SOSIALISASI DIGITAL MARKETING MELALUI GOOGLE KEYWORD PLANNER KEPADA MASYARAKAT DESA KEMIRI, KECAMATAN PUSPO, KABUPATEN PASURUAN

  • Nurfarisa Yuristya Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Rico Yanuar Ardiansyah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Noor Rizkiyah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: Bina Desa, Google Keyword Planner, Digital marketing

Abstract

Program Bina Desa dalam kegiatan Kuliah Kerja Mandiri (PKKM) Agribisnis oleh UPN "Veteran" Jawa Timur bertujuan untuk memberdayakan masyarakat desa dengan mengoptimalkan potensi lokal melalui penerapan ilmu dan teknologi agribisnis. Program ini mengikutsertakan mahasiswa sebagai fasilitator, yang mendampingi masyarakat dalam pelatihan serta penerapan teknologi, khususnya pemasaran digital. Seiring perkembangan teknologi, pemasaran digital menjadi strategi penting untuk memperluas akses pasar dan meningkatkan daya saing produk desa hingga ke pasar nasional dan global. Desa Kemiri di Kabupaten Pasuruan, yang memiliki potensi agribisnis unggulan seperti durian, kopi, dan susu, mendapat manfaat besar dari program ini, terutama melalui pelatihan penggunaan Google Keyword Planner. Alat ini membantu masyarakat dalam merencanakan strategi pemasaran dengan memilih kata kunci yang tepat guna meningkatkan visibilitas produk secara online. Program ini bertujuan untuk meningkatkan jangkauan pasar produk lokal sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi desa yang lebih berkelanjutan. Pendampingan intensif juga diberikan untuk mempermudah pemahaman masyarakat dalam mengadopsi teknologi digital sebagai bagian dari upaya memajukan ekonomi lokal mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayat, R. (2020). Pemasaran Digital di Era Modern: Strategi dan Implementasi. Pustaka Ilmu.

Kusuma, A., & Riyanto, B. (2019). Strategi Digital Marketing untuk Produk Desa. Media Nusantara.

Masnita, Y., Nurhaida, D., & Arafah, W. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Marketplace Sebagai Strategi Memperluas Pangsa Pasar Bagi Komunitas Umkm Indonesia Terpadu (Duit). Jurnal Abdikaryasakti, 4(1), 1-22.

Nasyrullah, S. R., & Abdullah, A. (2020). Implementasi Digital Marketing Bangbeli Apps Dalam Meningkatkan Jumlah Pengguna Di Kalangan Umkm. Jurnal Riset MAhasiswa Dakwah Dan Komunikasi, 2(5), 236-254.

Ningsih, D. H. U., Santoso, D. B., Mariana, N., & Saefurrohman, S. (2022). Model Serach Engine Optimization (Seo) Bagi Umkm Untuk Meningkatkan Popularitas Dan Pengunjung Website. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 11(3), 415-422.

Pinem, S., Darmanto, N., & Nainggolan, A. B. D. (2023). Pkm: Pemberdayaan Digital Marketing Dengan Menggunakan Google Pada Umkm Di Desa Cihideung Udik. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENPEDIA) (Vol. 2, No. 1, pp. 62-69). Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarkat (P3M)-Politeknik Negeri Media Kreatif.

Putri, S. E., & Prabowo, B. (2023). Penerapan Search Engine Optimization (SEO) Pada Strategi Digital Marketing UMKM. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 123-131.

Supriatna, D., Surjadi, J., & Rahayuningsih, D. A. (2022). Penerapan digital marketing melalui teknik copywriting dan SEO bagi UMKM. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(1), 83-94.

Suryanto, A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pemasaran Produk Agribisnis. Jurnal Agribisnis Indonesia, 15(2), 118-129.

Utari, T. (2022). Pengembangan Search Engine Optimization (SEO) pada Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. International Journal of Demos, 4, 677-685.

Yusuf, M., Hidayat, F., & Rahmawati, L. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pemasaran Digital untuk Produk Lokal. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 7(1), 52-64.

Published
2024-12-26
How to Cite
Yuristya, N., Rico Yanuar Ardiansyah, & Noor Rizkiyah. (2024). SOSIALISASI DIGITAL MARKETING MELALUI GOOGLE KEYWORD PLANNER KEPADA MASYARAKAT DESA KEMIRI, KECAMATAN PUSPO, KABUPATEN PASURUAN . BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 230 - 239. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v4i2.3964
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times