SOSIALISASI JENIS PEMBIAYAAN IBADAH HAJI DI CIMB NIAGA SYARIAH KEMENAG SURABAYA

PKM

  • Nur Anisa Rahmawati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Zumrotul Fitriyah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: CIMB Niaga Syariah, Bisnis Haji, Kementerian Agama, Sosialisasi, Pembiayaan Syariah

Abstract

Indonesia memiliki potensi besar dalam bisnis haji karena jumlah penduduk Muslimnya yang sangat besar. Industri perbankan syariah di Indonesia, termasuk layanan tabungan haji, memegang peran penting dalam membantu umat Muslim merencanakan dan membiayai ibadah haji. Namun, banyak umat Muslim di Indonesia masih menghadapi kendala finansial dalam perencanaan ibadah ini. Oleh karena itu, berbagai perusahaan syariah kini menawarkan program pembiayaan haji untuk memudahkan calon jamaah. Jurnal pengabdian ini membahas kegiatan sosialisasi mengenai jenis-jenis pembiayaan haji oleh staf pemasaran Perwakilan Penjualan Bisnis Haji (Hajj Business Sales Representative/HBSR) CIMB Niaga Syariah yang bekerja sama dengan Kementerian Agama (KEMENAG) Kota Surabaya. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai skema pembiayaan haji dan produk-produk CIMB Niaga Syariah. Metode pengabdian yang digunakan meliputi presentasi, diskusi interaktif, dan sesi tanya jawab. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan minat masyarakat terhadap pembiayaan haji berbasis syariah. Kesimpulannya, program ini diharapkan dapat menjadi model edukasi keuangan syariah dan pembiayaan haji yang efektif untuk diterapkan di wilayah lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ash-Shiddiqy, M. (2023). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Syariah dan Bank Konvensional. RISALAH IQTISADIYAH: Journal of Sharia Economics, 19.
Irman Ghojali, M. S. (2024). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menabung di Bank SyariahIndonesia: Studi pada Masyarakat Kota Bandung. Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam, 1298.
Juairiah, D. R. (2024). Analisis Swot terhadap Strategi Marketing Bank CIMB Niaga Syariah dalam Meningkatkan Penjualan Produk Haji Periode 2020-2023. Journal of Management and Creative Business.
Melisa Lubis, N. Y. (2023). Analisis Strategi Penerapan Sumber Dana Pada Produk Pembiayaan Dana Talangan Haji Di Bank Sumut Syariah KC Sibolga. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2048.
Showail, A. J. (2022). Solving Hajj and Umrah Challenges Using Information and Communication Technology: A Survey. IEEE Access, 75404.
Published
2025-06-03
How to Cite
Rahmawati, N. A., & Fitriyah, Z. (2025). SOSIALISASI JENIS PEMBIAYAAN IBADAH HAJI DI CIMB NIAGA SYARIAH KEMENAG SURABAYA: PKM. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 79 - 86. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v5i1.4024
Abstract viewed = 1 times
PDF downloaded = 1 times