PENGEMBANGAN IRIGASI UNTUK LAHAN PERSAWAHAN DI DESA BANJAR BENAI KECAMATAN BENAI

  • Ade Irawan
  • Gusmulyani Gusmulyani
  • Surya Adinata
  • Chitra Hermawan
  • Joko Triyanto
  • Dwi Visti Rurianti
Keywords: Irigasi, Lahan Persawahan, Pengembangan

Abstract

Daerah irigasi adalah kesatuan lahan yang mendapat air dari satu jaringan irigasi.Budidaya tanaman padi di Desa Banjar Benai masih terkendala oleh masalah kualitas sarana irigasi yang kurang menunjang, belum adanya data jaringan irigasi yang terbaru dan belum adanya aturan tentang operasi untuk distribusi daerah irigasi.Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat (PKM) didesa Banjar Benai dilakukan dengan pertemuan langsung antara aparatur pemerintah, masyarakat desa dan tim PKM teknik sipil. Proses identifikasi meliputi pengamatan, survey dan wawancara  terhadap potensi pertanian disekitar irigasi yang akan dilakukan perencanakan dan pengembangan di Desa Banjar Benai.Data yang diperoleh dari hasil pengabdian, hasilnya jauh lebih besar dibandingkan dengan data yang diperoleh dari Dinas PUPR Kabupaten Kuantan Singingi. Hal ini bisa dipahami, karena data yang dimiliki oleh Dinas PUPR merupakan data yang lama dan banyak pembangunan yang dilaksanakan di daerah Irigasi Banjar Benai belum di masukkan kedalam data yang ada tersebut. Maka, untuk pembangan daerah Irigasi Banjar Benai diperlukan data terkini, yaitu data yang sesuai dengan pengabdian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Honing, J. 1996. Konstruksi Bangunan Air. Pradya Paramita : Jakarta

Kamiana, I Made. 2012. Teknik Perhitungan Debit Rencana Bangunan Air. Graha Ilmu : Yogyakarta

Kurniawati, L. 2017. Inventarisasi Kondisi Jaringan Irigasi Saluran Irigasi Sekunder pada Daerah Irigasi Taman Sari Wilayah Kerja Pengamatan Pengairan Wuluhan Kabupaten Jember. Laporan Tugas Akhir. Universitas Jember : Jember.

Mawardi, E. 2007. Desain Hidraulik Bangunan Irigasi. Alfa beta : Bandung

Nortir. I, W, dkk. 1979. Ilmu Konstruksi untuk Ahli Bangunan dan Ahli Bangunan Air. Bhratara Karya Aksara : Jakarta

Pasandaran, E., Taylor D. C. 1984. Irigasi Perencanaan dan Pengelolaan. Gramedia : Jakarta.

Republik Indonesia. 2019. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2019 Tentang Sumber Daya Air. Presiden Republik Indonesia : Jakarta

Republik Indonesia. 2015. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 08/PRT/M/2015 Tentang Penetapan Garis Sempadan Jaringan Irigasi. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia : Jakarta.

Rohman C. 2018. Penentuan Prioritas Pemeliharaan Irigasi menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Tesis. Institut Teknologi Sepuluh Nopember : Surabaya.

Susanti, R, dkk. 2020. Pendampingan Inventarisasi Kerusakan Saluran Irigasi dan Usulan Perbaikan Konstruksi di Desa Kangkung-Demak. Jurnal Pengabdian Vokasi 3 : 177-181.

Tim Gunadarma . _______. Irigasi dan Bangunan Air. Gunadarma : Jakarta

Published
2021-12-17
Abstract viewed = 301 times
PDF downloaded = 228 times