ANALISIS KUALITAS PELAYANAN FISKUS TERHADAP PERILAKU WAJIB PAJAK DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI BADAN PENDAPATAN DAERAH (BAPENDA) KABUPATEN KUANTAN SINGINGI
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya tuntutan terhadap dilakukannya upaya dalam peningkatan penerimaan negara terutama di sektor perpajakan, baik dari segala perbaikan serta perubahan yang mendasar di segala aspek perpajakan. Salah satu tuntutan yang dimaksud adalah tuntutan kepatuhan wajib pajak. Kepatuhan wajib pajak di dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya tidak lepas dari peran sistem administrasi perpajakan yang telah ditetapkan pemerintah dan juga sikap dari masyarakat wajib pajak itu sendiri. Selain itu, upaya yang tidak kalah pentingnya adalah upaya pemerintah di dalam meningkatkan kualitas pelayanan dari aparat pajak sehingga diharapkan akan berdampak pada kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara individu dan bersama-sama kualitas pelayanan fiskus terhadap perilaku wajib pajak dan kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kesadaran perpajakan, pelayanan fiskus, dan sanksi perpajakan terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kesadaran masyarakat terhadap pajak masih rendah karena sudah hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah untuk menerapkan perpajakan tersebut.