PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN LITERASI DIGITAL SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KENAKALAN REMAJA DI SMK SWASTA TAMANSISWA LUBUK PAKAM 1
Abstract
Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini berfokus pada pengembangan kreativitas dan literasi digital siswa SMK Swasta Tamansiswa Lubuk Pakam 1 sebagai langkah pencegahan kenakalan remaja. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan fenomena perilaku negatif seperti ketidaktertiban, keluar-masuk kelas tanpa izin, serta pelanggaran peraturan sekolah di kalangan siswa. Permasalahan ini berpotensi berkembang menjadi kenakalan remaja yang lebih serius jika tidak ditangani dengan pendekatan yang tepat. Dalam upaya mengatasi hal tersebut, program ini menggunakan metode edukatif dengan pendekatan pembelajaran interaktif dan praktis dengan pemanfaatan aplikasi Canva untuk mengembangkan keterampilan desain grafis. Kegiatan dilaksanakan dengan sasaran siswa kelas XII TKJ. Program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital, mengembangkan komunikasi dan kepercayaan diri, serta menumbuhkan kesadaran akan dampak negatif kenakalan remaja. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan tingkat literasi digital dari 32% menjadi 80% siswa yang mampu mengoperasikan Canva secara mandiri. Mayoritas siswa juga menunjukkan ketertarikan untuk mengembangkan keterampilan desain grafis digital lebih lanjut dan memahami potensinya sebagai alternatif aktivitas positif. Program ini berhasil meningkatkan keterampilan teknis siswa dalam desain grafis dan literasi digital, serta memperdalam pemahaman mereka tentang pencegahan kenakalan remaja . Melalui kegiatan ini, siswa diharapkan dapat mengalihkan energi mereka ke kegiatan produktif dan berkontribusi pada pengurangan kenakalan remaja di lingkungan sekolah.
Downloads
References
. Aziz, I. J. Suprayitno, A. A. Issabilillah, and U. M. Semarang, "Peningkatan Kreativitas Remaja Dengan Menggunakan Aplikasi Canva," Proficio: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 6, p. 1, 2025.
. I. Khairi, "Masyarakat Modern dan Kenakalan Remaja: Suatu Telaah Sosial," ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial, vol. 2, no. 1, Jun. 2020.
. W. Lestari, D. Azwina, and O. I. Khair, "Meningkatkan Kreativitas Remaja MelaluiMotivasi Dan Pelatihan Pada Remaja Komplek Pesona Pamulang Pondok Petir Depok,"Indonesian Journal of Society Engagement, vol. 4, no. 1, 2023.
. Yolanda and G. N. Pramudyo, "Literasi Digital sebagai Sarana Mencegah PerilakuCyberbullying pada Remaja Kota Tangerang di Media Sosial Instagram," ANUVA: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan dan Informasi, vol. 8, no. 1, pp. 161-172, 2024.
. F. Afrita and F. Yusri, "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kenakalan Remaja," Educativo: Jurnal Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 14–26, 2022.
. J. Andriyani, "Peran Lingkungan Keluarga Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja," JurnalAt-Taujih, vol. 3, no. 1, 2020.
. F. Rulmuzu, "Kenakalan Remaja Dan Penanganannya," Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, vol. 1, 2021
. L. Karlina, "Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja," Jurnal Edukasi Nonformal, 2020.Syamsudin, "Pendidikan Remaja untuk Menyongsong Masa Depan Bangsa," Jurnal Tarbawi Ngabar, vol. 1, no. 2, 2020.
. Y. C. Candrasari, D. Claretta, and Sumardjiajti, "Pengembangan Dan Pendampingan Literasi Digital Untuk Peningkatan Kualitas Remaja Dalam Menggunakan Internet,"Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 4, pp. 611–618, 2020.
. Harianja, Jasri, Elgamar, Al-Hafiz, N. W., Haswan, F., Nopriandi, H., Erlinda, Aprizal, Chairani, S., & M. Yusfahmi. (2024). OPTIMALISASI PELATIHAN E-COMMERCE PADA MATA KULIAH MANAJEMEN UNTUK MENDUKUNG KOMPETENSI MAHASISWA PRODI AGRIBISNIS: PKM. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 153 - 159. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v4i2.3946
Copyright (c) 2025 Carolina Pakpahan, Vilmin Artinia Zebua, Miranda Elisa Br Sembiring, Elfiani Tafonao, Kethrin Simamora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.