BRANDING MELALUI MEREK DAN LOGO PADA UMKM NASABAH BANK BTPN SYARIAH MMS RUNGKUT
Abstract
UMKM memiliki peran penting dalam mendukung perekonomian Indonesia, namun masih banyak yang menghadapi tantangan dalam membangun identitas merek yang kuat. Artikel ini membahas program pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM nasabah Bank BTPN Syariah di wilayah Mobile Marketing Syariah (MMS) Rungkut terkait branding melalui merek dan logo. Metode yang digunakan meliputi pelatihan, pendampingan langsung, dan evaluasi terhadap hasil implementasi branding oleh nasabah. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pelaku UMKM yang mengikuti program ini berhasil meningkatkan daya saing produk mereka di pasar melalui penerapan merek dan logo yang lebih menarik, relevan, dan konsisten. Selain itu, program ini juga mendorong pelaku UMKM untuk lebih memahami pentingnya identitas visual sebagai alat komunikasi dengan konsumen. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah bahwa branding melalui merek dan logo dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan keberlanjutan dan pertumbuhan UMKM.
Downloads
References
Aristawidia, I. B. (2018). Kajian Literatur Penerapan Strategi Branding Bagi Kemajuan Umkm Di Era Digital. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 1(2), 41–52.
Keller, K. L., & Kotler, P. (2022). Branding in B2B firms. In Handbook of business-to-business marketing (pp. 205–224). Edward Elgar Publishing.
Novitasari, A. T. (2022). Kontribusi Umkm Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Era Digitalisasi Melalui Peran Pemerintah. Journal of Applied Business & Economics (JABE), 9(2).
Rachman, J. A., Nisa, F. L., & Utami, A. F. (2024). Pemberdayaan UMKM Melalui Program Bestee Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Bisnis di BTPN Syariah MMS Rambipuji Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 5(3), 446. https://doi.org/10.33394/jpu.v5i3.12074
Rahman, K. G., Rachma, N., & Marlinah, A. (2023). Analisis swot dan keuangan umkm dalam rangka pengembangan ekonomi masyarakat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 221–230.
Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Optimalisasi digital marketing dalam meningkatkan branding pada UMKM tempe mbah mul di Desa Purwotani. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8), 5949–5956.
Copyright (c) 2024 Indri oktafianti, Endang Iryanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.