PEMETAAN SEKOLAH DI DINAS PENDIDIKAN, KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA KABUPATEN KUANTAN SINGINGI
Abstract
Pemetaan sekolah merupakan langkah strategis yang diambil oleh Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Kuantan Singingi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan aksesibilitas bagi masyarakat. Masalah yang dihadapi adalah kesulitan staf yang mengelolah Data sekolah secara manual dan masyarakat kesulitan untuk mengetahui informasi mengenai sekolah-sekolah di Kabupateen Kuantan Singing. Metode pengabdian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, pengumpulan data, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data terkait kondisi dan kebutuhan sekolah. Tim pengabdian melakukan kunjungan ke setiap sekolah untuk mengumpulkan data terkait infrastruktur,data lokasi sekolah, jumlah siswa dan fasilitas sekolah. Hasil dari pemetaan menunjukkan bahwa terdapat beberapa sekolah yang berlokasi di daerah terpencil yang sulit dijangkau.Kesimpulan dari pengabdian ini menegaskan bahwa pemetaan sekolah tidak hanya memberikan data yang bermanfaat untuk perencanaan pendidikan tetapi juga menjadi alat penting dalam merumuskan kebijakan yang tepat. Rekomendasi untuk tindak lanjut mencakup perlunya kolaborasi antara Dinas Pendidikan dan pemerintah daerah untuk mengimplementasikan perbaikan berdasarkan hasil pemetaan yang telah dilakukan.
Downloads
References
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Pedoman Pemetaan Sekolah (Vol. 1). Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Widodo, S. (2018). Sistem Informasi Geografis untuk Pemetaan Pendidikan (Edisi 1). Media Pressindo. Yogyakarta.
Prabowo, H. (2020). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Edisi Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Kurniawan, A. (2018). Pemetaan dan Analisis Data Pendidikan Menggunakan SIG. Edisi Pertama. Media Pressindo. Yogyakarta.
Copyright (c) 2024 Asri Noprianti, Melda Shela, Puja Rahayu Narsi, Amanda Zalva
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.