KEPEMIMPINAN DAN PELAYANAN PUBLIK

  • Sumarli Sumarli Sumarli Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Kepemimpinan, Pelayanan Publik

Abstract

Kepemimpinan adalah faktor utama yang menentukan kegagalan ataupun keberhasilan sebuah organisasi. Pemimpin dengan kepemimpinannya yang memiliki kewenangan dan berwenang membuat sebuah kebijakan, yang dapat mempengaruhi seseorang ataupun sekelompok orang untuk melakukan sesuatu sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Pelayanan Publik adalah tanggung jawab sebuah organisasi pemerintah sebagai sebuah lembaga yang menyediakan layanan kepada masayarakatnya. Kualitas pelayanan tersebut dipengaruhi berbagai aspek dalam organisasi tersebut, dimulai dari pemimpin, sumberdaya aparatur, manajemen dan teknologi sebagai alat bantu bagi pemerintah dalam melakukan pelayanan publik yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Maka pemimpin dalam sebuah organiasi memiliki peran penting dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan dimulai dengan pengelolaan atau manajemen, peningkatan sumberdaya aparatur yang memberikan pelayan hingga pemanfaatan teknologi. Maka dari itu kepemimpinan seorang pemimpin dalam sebuah organisasi berbanding lurus dengan kualitas pelayanan publik.

Published
2020-03-01
Section
Articles