SOSIALISASI DIGITAL MARKETING MELALUI GOOGLE KEYWORD PLANNER KEPADA MASYARAKAT DESA KEMIRI, KECAMATAN PUSPO, KABUPATEN PASURUAN
Abstract
Program Bina Desa dalam kegiatan Kuliah Kerja Mandiri (PKKM) Agribisnis oleh UPN "Veteran" Jawa Timur bertujuan untuk memberdayakan masyarakat desa dengan mengoptimalkan potensi lokal melalui penerapan ilmu dan teknologi agribisnis. Program ini mengikutsertakan mahasiswa sebagai fasilitator, yang mendampingi masyarakat dalam pelatihan serta penerapan teknologi, khususnya pemasaran digital. Seiring perkembangan teknologi, pemasaran digital menjadi strategi penting untuk memperluas akses pasar dan meningkatkan daya saing produk desa hingga ke pasar nasional dan global. Desa Kemiri di Kabupaten Pasuruan, yang memiliki potensi agribisnis unggulan seperti durian, kopi, dan susu, mendapat manfaat besar dari program ini, terutama melalui pelatihan penggunaan Google Keyword Planner. Alat ini membantu masyarakat dalam merencanakan strategi pemasaran dengan memilih kata kunci yang tepat guna meningkatkan visibilitas produk secara online. Program ini bertujuan untuk meningkatkan jangkauan pasar produk lokal sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi desa yang lebih berkelanjutan. Pendampingan intensif juga diberikan untuk mempermudah pemahaman masyarakat dalam mengadopsi teknologi digital sebagai bagian dari upaya memajukan ekonomi lokal mereka.
Downloads
References
Hidayat, R. (2020). Pemasaran Digital di Era Modern: Strategi dan Implementasi. Pustaka Ilmu.
Kusuma, A., & Riyanto, B. (2019). Strategi Digital Marketing untuk Produk Desa. Media Nusantara.
Masnita, Y., Nurhaida, D., & Arafah, W. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Marketplace Sebagai Strategi Memperluas Pangsa Pasar Bagi Komunitas Umkm Indonesia Terpadu (Duit). Jurnal Abdikaryasakti, 4(1), 1-22.
Nasyrullah, S. R., & Abdullah, A. (2020). Implementasi Digital Marketing Bangbeli Apps Dalam Meningkatkan Jumlah Pengguna Di Kalangan Umkm. Jurnal Riset MAhasiswa Dakwah Dan Komunikasi, 2(5), 236-254.
Ningsih, D. H. U., Santoso, D. B., Mariana, N., & Saefurrohman, S. (2022). Model Serach Engine Optimization (Seo) Bagi Umkm Untuk Meningkatkan Popularitas Dan Pengunjung Website. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 11(3), 415-422.
Pinem, S., Darmanto, N., & Nainggolan, A. B. D. (2023). Pkm: Pemberdayaan Digital Marketing Dengan Menggunakan Google Pada Umkm Di Desa Cihideung Udik. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENPEDIA) (Vol. 2, No. 1, pp. 62-69). Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarkat (P3M)-Politeknik Negeri Media Kreatif.
Putri, S. E., & Prabowo, B. (2023). Penerapan Search Engine Optimization (SEO) Pada Strategi Digital Marketing UMKM. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 123-131.
Supriatna, D., Surjadi, J., & Rahayuningsih, D. A. (2022). Penerapan digital marketing melalui teknik copywriting dan SEO bagi UMKM. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(1), 83-94.
Suryanto, A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pemasaran Produk Agribisnis. Jurnal Agribisnis Indonesia, 15(2), 118-129.
Utari, T. (2022). Pengembangan Search Engine Optimization (SEO) pada Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. International Journal of Demos, 4, 677-685.
Yusuf, M., Hidayat, F., & Rahmawati, L. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pemasaran Digital untuk Produk Lokal. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 7(1), 52-64.
Copyright (c) 2024 Nurfarisa Yuristya, Rico Yanuar Ardiansyah, Noor Rizkiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.