STRATEGI PENGEMBANGAN CAFÉ DLAGOON BERBASIS KOLABORASI DENGAN EVENT EDUKASI DAN UMKM LOKAL

  • Susi Susanti UPN VETERAN JAWA TIMUR
  • Alfiandi Imam Mawardi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: Strategi Kolaborasi, UMKM, Event Edukasi, Café Dlagoon, Pengembangan Bisnis

Abstract

Café Dlagoon menghadapi tantangan berupa penurunan omzet dan jumlah pengunjung, terutama saat musim hujan. Untuk mengatasi hal ini, diterapkan strategi berbasis kolaborasi dengan melibatkan event edukasi “Kid Do Kid” dan UMKM lokal. Metode pengabdian yang digunakan mencakup observasi, wawancara, analisis strategi, dan evaluasi selama lima bulan. Hasil menunjukkan bahwa strategi ini berhasil meningkatkan jumlah pengunjung, optimalisasi pemanfaatan venue, serta diversifikasi produk. Kesimpulan menunjukkan bahwa strategi kolaborasi menjadi pendekatan efektif untuk meningkatkan daya saing UMKM di tengah persaingan bisnis yang ketat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwi Hastuti, H., Analisis Swot, P., Faisal, M., Muhammad Rivai, A., & Niswaty, R. (2024). Analisis Strategi Inovasi Produk Di Cafe Kopiology Kota Makassar Analysis of Product Innovation Strategy at Cafe Kopiology Makassar City. Analisis Strategi Inovasi Produk Di Cafe Kopiology Kota Makassar, 3(3), 149–158. http://ojs.unm.ac.id

Faizah, N. H., & Suib, M. S. (2019). UMKM DALAM PERSAINGAN DI ERA GLOBALISASI EKONOMI (Studi di UKM Hunay Probolinggo) (Vol. 3, Issue 2).

Haryono, N. (2012). Jejaring Untuk Membangun Kolaborasi Sektor Publik. In Jejaring Administrasi Publik. Th IV. Nomor (Vol. 1).

Luthfiyah, N. D., Putry, W. E., Putri, N. S., Khalisa, A. K., & Hidayat, R. (2024). PERENCANAAN DAN STRATEGI BISNIS YANG EFEKTIF DALAM ERA DIGITAL MENGHADAPI TANTANGAN BISNIS MODERN (Vol. 8).

Mardhiyah, A. (n.d.). Jurnal Bisnis dan Manajemen Persaingan Usaha Warung Tradisional dengan Toko Modern. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jbm/index

Muryadi, A. D. (2017). Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi (Agustanico Dwi Muryadi) MODEL EVALUASI PROGRAM DALAM PENELITIAN EVALUASI. 3(1).

Rachmatunnissa, D., Deliana, Y., & Raya Jatinangor Sumedang Km, J. (2019). SEGMENTASI KONSUMEN COFFEE SHOP GENERASI Z DI JATINANGOR SEGMENTATION OF COFFEE SHOP’S GENERATION Z CONSUMERS IN JATINANGOR (Vol. 6, Issue 1).

Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1

Yuliaty, T., Sarah Shafira, C., & Rafi Akbar, M. (n.d.). Strategi UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global Studi Kasus Pada PT. Muniru Burni Telong. In Journal Management (Vol. 19, Issue 3).

Published
2025-06-02
How to Cite
Susanti, S., & Mawardi , A. I. (2025). STRATEGI PENGEMBANGAN CAFÉ DLAGOON BERBASIS KOLABORASI DENGAN EVENT EDUKASI DAN UMKM LOKAL. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 26 - 33. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v5i1.4010
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times