BRANDING MELALUI MEREK DAN LOGO PADA UMKM NASABAH BANK BTPN SYARIAH MMS RUNGKUT

  • Indri oktafianti Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Endang Iryanti Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: Branding, Merek, Logo, UMKM, Pengabdian masyarakat

Abstract

UMKM memiliki peran penting dalam mendukung perekonomian Indonesia, namun masih banyak yang menghadapi tantangan dalam membangun identitas merek yang kuat. Artikel ini membahas program pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM nasabah Bank BTPN Syariah di wilayah Mobile Marketing Syariah (MMS) Rungkut terkait branding melalui merek dan logo. Metode yang digunakan meliputi pelatihan, pendampingan langsung, dan evaluasi terhadap hasil implementasi branding oleh nasabah. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pelaku UMKM yang mengikuti program ini berhasil meningkatkan daya saing produk mereka di pasar melalui penerapan merek dan logo yang lebih menarik, relevan, dan konsisten. Selain itu, program ini juga mendorong pelaku UMKM untuk lebih memahami pentingnya identitas visual sebagai alat komunikasi dengan konsumen. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah bahwa branding melalui merek dan logo dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan keberlanjutan dan pertumbuhan UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aristawidia, I. B. (2018). Kajian Literatur Penerapan Strategi Branding Bagi Kemajuan Umkm Di Era Digital. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 1(2), 41–52.

Keller, K. L., & Kotler, P. (2022). Branding in B2B firms. In Handbook of business-to-business marketing (pp. 205–224). Edward Elgar Publishing.

Novitasari, A. T. (2022). Kontribusi Umkm Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Era Digitalisasi Melalui Peran Pemerintah. Journal of Applied Business & Economics (JABE), 9(2).

Rachman, J. A., Nisa, F. L., & Utami, A. F. (2024). Pemberdayaan UMKM Melalui Program Bestee Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Bisnis di BTPN Syariah MMS Rambipuji Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 5(3), 446. https://doi.org/10.33394/jpu.v5i3.12074

Rahman, K. G., Rachma, N., & Marlinah, A. (2023). Analisis swot dan keuangan umkm dalam rangka pengembangan ekonomi masyarakat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 221–230.

Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Optimalisasi digital marketing dalam meningkatkan branding pada UMKM tempe mbah mul di Desa Purwotani. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8), 5949–5956.

Published
2024-12-29
How to Cite
oktafianti, I., & Endang Iryanti. (2024). BRANDING MELALUI MEREK DAN LOGO PADA UMKM NASABAH BANK BTPN SYARIAH MMS RUNGKUT. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 268 - 273. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v4i2.3980
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times