. Crystallography, “済無No Title No Title No Title,” vol. 7, no. 3, hal. 1–23, 2016.
[22] R. F. Yanti, B. Holiwarni, dan J. Copriady, “Penggunaan Media Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Hidrokarbon di Kelas X SMA Negeri 3 Pekanbaru,” J. Online Mhs. Bid. Kegur. dan Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 1, hal. 1–12, 2023.
[23] M. Marlinasari, M. T. Mashuri, dan G. H. Solehah, “Pengaruh Media Pembelajaran Komik Terhadap Minat Belajar Kimia Siswa Pada Materi Koloid Di Kelas Xi Mia Man 1 Banjarmasin,” Dalt. J. Pendidik. Kim. dan Ilmu Kim., vol. 1, no. 1, hal. 30–33, 2018, doi: 10.31602/dl.v1i1.1499.
[24] D. F. Rachman, I. I. Widiyowati, dan M. Nurhadi, “Pengaruh penggunaan media komik dalam model pembelajaran concept attainment terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pokok bahasan reaksi redoks The influence of the usage of comic media in the concept attainment learning model on student learning outco,” vol. 3, no. 2013, 2020.
[25] S. Purnamasari dan A. Putra, “Komik kimia sebagai Alternatif Media Pembelajaran pada Materi Reaksi Reduksi dan Oksidasi Kelas X SMA,” Entalpi Pendidik. Kim., vol. 1, no. 1, hal. 45–53, 2020, doi: 10.24036/epk.v1i1.48.
[26] D. F. Tampubolon, “Pengembangan e- Komik Pada Materi Minyak Bumi Untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Muaro Jambi,” no. November, hal. 1–8, 2016.
[27] I. Asmarani, W. Sumarni, dan S. Wardani, “Pengembangan Media Motion Comic Berbasis Inkuiri Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis,” Chem. Educ., vol. 6, no. 1, hal. 27–32, 2017.
Published
2023-12-29