PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DIGITAL MENGGUNAKAN WORDWALL
Abstract
Dalam era digital saat ini, pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan menjadi suatu kebutuhan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Namun, di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Kuantan Sako, penerapan media pembelajaran interaktif berbasis digital masih terbatas karena kurangnya pemahaman dan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembuatan media pembelajaran interaktif menggunakan Wordwall. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah workshop berbasis praktik (hands-on training) dan pendampingan langsung (mentoring). Pelaksanaan pelatihan terdiri dari beberapa tahapan, yaitu sosialisasi dan pengenalan media pembelajaran digital, workshop pembuatan media pembelajaran interaktif, implementasi dan uji coba di kelas, serta evaluasi dan tindak lanjut. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan guru dalam menggunakan Wordwall, dengan persentase pemahaman yang meningkat dari 20% sebelum pelatihan menjadi 90% setelah pelatihan. Selain itu, implementasi media pembelajaran interaktif di kelas juga berdampak pada meningkatnya keterlibatan dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah pelatihan berbasis praktik dan pendampingan langsung terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi digital sebagai media pembelajaran. Keberlanjutan program ini diharapkan dapat mendukung inovasi pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Kuantan Sako serta memberikan dampak positif terhadap kualitas pendidikan di era digital.
Downloads
References
Aidah, N., & Nurafni, N. (2022). Analisis penggunaan aplikasi wordwall pada pembelajaran ipa kelas iv di sdn ciracas 05 pagi. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2).
Asiani, R. W., Syahputri, E. D., & Pradani, A. P. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Wordwall Sebagai Sarana Menciptakan Media Pembelajaran Interaktif. Lokomotif Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104-1113.
Haswan, F., & Al-Hafiz, N. W. (2017). Aplikasi game edukasi ilmu pengetahuan alam. Riau Journal of computer science, 3(1), 31-40.
Mualif, A., Haswan, F., & Nopriandi, H. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Game Interaktif Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Kuantan Sako. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 9(2), 499-510.
Nuraeni, F., Rahayu, P., Hasyim, B., Septiani, D., Khuluqiyah, D. A., & Nurinsani, D. A. (2023). Pengaplikasian Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(1), 60-68.
Prensky, M. R. (2010). Teaching digital natives: Partnering for real learning. Corwin press.
Saputri, I. R. E., Putri, S. E. R., Wulandari, R., Fajriani, S. F., & Hajron, K. H. (2023). Implementasi Game Pembelajaran Interaktif Wordwall. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 3(2), 101-112.
Triyani, R. (2023). Penggunaan Game Interaktif Berbasis Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. Intellectual Mathematics Education (IME), 1(1), 40-49.
Wahyuni, D., Fitrianingsih, N., & Fitriati, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Wordwall pada Mata Pelajaran TIK untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Inventor: Jurnal Inovasi Dan Tren Pendidikan Teknologi Informasi, 1(3), 31-36.
Harianja, Jasri, Elgamar, Al-Hafiz, N. W., Haswan, F., Nopriandi, H., Erlinda, Aprizal, Chairani, S., & M. Yusfahmi. (2024). OPTIMALISASI PELATIHAN E-COMMERCE PADA MATA KULIAH MANAJEMEN UNTUK MENDUKUNG KOMPETENSI MAHASISWA PRODI AGRIBISNIS: PKM. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 153 - 159. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v4i2.3946
Copyright (c) 2025 Febri Haswan, Ahmad Mualif, Helpi Nopriandi, Nofri Wandi Al-Hafiz, Aprizal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.