INOVASI PENGOLAHAN SUSU MENJADI CAMILAN SUSU GORENG MENGGUNAKAN MEDIA PEMASARAN WHATSAPP BISNIS DI DESA KEMIRI, KECAMATAN PUSPO, KABUPATEN PASURUAN

PKM

  • Olga Octyela Ayu Putri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Ika Sari Tondang Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Daniel Ivandha Putra Wibowo Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: Susu Sapi Perah, Susu Goreng, Pelatihan, Digital Marketing, Whatsapp Bisnis, Desa Kemiri

Abstract

Susu sapi perah merupakan salah satu bahan pangan yang memiliki kandungan gizi lengkap dan penting bagi kesehatan manusia. Masyarakat Desa Kemiri, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, mayoritas bergantung pada peternakan sapi perah sebagai mata pencaharian utama. Namun, sebagian besar susu yang diproduksi masih dijual dengan harga rendah kepada tengkulak dan dikirim ke Koperasi Unit Desa (KUD), tanpa mengolahnya menjadi produk bernilai tambah. Untuk meningkatkan pendapatan peternak, dilakukan pelatihan pengolahan susu sapi menjadi produk inovatif, yaitu susu goreng, yang memiliki nilai jual lebih tinggi. Kegiatan ini dilakukan dengan metode penyuluhan, pelatihan, dan praktik yang melibatkan 20 peserta, terdiri dari ibu-ibu PKK dan pemuda di Desa Kemiri. Selain itu, diberikan juga sosialisasi mengenai digital marketing menggunakan platform WhatsApp Bisnis untuk memasarkan produk susu goreng. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa masyarakat sangat antusias dan tertarik dengan inovasi produk serta pemasaran digital, yang diharapkan dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan ekonomi desa. Pelatihan ini berhasil memberikan pemahaman tentang pengolahan susu sapi perah menjadi produk olahan yang bernilai tambah dan cara efektif memasarkan produk melalui media sosial

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. (2023). Kajian Teoritis: Formulasi Kebijakan Potensi Pertanian dalam Pencegahan Stunting di Kalimantan Selatan. Publikauma: Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 11(2), 157-162.

Andriani, I. (2021). Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp Bisnis Sebagai Media Pemasaran dan Komunikasi Bisnis. Jurnal Manajemen dan Pemasaran, 10(2), 45-59.

Fazaria, N. (2019). Analisis Keberlanjutan Unit Produksi Usaha Susu Sapi Perah di KUD. Sembada Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Jember: Universitas Jember.

Komansilan, S., Rosyidi, D., Radiati, L. E., & Purwadi, P. (2019). Pengaruh variasi pH dengan penambahan enzim bromelin alami (Anannas comucus) terhadap sifat organoleptik keju cottage. Jurnal Sains Peternakan, 7(1), 54-61.

Mufid, A. A., Bachrul, A. S., Hidayat, T. R., & Yoga, Y. (2021). Pengolahan susu sapi menjadi susu pasteurisasi untuk meningkatkan nilai susu dan dayajual. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(1), 75-79.

Press, U. G. M. (2021). Properti dan Teknologi Produk Susu. UGM PRESS.

Purwantisari, S., Jannah, S. N., Ardiansari, A., Yulianto, M. E., & Pangestu, I. T. (2021). Pendampingan Perizinan Bpom Produk Susu Pasteurisasi Ukm Karya Bumi Boyolali Sebagai Strategi Perluasan Pasar. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 429-436.

Published
2024-12-26
How to Cite
Olga Octyela Ayu Putri, Ika Sari Tondang, & Daniel Ivandha Putra Wibowo. (2024). INOVASI PENGOLAHAN SUSU MENJADI CAMILAN SUSU GORENG MENGGUNAKAN MEDIA PEMASARAN WHATSAPP BISNIS DI DESA KEMIRI, KECAMATAN PUSPO, KABUPATEN PASURUAN: PKM. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 240 - 245. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v4i2.3963
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times