IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH SD NEGERI 076IX MUARO JAMBI
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan ciri implementasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah, faktor pendukung, dan penghambat serta solusi di SD Negeri 076IX Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini : 1. Ciri implementasi kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah. a. Idealisasi pengaruh artinya menjadi teladan yang baik dan menumbuhkan kebanggaan bagi warga sekolah. b. Motivasi inspirasional artinya dapat membangkitkan semangat, perhatian dan kepercayaan warga sekolahnya. c. Konsiderasi intelektual artinya memberi penghargaan diri bagi guru yang kreatif dan memberi kesempatan warga sekolah untuk menyelesaikan masalahnya. d. Stimulasi intelektual artinya mengikut sertakan guru dan staf dalam pelatihan, dan melakukan supervisi kunjungan kelas. 2. Faktor pendukung yaitu kemampuan guru dan staf dalam melaksanakan tugas, orang tua aktif dalam pendidikan anak, supervisi dari pengawas, dan tes kesehatan peserta didik oleh puskesmas secara berkala. 3. Faktor penghambat dan solusi artinya kurang disiplinya orang tua mengantar dan menjemput siswa, dan terdapat beberapa guru yang terlambat saat datang ke sekolah.
Kata Kunci : Kepemimpinan, Transformasional, Kepala Sekolah.