EDUKASI PENDIDIKAN NON FORMAL BAGI SISWA SMA NEGERI 1 PAGUYAMAN KABUPATEN BOALEMO
Abstract
Pendidikan non formal menjadi salah satu bentuk pendidikan yang ada diluar pendidikan formal dengan melakukan pelaksanaan dengan berjenjang dan terstruktur berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dimana pendidikan non formal menjadi jalur pendidikan memiliki tujuan adalah menggantikan, menambah dan melengkapi pendidikan formal. Metode pengabdian yang dilaksanakan dengan melakukan edukasi pendidikan non formal bagi siswa SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo dalam memecahkan masalah yang digunakan metode survei data siswa dan mengidentifikasi masalah dan ceramah. Hasil pelaksanaan pengabdian menjelaskan bahwa pengabdian dilaksanakan sesuai jadwal, serta sudah ditetapkan dan diikuti seluruh kelas di SMA Negeri 1 Paguyaman. Pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan melaksanakan survei dalam mengindentifikasi masalah yang dibahas. Diskusi dilakukan dengan Kepala SMA Negeri 1 Paguyaman terkiat masalah pendidikan non formal. Melakukan sosialisasi dan edukasi kepada siswa dalam pelaksanaan dan pengetahuan terkait manajemen pendidikan non formal dilakukan pada siswa SMA Negeri 1 Paguyaman. Mempererat dan memperkuat kerjasama dalam dengan mitra SMA Negeri 1 Paguyaman dengan memperat hubungan antara Dosen, Siswa dan SMA Negeri 1 Paguyaman.
Downloads
References
Safitri, D. N. (2017). Pendidikan Nonformal Untuk Meningkatkan Kemampuan Dan Kemandirian Siswa Di Desa Kunci. J-ABDIPAMAS (Jurnal pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v1i1.59
Sodiq Kuntoro. (2006). Opini : Pendidikan Nonformal (Pnf) Bagi Pengembangan Sosial. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF, 1(2), 14–18.
Yani, I. (2020). Penerapan Fungsi Manajemen Dalam Memenuhi Standar Pengelolaan Satuan Pendidikan Nonformal Application Of Management Functions In Meeting The Standard Of Management Of Non-Formal Education Units. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal, 15(2), 175–188. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JIV.1502.9
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.