Model Implementasi Peningkatan Mutu PAUD di Kota Pekanbaru

  • Reni Bafita Universitas Riau
  • Seno Andri Universitas Riau
  • Febri Yuliani Universitas Riau
  • Ria Novianti Universitas Riau
Keywords: Model Implementasi, Peningkatan Mutu, Pendidikan Anak Usia Dini, Pekanbaru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan model implementasi peningkatan mutu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Pekanbaru sebagai upaya penguatan fondasi layanan pendidikan dasar. Latar belakang penelitian ini bermula dari berbagai tantangan yang dihadapi lembaga PAUD, antara lain kompetensi guru yang terbatas, fasilitas belajar yang kurang memadai, rendahnya keterlibatan orang tua, dan inkonsistensi dukungan kebijakan pemerintah daerah dalam memenuhi standar nasional pendidikan anak usia dini. Pendekatan penelitian kualitatif digunakan dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen terhadap pengelola PAUD, guru, orang tua, dan pembuat kebijakan di Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru. Temuan penelitian menunjukkan bahwa peningkatan mutu PAUD memerlukan strategi terpadu yang melibatkan pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru, penyediaan fasilitas belajar yang tepat sesuai tahap perkembangan anak, dan penguatan kolaborasi antara lembaga pendidikan, keluarga, dan pemerintah daerah. Model implementasi yang diusulkan menekankan tiga dimensi utama: (1) peningkatan kompetensi guru, (2) optimalisasi dukungan kebijakan dan pendanaan dari pemerintah daerah, dan (3) pembinaan kolaborasi partisipatif antara sekolah dan masyarakat. Studi ini menyimpulkan bahwa model peningkatan mutu yang terpadu dan berkelanjutan merupakan strategi yang efektif untuk menjamin layanan pendidikan anak usia dini yang berkualitas di Kota Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrizal, A., & Rodiyah, R. (2023). Implementasi kebijakan publik: Tantangan dan peluang dalam pembangunan. Jurnal Kebijakan Publik, 12(2), 145–158.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). (2024). Laporan pelaksanaan PAUD Holistik Integratif. Jakarta: Bappenas.

Becker, G. S. (1993). Human capital: A theoretical and empirical analysis, with special reference to education (3rd ed.). Chicago: University of Chicago Press.

BGP Sulawesi Utara. (2023). Peran PAUD dalam membangun keterampilan sosial anak. Manado: Balai Guru Penggerak Sulut.

Bronfenbrenner, U. (1979). The ecology of human development: Experiments by nature and design. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Campuspedia. (2023). Pentingnya PAUD dalam membentuk kemampuan kognitif anak. Diakses dari https://campuspedia.id

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Darling-Hammond, L. (2017). Teacher education around the world: What we have learned from international studies. European Journal of Teacher Education, 40(3), 291–309. https://doi.org/10.1080/02619768.2017.1315399

Díaz-García, I., González-Sala, F., & Guardiola, J. (2022). Bibliometric analysis and visualization of scientific production. Scientometrics, 127(1), 233–249. https://doi.org/10.1007/s11192-021-04135-9

Direktorat PPG Kemendikdasmen. (2024). Data guru PAUD Indonesia 2024. Jakarta: Kemendikbudristek.

Educcation. (2022). Critical periods in child development. Diakses dari https://educcation.org

Education Week. (2022). Preschool improves attendance and engagement. Diakses dari https://www.edweek.org

First Focus Campaign for Children. (2023). Early childhood brain development. Washington, DC: First Focus.

First Things First. (2024). Brain development in early childhood. Phoenix, AZ: First Things First.

Ghertescu, M., Ionescu, D., & Popa, S. (2024). Advances in bibliometric analysis using VOSviewer. Journal of Informetrics, 18(2), 78–95. https://doi.org/10.1016/j.joi.2024.100123

Husaeni, U. A., & Nandiyanto, A. B. D. (2021). The use of VOSviewer for bibliometric analysis. Indonesian Journal of Science and Technology, 6(1), 214–229.

Kadji, Y. (2015). Kebijakan publik: Formulasi, implementasi, evaluasi. Gorontalo: UNG Press.

Kompasiana. (2021). Tantangan sarana prasarana PAUD di Indonesia. Diakses dari https://www.kompasiana.com

Kompasiana. (2024). Kualitas PAUD dan dampaknya pada perkembangan anak. Diakses dari https://www.kompasiana.com

Márquez, M., Ortega, J., & Peña, A. (2023). Visualization tools in bibliometrics: Applications of VOSviewer. Information Research, 28(4), 445–460.

Mazmanian, D. A., & Sabatier, P. A. (1983). Implementation and public policy. Glenview, IL: Scott, Foresman.

MTs Negeri 8 Sleman. (2024). Golden age anak usia dini. Sleman: MTsN 8 Sleman Press.

Nelson, C. A. (2013). Brain development and childhood adversity. Science, 342(6158), 1189–1190. https://doi.org/10.1126/science.1243797

Nugroho, R. (2014). Public policy. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). (2018). Starting strong V: Transitions from early childhood education and care to primary education. Paris: OECD Publishing.

Qin, L., Sun, Y., & Zhao, X. (2023). Mapping intellectual structure with VOSviewer. Journal of Documentation, 79(6), 1204–1221.

Schweinhart, L. J., Montie, J., Xiang, Z., Barnett, W. S., Belfield, C. R., & Nores, M. (2016). Lifetime effects: The HighScope Perry Preschool study through age 40. Ypsilanti, MI: HighScope Press.

Subiyanto, S. (2020). Dasar-dasar kebijakan publik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, N., Wijayanti, D., & Prasetyo, B. (2021). Pengaruh implementasi kebijakan tunjangan kinerja terhadap motivasi pegawai. Jurnal Administrasi Publik, 15(1), 44–55.

Thabrani, R., Yusuf, A., & Putri, M. (2022). Dinamika implementasi kebijakan publik di daerah. Jurnal Ilmu Administrasi, 19(2), 133–148.

UNESCO. (2021). Early childhood care and education. Paris: UNESCO Publishing.

UNICEF. (2023). Early childhood development: The critical window. New York: UNICEF.

Utari, L., Rahmawati, N., & Sari, D. (2024). Evaluasi implementasi kebijakan pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 22–35.

Widodo, J. (2010). Analisis kebijakan publik. Malang: Bayumedia Publishing.

Xue, Y., Li, H., & Zhang, J. (2021). Cross-disciplinary bibliometric analysis with VOSviewer. Journal of Informetrics, 15(2), 101–114.

Yin, R. K. (2014). Case study research: Design and methods (5th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.
Published
2024-12-30
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times