SOSIALISASI MENGHINDARI BULLYING PERSFEKTIF AGAMA ISLAM DI SEKOLAH ISLAM NABILA KOTA BATAM
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mencegah bullying di kalangan generasi Z dengan pendekatan berbasis nilai-nilai Islam di Sekolah Islam Nabila, Kota Batam. Program ini melibatkan pelatihan siswa, untuk meningkatkan kesadaran agar perilaku bullying dapat dihindari sedini mungkin. Topik ini dipilih dengan alasan perilaku bullying yang akhir-akhir ini meningkat pesat berdasarkan data BPS. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi dan penyuluhan terkait menghindari perilaku bullying berbasis Islami, dan pembinaan karakter melalui kegiatan keagamaan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta mengenai konsep akhlak mulia, pentingnya ukhuwah Islamiyah, serta implikasi hukum dan etika dalam Islam terkait perilaku bullying. Selain itu, adanya aplikasi pelaporan bullying berbasis nilai-nilai Islam membantu mempercepat deteksi dan intervensi kasus bullying di sekolah. Peran sekolah menyiapkan psikolog untuk dapat menangani jika bullying terjadi dilingkungan lembaga pendidikan. Kegiatan ini berhasil menciptakan lingkungan sekolah yang lebih kondusif dan mendukung pembentukan karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Islam. Keberlanjutan program diharapkan dapat diperkuat melalui kolaborasi antara pihak sekolah dengan orang tua.
Downloads
References
Gambaran Umum Kondisi Daerah. https://bapelitbangda.batam.go.id/wpcontent/uploads/sites/50/2021/08/Bab-II-Gambaran-Umum-Kondisi-Daerah_210821.pdf. Diakses tanggal 18 Juli 2024
Pendahuluan. https://disdik.batam.go.id/wp-content/uploads/sites/28/2019/05/Renstra-2016-2021-Dinas-Pendidikan.pdf. Diakses tanggal 18 Juli 2024
Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan. Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Ditjen PP
Jung, Youn Ah, What Makes Bullying Happen in School? Reviewing Contextual Characteristics Surrounding Individual and Intervention Programs on Bullying, Elementary Education Journal, Vol 17, 1, 2018
Yatiman Karsodikromo, Mohd. Razimi Hussin, Abdul Rahim Razali, Implikasi Buli Siber, Kemurungan, Kebimbangan dan Tekanan terhadap Pencapaian Akademik Murid, Journal of Humanities and Social Sciences, Volume. 4, 3, 2022
Raden Roy Miftahul Huda, Lidya Ardiyan, Rancangan Implementasi Perma+ Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling Untuk Pencegahan Bullying Dan Peningkatan Wellbeing Siswa, Jurnal Syntax Transformation, Vol. 3, No. 6, Juni 2022
Syahidah Rena, Riska Marfita, Siti Padilah, Implementasi Kebijakan Anti-Bullying Di Sekolah (Studi Kasus Mts Madinatunnajah Ciputat), Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, Vol. 5 No. 1 April 2021
Yuda Syahfitra*, Syamsul Aripin, Iin Kandedes, Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Masalah Bullying, Rayah Al-Islam, Vol. 7, No. 3, Desember, 2023
Emilio Azúa Fuentes, Pedro Rojas Carvallo, Sergio Ruiz Poblete, Bullying as a risk factor for depression and suicide, Rev Chil Pediatr, 91, 3, 2020
Susi Nilasari & Eka Danik Prahastiwi, Peran Bimbingan Konseling Islam Dalam Meminimalisasi Bullying Antar Teman Di Lingkungan Sekolah, Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya, Volume 3, Nomor 4, Agustus 2023
Siti Maisah, Bullying Dalam Perspektif Pendidikan Islam, Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 4, No. 1 Juni 2020
Maulana Ichsan Kurniawan, Dini Rakhmawati, Padmi Dhyah Yulianti, Pengembangan Komik Digital Untuk Mencegah Bullying Pada Siswa Kelas VII, Jurnal Konseling Gusjigang, Vol. 8, No. 1, Juni 2022
Akhmad Ramli dkk, The Importance of Islamic Character Education in Addressing Bullying Behavior in Boarding Schools, At-Ta’dib. Vol. 18. No. 2, June 2023
Nahuda, Andriyani, Mugiyono, Pendidikan Anak Perspektif Pendidikan Islam Terhadap Fenomena Bullying Di Lingkungan Sekolah, SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Vol. 8 No. 1 Agustus 2023
Kurniawan Dwi Madyo Utomo, Investigations of Cyber Bullying and Traditional Bullying in Adolescents on the Roles of Cognitive Empathy, Affective Empathy, and Age, International Journal of Instruction, Vol.15, No.2 April 2022
Copyright (c) 2024 Alkausar Saragih, Cevy Amelia, Ismed Batubara, Isramilda, Dian Saputra Sitohang, Wahyuni Fitri Tanjung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.