MENINGKATKAN ENERGI ANAK NEGERI MELALUI PEMBELAJARAN INOVATIF DI SMKN 1 TELUK MENGKUDU
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat (PKM) merupakan bentuk komitmen institusi pendidikan untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan yang bermanfaat.SMK Negeri 1 Teluk Mengkudu memerlukan pendekatan pembelajaran inovatif untuk mengatasi tantangan siswa di era digital, seperti kurangnya motivasi akses informasi, serta meningkatkan pengalaman belajar relevan dan efektif. Tujuan PKM ini untuk memotivasi belajar siswa dengan menciptakan lingkungan yang inspiratif dan menarik.Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat dengan judul “Meningkatkan energi anak negeri melalui pembelajaran inovatif di SMK Negeri 1 Teluk Mengkudu” adalah metode edukatif. Metode edukatif dalam Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) adalah pendekatan yang digunakan untuk menyampaikan pengetahuan, keterampilan, atau sikap kepada masyarakat sasaran dengan cara yang efektif dan interaktif. PKM "Meningkatkan Energi Anak Negeri" di SMKN 1 Teluk Mengkudu sukses tingkatkan semangat belajar siswa melalui empat program utama: seminar pendidikan tentang teknologi, optimalisasi perpustakaan, pelatihan public speaking, dan pembelajaran interaktif dengan Wordwall. Hasilnya, motivasi dan prestasi siswa meningkat, menjadi landasan pengembangan lingkungan belajar yang inovatif dan inspiratif.Program PKM di SMKN 1 Teluk Mengkudu berhasil meningkatkan pengetahuan, motivasi belajar, dan keterampilan komunikasi siswa melalui seminar pendidikan, optimalisasi perpustakaan, pelatihan public speaking, dan pembelajaran interaktif Wordwall. Diharapkan, program ini menjadi fondasi bagi peningkatan kualitas pendidikan dan penciptaan generasi yang siap menghadapi tantangan masa depan di sekolah dan masyarakat.
Downloads
References
. (n.d.). KONSEP & PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN INOVATIF. eprints.umsida.ac.id.
. Dewi, F. M. (2018). Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Deepublish.
. E-ujian.id. (n.d.). Model Pembelajaran Inovatif: Pengertian dan Penerapannya. E-ujian.id.
. Kaharuddin, A. (2020). Pembelajaran Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 116-125.
. Mardikanto, T. (1993). Penyuluhan pembangunan pertanian. Sebelas Maret University Press.
. Mardikanto, T. (2014). Pemberdayaan masyarakat dalam perspektif kebijakan publik. Alfabeta.
. MySCH.id. (n.d.). Pembelajaran Inovatif adalah: Pengertian, Manfaat, Cara Melatih. MySCH.id. https://mysch.id/blog/detail/249/pembelajaran-inovatif-adalah
. Penerbit Deepublish. (n.d.). Metode Pembelajaran Inovatif, Jenis, Tahapannya. Penerbit Deepublish.
. Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385
. Suharto, E. (2005). Membangun masyarakat memberdayakan rakyat: Kajian strategis pembangunan kesejahteraan sosial & pekerjaan sosial.1 Refika Aditama.
. Sutarno, NS. (2006). Manajemen perpustakaan: suatu pendekatan praktik. Sagung Seto.
. Tim Penyusun. (2023). Model & Metode Pembelajaran Inovatif - (Teori dan Panduan Praktis). repository.uinsi.ac.id.
Copyright (c) 2025 Usman Sidabutar, Jesika Jelita Putri Br. Simarmata, Romasi Patresia Simamora, Sarah Monica Uli Siregar, Tika Yohana Sinaga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.