Evaluasi Implementasi Education Of Sustainable Development (ESD) dalam Mendukung SDGs di Kota Pekanbaru (Studi pada Sekolah Menengah Atas)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Education for Sustainable Development (ESD) berbasis Outcome-Based Education (OBE) dalam konteks pendidikan tinggi, dengan fokus pada bagaimana integrasi kedua pendekatan tersebut mampu memperkuat kompetensi keberlanjutan mahasiswa dan efektivitas capaian pembelajaran. Latar belakang penelitian berangkat dari kebutuhan global akan sistem pendidikan yang tidak hanya berorientasi pada pengetahuan kognitif, tetapi juga pada pembentukan sikap, nilai, dan keterampilan yang mendukung pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus di lingkungan perguruan tinggi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen kurikulum, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang mencakup tahap reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ESD berbasis OBE memberikan dampak positif terhadap perancangan kurikulum yang lebih kontekstual, integratif, dan berorientasi pada capaian keberlanjutan (sustainability outcomes). Mahasiswa menunjukkan peningkatan dalam kemampuan berpikir kritis, kesadaran sosial, serta keterlibatan aktif dalam kegiatan pembelajaran yang berfokus pada solusi terhadap isu-isu keberlanjutan. Keberhasilan implementasi ini dipengaruhi oleh tiga faktor utama, yaitu dukungan kelembagaan, kompetensi dosen dalam menerapkan pendekatan berbasis capaian, dan mekanisme asesmen autentik yang menilai aspek pengetahuan, keterampilan, serta sikap keberlanjutan secara holistik. Secara konseptual, penelitian ini memperkuat kerangka teoritik UNESCO tentang Education for Sustainable Development yang menekankan pentingnya transformasi pedagogis menuju pembelajaran partisipatif dan reflektif. Temuan ini juga memberikan kontribusi praktis bagi pengembang kurikulum, pendidik, dan pemangku kebijakan dalam mengintegrasikan nilai-nilai keberlanjutan ke dalam sistem pendidikan tinggi melalui pendekatan OBE. Dengan demikian, model ESD berbasis OBE dapat menjadi strategi efektif dalam membentuk lulusan yang tidak hanya kompeten secara akademik, tetapi juga memiliki kepedulian dan tanggung jawab terhadap keberlanjutan sosial dan lingkungan.
Downloads
References
Biggs, J., & Tang, C. (2011). Teaching for quality learning at university (4th ed.). McGraw-Hill Education.
Bocanegra, C., & Guillen, M. (2021). Integrating sustainability competencies in higher education: Challenges and strategies. International Journal of Sustainability in Higher Education, 22(5), 1128–1145. https://doi.org/10.1108/IJSHE-02-2020-0062
Brundiers, K., Barth, M., & Cebrián, G. (2021). Enabling sustainability in higher education through faculty development. International Journal of Sustainability in Higher Education, 22(2), 239–260. https://doi.org/10.1108/IJSHE-03-2020-0080
Chaudhary, R., & Singh, A. (2020). Outcome-based education: A new paradigm for curriculum design. Journal of Education and Learning, 14(2), 45–53. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i2.16552
Cebrián, G., & Junyent, M. (2015). Competencies in education for sustainable development: Exploring the student teachers’ views. Sustainability, 7(3), 2768–2786. https://doi.org/10.3390/su7032768
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). SAGE Publications.
Lozano, R., Merrill, M. Y., Sammalisto, K., Ceulemans, K., & Lozano, F. J. (2017). Connecting competences and pedagogical approaches for sustainable development in higher education: A literature review and framework proposal. Sustainability, 9(10), 1889. https://doi.org/10.3390/su9101889
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/10.1111/j.1467-9620.2006.00684.x
Mohd-Yusof, K., Arsat, M., & Halim, N. D. A. (2015). Implementation of outcome-based education in engineering education: A review. Asian Social Science, 11(21), 207–215. https://doi.org/10.5539/ass.v11n21p207
Tilbury, D. (2011). Education for sustainable development: An expert review of processes and learning. UNESCO.
UNESCO. (2017). Education for sustainable development goals: Learning objectives. UNESCO Publishing.
UNESCO. (2020). Education for sustainable development: A roadmap. UNESCO Publishing.
Venkatesh, V., & Suresh, R. (2022). Embedding sustainability in curriculum through OBE framework: Evidence from Asian universities. Journal of Cleaner Production, 342, 130982. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2022.130982
Wiek, A., Withycombe, L., & Redman, C. L. (2011). Key competencies in sustainability: A reference framework for academic program development. Sustainability Science, 6(2), 203–218. https://doi.org/10.1007/s11625-011-0132-6
Zsóka, Á., Szerényi, Z. M., Széchy, A., & Kocsis, T. (2013). Greening due to environmental education? Environmental knowledge, attitudes, consumer behavior and everyday pro-environmental activities of Hungarian high school and university students. Journal of Cleaner Production, 48, 126–138. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2012.11.030
Copyright (c) 2024 Sri Tuti Wahyuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.