OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DI MARKETPLACE SHOPEE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN BAJU SANTRI DI PONDOK PESANTREN
Abstract
Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan santri Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3 dalam mengelola bisnis pakaian melalui strategi pemasaran digital menggunakan platform Shopee. Metode yang digunakan mencakup pelatihan, pendampingan, dan evaluasi secara terstruktur serta terlaksana. Pelatihan mencakup pengoptimalan deskripsi produk, foto, dan harga kompetitif untuk menarik pelanggan. Pendampingan intensif ini membantu santri memahami pengelolaan toko online, aktivasi fitur promosi Shopee, serta mengatasi kendala literasi digital dan keterbatasan konektivitas internet. Evaluasi yang menunjukkan keberhasilan implementasi strategi pemasaran digital dengan peningkatan daya tarik produk dan jangkauan pasar yang lebih luas. Hasil ini mendukung penelitian sebelumnya bahwa pelatihan pemasaran digital efektif meningkatkan daya saing UMKM (Lautania et al., 2024). Pendekatan ini tidak hanya memperluas kemampuan santri dalam bisnis digital tetapi juga memberikan Solusi yang praktis untuk memberdayakan usaha kecil lainnya. Model pelatihan dan pendampingan ini dapat direkomendasikan untuk pemberdayaan pelaku usaha kecil lainnya, khususnya di lingkungan pondok pesantren Al-Muhajirin 3 Jombang
Downloads
References
Ardani, F., Adiawati, M. R., Johnny, R., & Raharjo, H. (2023). Pemanfaatan Layanan Aplikasi Gofood Sebagai Strategi Pemasaran Digital Pada Umkm Rawonsae. Community Development Journal, 4(6), 13108–13112.
Aulia, E., Zawawi, Z., & Warmana, G. O. (2024). Pemanfaatan Branding Digital Marketing Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing Produk UMKM Penjaringansari. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 994–999. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2413
Di, M., Dongkal, D., Huda, S., Putra, P. S., Wiliyanti, R., Apriani, R., & Kusnanto, D. (2024). Optimalisasi Pemasaran Digital Pada Usaha Mikro Kecil Dan. 08(01), 1–6.
Haryanto, R., Setiawan, A., Nurhayati, R., Gede, I., Mertayasa, A., & Nugraha, A. R. (2024). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Di Era Society 5.0: Sebuah Literature Review. Edunomika, 08(02), 1–10.
Khatimah, B. N., Yuliana, R., & Hamdani, M. (2023). Peningkatan Penjualan di Market Place Shopee Pada Era Digitalisasi. EconBank: Journal of Economics and Banking, 5(2), 293–301. https://doi.org/10.35829/econbank.v5i2.340
Kunci, K. (2024). Prosiding Seminar Nasional Manajemen Strategi Digital Marketing Shopee di Era E-commerce Kontemporer. 3(1), 319–329.
Lautania, M. F., Darwanis, D., Ariani, N. E., Linda, L., Afrianandra, C., & Fitri, M. (2024). Training in Marketing Strategies through Digital Marketing for Scaling Up Businesses of Silver Craft SMEs in Banda Aceh City. Asian Journal of Community Services, 3(1), 41–48. https://doi.org/10.55927/ajcs.v3i1.6828
Luthfiyah, L., Yanuarti, R., Ibanah, I., & ... (2023). E-Commerce sebagai Media Promosi dalam Peningkatan Daya Saing Produk UMKM MOSS 1 di Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian …, 4(2), 1162–1168.
Marjukah, A. (2022). Pengaruh Pelatihan Pemasaran Digital Terhadap Kinerja UMKM di Masa Pandemi Covid. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 20(1), 1–12. https://doi.org/10.32524/jkb.v20i1.316
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01
Sabrina, M., Simanjuntak, T., Paundra, A. M., Kusuma, R. S., Rahmanto, F., Zaenuri, M., Rahmat, A. F., Bayuaji, B. W., Monggilo, Z. M. Z., & Nazila, M. F. (2022). in BTS ’ Spine Breaker ’ Lyrics Among Indonesian Army. 5.
Syahputra, E. (2023). Shopee Jadi Wadah Solutif UMKM untuk Perluas Jangkauan Pasar. CNBC Indonesia.
Copyright (c) 2025 Alvian Surya, Raden Johnny Hadi Raharjo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.