REALITAS PENDIDIKAN BAHASA ARAB DALAM PERSPEKTIF PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT

  • A. Mualif A. Mualif

Abstract

Kita saat ini dihadapkan pada perubahan sosial yang teramat komplit, sehingga terdapat banyak permasalahan dan tantangan pendidikan bahasa Arab yang perlu dihadapi, disikapi, dan dicari jalan penyelesaiannya. Mulai dari isu pencitraan buruk terhadap bahasa Arab hingga isu penggantian antara fushha dengan ‘amiyah hingga musykilah rendahnya minat dan motivasi sebagian peserta didik dalam belajar bahasa Arab. Problematika aktual ini seyogyanya menyadarkan kita semua bahwa kita masih harus berpikir, bersikap, dan berdedikasi lebih optimal untuk kemajuan pendidikan bahasa Arab di Indonesia dalam rangka meningkatkan daya saing di dunia internasional. Tantangan internal maupun eksternal pendidikan bahasa Arab harus kita jadikan sebagai peluang yang dapat memberikan prospek yang lebih cerah dan menjanjikan bagi peminat dan penggiat studi bahasa Arab di masa depan. Semua itu menuntut banyak pihak untuk bersinergi dalam menyatukan visi, misi, arah kebijakan dan pengembangan yang dilandasi oleh kajian akademik yang mendalam. Selama lembaga pendidikan Islam masih eksis, prospek pendidikan bahasa Arab tetap akan cerah dan menjadi daya tarik tersendiri serta mampu berinteraksi secara sosiologi dan berkolaborasi dengan pemangku kebijakan sesuai tuntutan zaman.

Kata Kunci : Realitas, Bahasa Arab, Perubahan Sosial.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-25
Abstract viewed = 340 times
PDF downloaded = 269 times