ANALISIS KUALITAS PELAYANAN FISKUS TERHADAP PERILAKU WAJIB PAJAK DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI BADAN PENDAPATAN DAERAH (BAPENDA) KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • robby kurniawan Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Sundari Apriliyanti Universitas Islam Kuantan Singingi
  • zelika fitri dewi
Keywords: Pajak, kepatuhan wajib pajak badan, administrasi perpajakan, kualitas layanan fiskus, perilaku wajib pajak.

Abstract

Penelitian  ini dilatar belakangi oleh adanya tuntutan terhadap dilakukannya upaya dalam peningkatan penerimaan negara terutama di sektor perpajakan, baik dari segala perbaikan serta  perubahan  yang  mendasar  di segala aspek perpajakan. Salah satu tuntutan yang dimaksud adalah tuntutan kepatuhan wajib pajak. Kepatuhan wajib pajak di dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya tidak lepas dari peran sistem administrasi perpajakan yang telah ditetapkan  pemerintah dan juga sikap dari masyarakat wajib pajak itu sendiri. Selain itu, upaya yang tidak kalah pentingnya adalah  upaya pemerintah di dalam meningkatkan kualitas pelayanan dari aparat pajak sehingga  diharapkan akan berdampak pada kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara individu dan bersama-sama kualitas pelayanan fiskus terhadap perilaku wajib pajak dan kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kesadaran perpajakan, pelayanan fiskus, dan sanksi perpajakan terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan  bahwa kesadaran  masyarakat terhadap pajak masih rendah  karena sudah hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah untuk menerapkan perpajakan tersebut.

Published
2019-03-01
Section
Articles