IMPLEMENTASI LAYANAN ADMINISTRASI BPJS KESEHATAN BAGI MASYARAKAT DI WILAYAH KECAMATAN PAKAL
Abstract
Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh BPJS Kesehatan bertujuan untuk menyediakan akses layanan kesehatan yang merata, tetapi menghadapi tantangan seperti pemahaman publik yang terbatas, ketidakakuratan data, dan hambatan teknologi. Layanan masyarakat di Kecamatan Pakal, Surabaya ini meningkatkan pengetahuan publik tentang layanan BPJS Kesehatan melalui pelatihan dan pendampingan PANDAWA. Peserta memperoleh keterampilan dalam pendaftaran, pemutakhiran data, dan akses layanan, sementara tantangan seperti rendahnya literasi digital dan terbatasnya internet diatasi melalui pendidikan yang terarah. Program ini menunjukkan model yang dapat direplikasi untuk meningkatkan layanan administratif dan memperluas akses layanan kesehatan yang inklusif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui observasi dan wawancara. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman peserta sebesar 75% setelah pelatihan. Kegiatan ini menegaskan pentingnya inovasi layanan berbasis digital serta pendekatan edukatif dalam meningkatkan efektivitas program JKN. Dengan pelatihan praktis dan pendampingan personal, PANDAWA mampu menjembatani kesenjangan digital di tingkat masyarakat lokal. Studi ini memberikan dasar bagi pengembangan program serupa di wilayah lain yang menghadapi tantangan serupa.
Downloads
References
Anggraini, D. (2024). Implementasi Program Pelayanan Kesehatan Tradisional (Yankestrad) pada Penderita Hipertensi di Puskesmas Benowo Kota Surabaya. Jurnal Inovasi Administrasi Negara Terapan (Inovant), 3(4).
Basuki, E. W. (2016). Implementasi Kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional oleh BPJS Kesehatan di Kota Semarang. Journal of Politic and Government Studies, 5(04), 221-230.
Budi, S. C. (2016). Kendala pelaksanaan program JKN terkait penerimaan pasien, pengolahan data medis, pelaporan, dan pendanaan JKN di Puskesmas Gondokusuman II Yogyakarta. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 4(1).
Firmansyah, M. I. (2016). Studi Deskriptif Tentang Sinergitas Kewenangan Antara Bpjs Kesehatan dengan Organisasi Profesi dalam Penyediaan Layanan Kesehatan di Kota Surabaya. Jurnal Universitas Airlangga, 4(2), 146-156.
Hajad, V. (2023). Evaluasi Layanan Digital BPJS Kesehatan Di Kantor BPJS Aceh Singkil. .Jurnal Administrasi Politik dan Sosial, 4(1), 01-10.
Malik, A. A. (2019). Implementasi kebijakan diskresi pada pelayanan kesehatan badan penyelenggara jaminan kesehatan (bpjs). Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 8(1), 1-8.
Maulana, I. B. (2023). Implementasi aplikasi mobile JKN BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi 2018–2021. Jurnal Governasi, 9(1), 44-52.
Oktavia, S. N. (2024, Mei 19). Layanan Administrasi BPJS Kesehatan Makin Mudah dengan PANDAWA-CHIKA. Diambil kembali dari detikNews: https://news.detik.com/berita/d-7345876/layanan-administrasi-bpjs-kesehatan-makin-mudah-dengan-pandawa-chika
Pinontoan, M. E. ((2015)). Implementasi Standar Operasional Prosedur Dalam Pelayanan Bpjs Kesehatan Di Rsu Prof. Dr. Kandou Manado. Jurnal Administrasi Publik, 3(031).
Vyandri, M. A. (2014). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BPJS KESEHATAN DI KOTA SURABAYA (Studi Tentang Kepesertaan PBI Jaminan Kesehatan Dalam Mengakses Pelayanan Kesehatan). DIA, Jurnal Administrasi Publik, 12(01).
Rifqi, H., & Syaprianto, S. (2024). MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN BIDANG KEUANGAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA PEKANBARU. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 38 - 44. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v4i2.3872
Harianja, Jasri, Elgamar, Al-Hafiz, N. W., Haswan, F., Nopriandi, H., Erlinda, Aprizal, Chairani, S., & M. Yusfahmi. (2024). OPTIMALISASI PELATIHAN E-COMMERCE PADA MATA KULIAH MANAJEMEN UNTUK MENDUKUNG KOMPETENSI MAHASISWA PRODI AGRIBISNIS: PKM. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 153 - 159. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v4i2.3946
Burhanuddin Al-Butary, Hermansyah Alam, & Helma Widya. (2024). PROSPEK EKONOMI KEUMATAN BERBASIS MASJID PADA BKM MASJID SEDESA KOLAM PERCUT SEI TUAN: PKM. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 256 - 260. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v4i2.3930
Copyright (c) 2025 Andryan Noer Febryanto, Dhani Ichsanuddin Nur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.