PEMBERDAYAAN UMKM DALAM ASPEK PEMASARAN MELALUI PROGRAM PENDAMPINGAN BISNIS OLEH BTPN SYARIAH DI SIDOARJO

  • Amirah Cetta Candraningtyas Yose Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Endang Iryanti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Keywords: UMKM, Pemberdayaan, Pemasaran, Pendampingan Bisnis, BTPN Syariah

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam perekonomian daerah, termasuk di Kabupaten Sidoarjo. Namun, banyak UMKM yang menghadapi tantangan dalam aspek pemasaran yang mengakibatkan rendahnya daya saing produk mereka. Program pendampingan bisnis yang diinisiasi oleh BTPN Syariah dalam memberdayakan kapabilitas pemasaran UMKM di Sidoarjo. Pendampingan bisnis dengan pemaparan materi terkait pengembangan usaha dalam aspek pemasaran dan konsultasi individual selama satu bulan membangun kemandirian UMKM dalam mengelola usaha mereka. Dengan adanya pendampingan ini, UMKM di Sidoarjo diharapkan dapat lebih kompetitif dan berkontribusi lebih signifikan terhadap perekonomian lokal maupun nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bank BTPN Syariah. (2021). Laporan Tahunan 2020: Ketangguhan dalam Menghadapi Pandemi. Jakarta: PT Bank BTPN Syariah Tbk.

Bank Indonesia. (2021). Laporan Perekonomian Indonesia 2020. Jakarta: Bank Indonesia.

Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sidoarjo. (2022). Laporan Tahunan Perkembangan UMKM Sidoarjo 2021. Sidoarjo: Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Eniola, A. A., & Entebang, H. (2019). SME Managers and Financial Literacy. Global Business Review, 331-345.

Hapsari, I. M., & Hasanah, N. (2020). Marketing Strategies for Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) to Improve Competitiveness in the Digital Era. Journal of Economics and Business, 780-789.

Kementerian Koperasi dan UKM. (2021). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar 2019-2020. Jakarta: Kementerian Koperasi dan UKM RI.

Noor, L., & Komala, R. (2019). Analisis Pengembangan UMKM oleh PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Tanjung Priok. Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis, 52-64.

Nugroho, L., Utami, W., Sugmadilaga, C., & Fitrijanti, T. (2019). The Urgency of Enterpreneurship Education in Islamic Banking and Finance Program: Indonesia Perspective. International Journal of Economics and Business Administration, 140-152.

Prasetyo, P. E. (2020). The Role of Government Policy in Improving the Competitiveness of MSMEs in Indonesia. Journal of Economics and Policy, 326-342.

Purwanto, P., Primiana, I., Maulina, E., & Juhaeri, J. (2021). The Effects of Marketing Capabilities on the Sustainable Competitive Advantage of MSMEs. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 423-433.

Sari, Y., Rifai, M., & Indrawati, N. K. (2021). Empowering MSMEs through Islamic Microfinance Institutions: A Comprehensive Approach. Journal of Islamic Economics and Business, 45-62.

Tambunan, T. (2020). MSMEs in Times of Crisis: Evidence from Indonesia. Journal of Developing Economies, 1-25.

Published
2024-12-28
How to Cite
Yose, A. C. C., & Endang Iryanti. (2024). PEMBERDAYAAN UMKM DALAM ASPEK PEMASARAN MELALUI PROGRAM PENDAMPINGAN BISNIS OLEH BTPN SYARIAH DI SIDOARJO. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 261 - 267. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v4i2.3977
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times