Perubahan Nilai Ec, Total Dissolved Solid (TDS) dan Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica Rapa) Aquaponik Sistem DFT (Deep Flow Technique) dengan Berbagai Media Tanam

  • Tri Nopsagiarti Pogram Studi Ilmu Lingkungan Program Doktoral Universitas Riau
  • Elfi Indrawanis Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Gusti Marlina Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Gita Sari Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Aquaponik, DFT, Media Arang, Pakchoy, Pertumbuhan

Abstract

Tanaman Pakchoy (Brassica rapa) adalah salah satu komoditi sayuran yang toleran terhadap kadar air tinggi dan memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Sehingga  dalam proses budidayanya dapat dilakukan pada media yang mengandung air yang tinggi. Aquaponik adalah gabungan dari kegiatan bercocok tanam tanpa tanah (hidroponik) dan pemeliharaan ikan, untuk mengurangi kadar amonia pada air kolam, maka dapat menggunakan media tanam sebagai filter, sehingga dapat mengoptimalkan pertumbuhan tanaman pakchoy serta ikan yang dibudidayakan dengan menggunakan sistem DFT. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap faktorial dengan dua faktor yakni faktor pertama adalah jenis air pelarut yakni air kolom ikan lele (AQ) dan air sumur (AB), dan faktor kedua adalah media tanam yang terdiri dari Media arang sekam (AS), arang tempurung (AT), arang kayu (AK), arang sekam + tempurung (AST), dan arang sekam+ arang kayu (ASK) . Hasil Penelitian menuntukkan bahwa perlakuan secara tunggal penggunaan air sebagai pelarut, berpengaruh nyata terhadap nilai EC, TDS, jumlah daun, tinggi daun tanaman pakchoy, sedangkan penggunaan berbagai media arang tidak berpengaruh nyata demikian juga dengan kombinasi keduanya. Penggunaan air kolom ikan (AQ) sebagai pelarut nutrisi AB-Mix, pertumbuhan daun (11,2 helai) dan tinggi tanaman (14,23 cm) tanaman pakchoy yang terbaik, dengan menggunakan arang kayu (AK) sebagai media tanamnya.

References

Badan Pusat Statistik Provinsi Riau.2022. Riau dalam Angka. BPS Riau.
Dauhan, R.E.S., Efendi E, & Suparmono. (2014). Efektivitas sistem akuaponik dalam mereduksi konsentrasi amonia pada sistem budidaya ikan. Jurnal Rekayasa Budidaya Perairan, 3 (1) : 297 – 301.
Farida, N.F., Abdullah S.H., & Priyati A. (2017). Analisis kualitas air pada sistem pengairan akuaponik. Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biosistem, 5 (2) : 385 – 394.
Firdaus, M,R, Hasan, Z, Gumilar, I dan Subhan,U. 2018. Efektivitas Berbagai Media Tanam Untuk Mengurangi Karbon Organik Total Pada Sistem Akuaponik Dengan Tanaman Selada. Jurnal Perikanan dan Kelautan, 9 (1): 35-48.
Gumelar, W.R, Nurruhwati,I, Sunarto, dan Zahidah. 2017. Pengaruh Penggunaan Tiga Varietas Tanaman Pada Sistem Akuaponik Terhadap Konsentrasi Total Amonia Nitrogen Media Pemeliharaan Ikan Koi. Jurnal Perikanan dan Kelautan . 8 (2): 36-42.
Junita, F., S. Muhartini dan D. Kastono. 2002. Pengaruh Frekuensi Penyiraman dan Takaran Pupuk Kandang Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Pakchoi. Jurnal Ilmu Pertanian, 9 (1): 37-45.
Megasari R, dan Trijuno DD. 2020. Teknologi aquaponik tanaman tomat dan ikan nila pada tiga Jenis media tanam dan frekuensi pemupukan . Jurnal Pertanian Berkelanjutan. Volume 8 (2) . ISSN 2302-6944,e-ISSN2581-1649.
Pratopo, L.H dan Thoriq, A. 2021. Produksi Tanaman Kangkung dan Ikan Lele dengan Sistem Akuaponik. Jurnal Ilmiah Pertanian. 9 (1): 68-76
Rahmadhani, L.E., Widuri L.I., & Dewanti P. (2020). Kualitas mutu sayur kasepak (kangkung,selada,dan pakcoy) dengan sistem budidaya akuaponik dan hidroponik. Jurnal Agroteknologi, 14 (1): 33 – 43.
Rakocy J., R. L. Nelson, dan G.Wilson. 2005. Aquaponic is the Combination of Aquaculture (Fish Farming) and Hydroponic (Growing Plants without Soil). Aquaponics Journal. 4 (1): 8-11.
Sastro, Y. 2016. Teknologi Akuaponik Mendukung Pengembangan Urban Farming. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP). Jakarta.
Sesanti, R. N., & Sismanto. (2016). Pertumbuhan dan Hasil Pakchoi (Brasicca rapa L.) pada Dua Sistem Hidroponik dan Empat Jenis Nutrisi. Jurnal Kelitbangan, 04(01): 1–9
Siregar, M. 2020. Pengaruh Aplikasi Beberapa Media Tanam Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Bawang Merah Dengan Teknologi Akuaponik. Agrium. 23 (1): 46-51.
Wahyuningsih, A., Fajriani, S., Aini, N. 2016. Komposisi Nutrisi dan Media Tanam terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica Rapal.) Sistem Hidroponik. Jurnal Produksi Tanaman. Vol 4 (8): Hal 595-601.
Wicaksana, .N., Hastuti S., & Arini E. (2015). Performa produksi ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) yang dipelihara dengan sistem biofilter akuaponik dan konvensional. Journal of Aquaculture Management and Technology, 4(4): 109 – 116.
Zulhelman., H.A. Ausha., R. M. U. (2016). Pengembangan Sistem Smart Aquaponik, Jurnal Poli-Teknologi, 15(2): 181–186.
Published
2023-12-29