PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN EDUKATIF PADA PERUSAHAAN PIALANG DI PT.AGRODANA FUTURES
Abstract
Era digitalisasi yang serba terhubung telah memberikan kemudahan akses informasi bagi masyarakat, termasuk dalam bidang investasi. Salah satu instrumen keuangan yang semakin dikenal adalah perdagangan berjangka, yang memerlukan peran pialang sebagai perantara antara pelaku pasar dan bursa. Meskipun memiliki potensi besar, industri perdagangan berjangka masih menghadapi tantangan berupa citra negatif di mata masyarakat. Faktor-faktor yang memengaruhi persepsi ini antara lain rendahnya pemahaman publik terhadap mekanisme pasar serta adanya perilaku tidak profesional dari sebagian oknum pelaku industri. Untuk mengatasi permasalahan ini, diperlukan upaya peningkatan citra merek melalui strategi pemasaran berbasis edukasi. Strategi ini bertujuan untuk membangun kredibilitas perusahaan serta memperbaiki persepsi masyarakat terhadap perdagangan berjangka. Dengan pendekatan edukatif yang tepat, diharapkan dapat meningkatkan literasi keuangan dan mendorong perubahan sentimen publik secara positif terhadap industri ini.
Downloads
References
G. T. M. Putri and B. Santoso, “Sistem Investasi di Indonesia,” TOMAN: Jurnal Topik Manajemen, vol. 1, no. 2, pp. 303–316, 2024.
M. Setyani, Pasar Valuta Asing: Cerdas Berinvestasi di Pasar Berjangka. PT Elex Media Komputindo, 2023.
H. Burhanudin, S. B. M. Putra, and S. A. Hidayati, “Pengaruh pengetahuan investasi, manfaat investasi, motivasi investasi, modal minimal investasi dan return investasi terhadap minat investasi di pasar modal (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram),” Distribusi-Journal of Management and Business, vol. 9, no. 1, pp. 15–28, 2021.
T. T. Poernomo and B. Setyadarma, “Pengaruh brand image terhadap loyalitas pelanggan susu sapi murni KUD Mekar Sari, Pujon Malang,” Sebatik, vol. 25, no. 1, pp. 221–228, 2021.
N. R. Janah and E. Suswardji, “Pengaruh Citra Merek dan Electronic Word of mouth terhadap minat beli produk kecantikan wardah,” Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), vol. 4, no. 2, pp. 690–697, 2021.
M. G. Haque-Fawzi, A. S. Iskandar, H. Erlangga, and D. Sunarsi, STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. Pascal Books, 2022.
T. E. Permana et al., Pendekatan Holistik Dalam Kepemimpinan Dan Pemasaran Digital “Membangun Umkm Yang Tangguh Melalui Perspektif Multidisiplin.” TOHAR MEDIA, 2024.
P. Purwati, S. Sauri, and A. Faiz, “Analisis Istilah Kampus Ilmiah, Religius, dan Edukatif dalam Tinjauan Teori Realms Of Meaning Karya Phenix,” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 4, pp. 1724–1733, 2021.
A. Zhazaretta and L. Djuhardi, “Fenomenologi Konten Kreator Dalam Mengedukasi Masyarakat Melalui Media Sosial Tiktok,” IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, vol. 7, no. 3, pp. 23–30, 2023.
A. N. Hanafiah, Y. F. Wulandari, and S. Himawan, “Peran Konten Edukatif Di Instagram Dalam Memotivasi Tugas Akhir Mahasiswa,” Brand Communication, vol. 3, no. 3, pp. 287–299, 2024.
Copyright (c) 2025 Afifuddin Abror Riza, Hesty Prima Rini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.