EDUKASI PELAKU UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING UNTUK MEMPEROLEH PRODUK SUPPLIER DENGAN HARGA TERMURAH

  • Marina Nora Amanda UPN Veteran Jawa Timur
  • Mentari Clara Dewanti Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: UMKM, Sosialisasi, Digital Marketing, Supplier, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Seiring dengan transformasi digital, teknologi informasi sangat dibutuhkan bagi semua jenis kegiatan usaha, salah satunya adalah bagi para pelaku UMKM. Namun, sebagian pelaku usaha belum sepenuhnya mengerti bagaimana cara penggunaan sebuah teknologi melalui digital marketing sebagai saran penunjang kegiatan pemasaran produk mereka. Seperti halnya dalam pemilihan supplier. Melalui pemilihan supplier yang tepat, pelaku UMKM dapat mengefisiensikan biaya produksi yang dikeluarkan, mengoptimalkan keuntungan serta sebagai nilai bagi para konsumen. Dengan demikian, program edukasi yang baik dan terarah bagi para pelaku UMKM akan pentingnya pemanfaatan digital marketing merupakan hal yang dibutuhkan saat ini. Webinar ini menggabungkan metode sosialisasi online dengan kusioner pre-test dan post-test sebagai alat tolok ukur sejauh mana para peserta paham akan pentingnya pemilihan supplier yang tepat. Hasil evaluasi dalam kuisioner menunjukkan adanya peningkatan persepsi yang signifikan antara sebelum webinar dilakukan dan setelahnya. Pada awalnya, hanya sekitar 70.9% peserta yang setuju bahwa harga yang murah merupakan suatu indikator yang penting dalam pemilihan supplier. Kemudian angka presentase ini meningkat secara menjadi 100% yang artinya bahwa seluruh peserta setuju apabila harga ialah faktor penting dalam pemilihan supplier. Berdasarkan hasil yang diuraikan, webinar ini terbukti berhasil merubah pandangan para peserta. Melalui kegiatan webinar ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif dan mampu menjadi sebuah insight yang membangun dan menginspirasi bagi para pelaku usaha di masa yang akan mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adolph, R. (2016). OPTIMALISASI PEMASARAN PRODUK UMKM BIDANG KULINER MELALUI PLATFORM INSTAGRAM PADA MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU. 1(8), 1–23.

Dan, S., Wati, N. R., Lailatul, A., Adelia, S. S., Rohman, M. H., Lumbanraja, K. A., & Pembangunan, U. (2023). MENDORONG TERCIPTANYA DIGITAL MARKETING DI KELURAHAN. 02, 179–186.

Dasmawan, D., Afandi, K., Puspitasari, N. T., Anggrelia, S., Damayanti, K., Ningrum, J. A., Rahmaniasan, V., & Nurholifah. (2021). Pelaksanaan Webinar Dengan Tema Implementasi Digital Marketing Dalam Menarik Minat Konsumen di Era Pandemi COVID-19 Khususnya di Desa Ketapang. Panrannuangku Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 79–82. https://doi.org/10.35877/panrannuangku521

Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., Heriyanto, & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34–39. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i1.147

Hasbiyadi. (2022). View of Sosialisasi Digital Marketing Pelaku UMKM Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa.

Irawan, F. (2021). Pelatihan Melalui Web Seminar Dampak UU HPP Terhadap Pelaku UMKM Di Era Pandemi. Pengmasku, 1(1), 22–28. https://doi.org/10.54957/pengmasku.v1i1.60

Katili, A. Y., & Gintulangi, S. O. (2022). Sosialisasi Teknik Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Digital Marketing. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 5(4), 864–869. https://doi.org/10.36312/sasambo.v5i4.1491

Muhammad, J., Rahmanasari, D., Vicky, J., Maulidiyah, W. A., Sutopo, W., & Yuniaristanto, Y. (2020). Pemilihan Supplier Biji Plastik dengan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(2), 99–106. https://doi.org/10.30656/intech.v6i2.2418

Putri, A., Hetami, A., Fourqoniah, Andriana, Andriyani, Salsabila, Muniro, T., Riandani, Muliyani, Yasshyka, Listiana, & Indah. (2022). Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 828–839.

Solikhati, A. N., Febriyanti, D., Fibrianto, D., Amaleo, S., & Hawa, S. D. (2023). Penerapan E-commerce dan Digital Marketing untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha UMKM WINSHOP. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 4(01), 61–66. https://doi.org/10.46772/jamu.v4i01.1215

Harianja, Jasri, Elgamar, Al-Hafiz, N. W., Haswan, F., Nopriandi, H., Erlinda, Aprizal, Chairani, S., & M. Yusfahmi. (2024). OPTIMALISASI PELATIHAN E-COMMERCE PADA MATA KULIAH MANAJEMEN UNTUK MENDUKUNG KOMPETENSI MAHASISWA PRODI AGRIBISNIS: PKM. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 153 - 159. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v4i2.3946

Desta Andriani, Seprido, Elfi Indrawanis, Tri Nopsagiarti, Chairil Ezward, A. Haitami, Wahyudi, & Gusti Marlina. (2024). PELATIHAN DAN PENYULUHAN TEKNIK PENGENDALIAN GULMA PADA PERKEBUNAN SAWIT RAKYAT DESA SIBEROBAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 212 - 219. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v4i2.3955

Published
2025-06-02
How to Cite
Amanda, M. N., & Dewanti, M. C. (2025). EDUKASI PELAKU UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING UNTUK MEMPEROLEH PRODUK SUPPLIER DENGAN HARGA TERMURAH. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 72 - 78. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v5i1.4001
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times