MENYETARAKAN PENDIDIKAN DAERAH PEDESAAN KABUPATEN BENGKALIS

  • Raden Imam Al Hafis Universitas Islam Riau
  • Nurman Nurman Universitas Islam Riau
  • Dani Setiawan Universitas Islam Riau

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu pilar dari pembangunan bangsa. Maju atau mundurnya peradaban akan selalu tercermin dalam pendidikan yang ada. Pemerataan dalam menyediakan sarana pendidikan perlu menjadi perhatian bagi pemerintah, agar setiap masyarakat mampu mengenyam pendidikan yang layak. Salah satu aspek yang menjadi perhatian dalam berjalannya proses pendidikan yang baik adalah tersedianya sarana dan prasarana yang memadai. Pemerataan pendidikan dan ketersediaan sarana-prasarana di daerah terpencil menjadi isu krusial dalam upaya meningkatkan akses dan mutu pendidikan di seluruh negeri. Pada kegiatan pengabdian ini, masalah utama yang menjadi perhatian tim adalah masih kurangnya sarana dan prasarana berupa toilet di Sekolah Dasar Integrasi Interkoneksi Tamaddunia Mulia Langkat, Siak Kecil Kabupaten Bengkalis. Pemilihan lokasi ini merupakan salah satu sekolah yang memerlukan waktu dari pusat pemerintahan dan merupakan sekolah yang baru berdiri, mulai diminati oleh orang tua didik akan tetapi masih kurang dari aspek sarana dan prasarana yang memadai. Setelah dilaksanakan pengabdian pada Sekolah Dasar Integrasi Interkoneksi Tamaddunia Mulia Langkat mulai berjalan dan terlengkapi secara perlahan dan hal tersebut tentunya bermanfaat bagi pengelola dan peserta didik yang ada.

References

Aqilla, Khansya & Kamil, Parihat. (2022). Dampak Pemisahan Kelas Berbasis Gender terhadap Komunikasi Antarpribadi dengan Lawan Jenis. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam Unisba Press. [https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRKPI/article/view/1431] diakses pada 13 Juni 2023.

Herlina, Herlina. (2021). Pentingnya Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. [https://www.researchgate.net/publication/357216244_pentingnya_sarana_dan_prasarana_pendidikan_dalam_meningkatkan_kualitas_pembelajaran_di_sekolah] diakses pada 13 Juni 2023

Lestari, Ning. (2021). Kurangnya Sarana dan Prasarana Menghambat Proses Belajar Mengajar. [https://iainutuban.ac.id/2021/11/02/kurangnya-sarana-dan-prasarana-menghambat-proses-belajar-mengajar/iainuonline.] Diakses pada tanggal 13 Juni 2023.

Ni’amissa’adah, Alfi; Sya’adah, Nikmahtus Endah; dan Thobroni, Yusam. Ahmad. (2020). Urgensi Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar di Era Society 5.0 Dalam Perspektif Al-Qur’an Surat An-Nahl 68-69. Jurnal Tarbiyah Islamiyah. [https://ejournal.stit-ru.ac.id/index.php/raudhah/article/download/208/132/] diakses pada 13 Juni 2023.

Riyanti, D. Rizkia. (2014). Kurangnya Fasilitas Pendidikan di Daerah Terpencil. Kompasiana. Diakses [https://www.kompasiana.com/rizkadevita/54f5ffe8a333116a018b4723/kurangnya-fasilitas-pendidikan-di-daerah-terpencil] pada tanggal 13 Juni 2023.

Published
2023-12-28