IMPLEMENTASI LAYANAN ADMINISTRASI BPJS KESEHATAN BAGI MASYARAKAT DI WILAYAH KECAMATAN PAKAL

  • Andryan Noer Febryanto UPN Veteran Jawa Timur
  • Dhani Ichsanuddin Nur UPN Veteran Jawa Timur
Keywords: BPJS Kesehatan, Kesehatan Nasional, Pandawa, Pelayanan Administrasi

Abstract

Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh BPJS Kesehatan bertujuan untuk menyediakan akses layanan kesehatan yang merata, tetapi menghadapi tantangan seperti pemahaman publik yang terbatas, ketidakakuratan data, dan hambatan teknologi. Layanan masyarakat di Kecamatan Pakal, Surabaya ini meningkatkan pengetahuan publik tentang layanan BPJS Kesehatan melalui pelatihan dan pendampingan PANDAWA. Peserta memperoleh keterampilan dalam pendaftaran, pemutakhiran data, dan akses layanan, sementara tantangan seperti rendahnya literasi digital dan terbatasnya internet diatasi melalui pendidikan yang terarah. Program ini menunjukkan model yang dapat direplikasi untuk meningkatkan layanan administratif dan memperluas akses layanan kesehatan yang inklusif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui observasi dan wawancara. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman peserta sebesar 75% setelah pelatihan. Kegiatan ini menegaskan pentingnya inovasi layanan berbasis digital serta pendekatan edukatif dalam meningkatkan efektivitas program JKN. Dengan pelatihan praktis dan pendampingan personal, PANDAWA mampu menjembatani kesenjangan digital di tingkat masyarakat lokal. Studi ini memberikan dasar bagi pengembangan program serupa di wilayah lain yang menghadapi tantangan serupa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, D. (2024). Implementasi Program Pelayanan Kesehatan Tradisional (Yankestrad) pada Penderita Hipertensi di Puskesmas Benowo Kota Surabaya. Jurnal Inovasi Administrasi Negara Terapan (Inovant), 3(4).

Basuki, E. W. (2016). Implementasi Kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional oleh BPJS Kesehatan di Kota Semarang. Journal of Politic and Government Studies, 5(04), 221-230.

Budi, S. C. (2016). Kendala pelaksanaan program JKN terkait penerimaan pasien, pengolahan data medis, pelaporan, dan pendanaan JKN di Puskesmas Gondokusuman II Yogyakarta. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 4(1).

Firmansyah, M. I. (2016). Studi Deskriptif Tentang Sinergitas Kewenangan Antara Bpjs Kesehatan dengan Organisasi Profesi dalam Penyediaan Layanan Kesehatan di Kota Surabaya. Jurnal Universitas Airlangga, 4(2), 146-156.

Hajad, V. (2023). Evaluasi Layanan Digital BPJS Kesehatan Di Kantor BPJS Aceh Singkil. .Jurnal Administrasi Politik dan Sosial, 4(1), 01-10.

Malik, A. A. (2019). Implementasi kebijakan diskresi pada pelayanan kesehatan badan penyelenggara jaminan kesehatan (bpjs). Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 8(1), 1-8.

Maulana, I. B. (2023). Implementasi aplikasi mobile JKN BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi 2018–2021. Jurnal Governasi, 9(1), 44-52.

Oktavia, S. N. (2024, Mei 19). Layanan Administrasi BPJS Kesehatan Makin Mudah dengan PANDAWA-CHIKA. Diambil kembali dari detikNews: https://news.detik.com/berita/d-7345876/layanan-administrasi-bpjs-kesehatan-makin-mudah-dengan-pandawa-chika

Pinontoan, M. E. ((2015)). Implementasi Standar Operasional Prosedur Dalam Pelayanan Bpjs Kesehatan Di Rsu Prof. Dr. Kandou Manado. Jurnal Administrasi Publik, 3(031).

Vyandri, M. A. (2014). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BPJS KESEHATAN DI KOTA SURABAYA (Studi Tentang Kepesertaan PBI Jaminan Kesehatan Dalam Mengakses Pelayanan Kesehatan). DIA, Jurnal Administrasi Publik, 12(01).

Rifqi, H., & Syaprianto, S. (2024). MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN BIDANG KEUANGAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA PEKANBARU. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 38 - 44. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v4i2.3872

Harianja, Jasri, Elgamar, Al-Hafiz, N. W., Haswan, F., Nopriandi, H., Erlinda, Aprizal, Chairani, S., & M. Yusfahmi. (2024). OPTIMALISASI PELATIHAN E-COMMERCE PADA MATA KULIAH MANAJEMEN UNTUK MENDUKUNG KOMPETENSI MAHASISWA PRODI AGRIBISNIS: PKM. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 153 - 159. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v4i2.3946

Burhanuddin Al-Butary, Hermansyah Alam, & Helma Widya. (2024). PROSPEK EKONOMI KEUMATAN BERBASIS MASJID PADA BKM MASJID SEDESA KOLAM PERCUT SEI TUAN: PKM. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 256 - 260. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v4i2.3930

Published
2025-04-27
How to Cite
Andryan Noer Febryanto, & Dhani Ichsanuddin Nur. (2025). IMPLEMENTASI LAYANAN ADMINISTRASI BPJS KESEHATAN BAGI MASYARAKAT DI WILAYAH KECAMATAN PAKAL. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 1 - 9. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v5i1.3995
Abstract viewed = 5 times
PDF downloaded = 6 times