Pengaruh Perilaku Tenaga Kesehatan Terhadap Budaya Organisasi di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru
Abstract
Permasalahan kualitas pelayanan kesehatan pada rumah sakit pemerintah hampir terjadi di seluruh rumah sakit umum daerah yang menjadi rujukan utama disetiap Provinsi di Indonesia, dimana salah satunya adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Kota Pekanbaru. RSUD Arifin Achmad Kota Pekanbaru merupakan salah satu rumah sakit umum daerah yang menjadi rujukan utama di Provinsi Riau. Sebagai rumah sakit tipe A yang menyediakan layanan kesehatan yang komprehensif, RSUD Arifin Achmad memiliki tanggung jawab besar dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada Masyarakat metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan mix methode yakni kuantitatif dan kualitatf dengan responden manajemen rumah sakit RSUD dan pasien. Pengolahan data menggunakan SEM PLS dan Nvivo sehingga dapat menghasilkan penelitian yang komprehensif.
Downloads
References
Amraeni, Y. (2021). Issu kesehatan masyarakat dalam SDG’s. Penerbit NEM.
Andriansyah. (2021). Inovasi Pelayanan Publik di Era Pandemi COVID-19. In Moestopo Publishing (Vol. 1, Issue 1).
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Azzaini, J., & Beatrix, S. (2023). Engaging Communication (1st ed.). Gramedia Pustaka Utama.
Budiardjo, M. (2008). Dasar-Dasar Ilmu Politik. Gramedia Pustaka Utama.
Christensen, T., & Lægreid, P. (2018). An organization approach to public administration. The Palgrave Handbook of Public Administration and Management in Europe, 1087–1104.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Fifth Edition. In Introducing English Language.
De La Riva Agüero, R. (2022). Do Cogovernance and CSOs Supplement Municipal Capacity for Service Delivery? An Assessment of Differences in Simple versus Complex Services. Journal of Public Administration Research and Theory, 32(1), 1–22.
Denhardt., D. &. (2003). The New Public Service, Expanded Edition: Serving, Not Seering. M. E Sharpe.
Denhardt, D. &. (2007). The New Public Service, Expanded Edition: Serving, Not Seering. Armonk.
Denhardt, J. V, & Denhardt, R. B. (2015). The New Public Service. In The New Public Service.
Devarajan, H. (2012). Engaging Communication: Foundation for Good Employee Relationship. NHRD Network Journal, 5(4), 71–75.
Djamasbi, S., Wyatt Jr., J., Wilson, V. E., Luan, X., & Haoran, W. (2014). Augmented reality and print communication. 20th Americas Conference on Information Systems, AMCIS 2014.
Donabedian, A. (1988). The quality of care: how can it be assessed? Jama, 260(12), 1743–1748.
Dunn, W. N., & Miller, D. Y. (2007). A critique of the new public management and the neo-Weberian state: advancing a critical theory of administrative reform. Public Organization Review, 7, 345–358.
Ferlie, E. (1996). The new public management in action. Oxford University Press, USA.
Firdausi, N. J. (2016). Analisis waktu tunggu pasien yang dirujuk ke rawat inap melalui Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD dr. Moewardi. Universitas Gadjah Mada.
Fornell, C., & Larcker, D. F. (1981). Evaluating structural equation models with unobservable variables and measurement error. Journal of Marketing Research, 39–50.
Ghozali, I. (2014a). Alternative SEM Method using Partial Least Squares (PLS). Semarang: Diponegoro University Publishing Agency.
Ghozali, I. (2014b). SEM Metode Alternatif dengan menggunakan Partial Least Squares (PLS). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gronroos, C. (1988). Service quality: The six criteria of good perceived service. Review of Business, 9(3), 10.
Gruening, G. (2001). Origin and theoretical basis of New Public Management. International Public Management Journal, 4(1), 1–25.
Hadi Prabowo, Dadang Suwanda, W. S. (2022). Inovasi Pelayanan pada Organisasi Publik. PT Remaja Rosdakarya Offset.
Hadiyati, I., Sekarwana, N., Sunjaya, D. K., & Setiawati, E. P. (2017). Konsep kualitas pelayanan kesehatan berdasar atas ekspektasi peserta jaminan kesehatan nasional. Majalah Kedokteran Bandung, 49(2), 102–109.
Hardianto, W. T., & Adiwidjaja, I. (2015). Public service model in building good governance culture of local government integrated with New Public Service (NPS). Public Policy and Administration Research, 5(9), 11–26.
Hardiyansyah, H. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media.
Hasim, A. (2023). Perlindungan Terhadap Lingkungan Hidup Merupakan Bentuk Penerapan Green Constitution Dalam UUD Tahun 1945. At-Tanwir Law Review, 3(1), 18–32.
He, C., Liu, H., He, L., Lu, T., & Li, B. (2022). More collaboration, less seriousness: Investigating new strategies for promoting youth engagement in government generated videos during the COVID-19 pandemic in China. Computers in Human Behavior, 126.
Copyright (c) 2024 Khairani Hasyim, Seno Andri, Harapan Tua RFS, Meyzi Heriyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.