PEMBUATAN PLATFORM E-LEARNING GOOGLE SITES DALAM MENGOPTIMALKAN PROSES PEMBELAJARAN MATA KULIAH MANAJEMEN KONFLIK DI PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS CENDERAWASIH
Abstract
Perkembangan teknologi digital menuntut adanya transformasi dalam proses pembelajaran termasuk dalam mata kuliah Manajemen Konflik di Program Studi Manajemen Pendidikan, Universitas Cenderawasih. Observasi awal menunjukkan rendahnya literasi digital mahasiswa dalam mengakses dan memanfaatkan sumber belajar digital, seperti jurnal, artikel, dan video pembelajaran. Ketidakmampuan ini menghambat efektivitas pembelajaran dan membatasi ruang diskusi serta analisis kritis di kelas. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui pengembangan platform e-learning berbasis Google Sites. Metode yang digunakan mencakup analisis kebutuhan, survei keterampilan digital mahasiswa, perancangan konten dan struktur navigasi platform, sosialisasi, pelatihan, serta evaluasi implementasi. Hasil survei menunjukkan sebagian besar mahasiswa belum familiar dengan Google Sites dan membutuhkan panduan penggunaan. Setelah pelatihan dan pemanfaatan platform, mahasiswa menunjukkan peningkatan dalam literasi digital dan kemandirian belajar. Platform yang dikembangkan memuat berbagai konten interaktif seperti materi, tugas, video pembelajaran, dan permainan edukatif yang terintegrasi dengan Google Workspace. Kesimpulannya, penggunaan Google Sites sebagai media pembelajaran terbukti meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pembelajaran serta mendorong mahasiswa untuk lebih aktif dan mandiri. Pengembangan platform ini dapat menjadi model implementasi pembelajaran digital di lingkungan Program Studi Manajemen Pendidikan secara lebih luas.
Downloads
References
S. S. Hasnida, R. Adrian, and N. A. Siagian, “Tranformasi Pendidikan Di Era Digital,” J. Bintang Pendidik. Indones., vol. 2, no. 1, pp. 110–116, 2024.
U. Nazira and U. Zahra, “Pemanfaatan TIK sebagai Infrastruktur Pendidikan: Tantangan dan Peluang di Era Digital,” J. Informatics Busisnes, vol. 2, no. 3, pp. 480–486, 2024.
D. I. Lestari and H. Kurnia, “Implementasi model pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di era digital,” JPG J. Pendidik. Guru, vol. 4, no. 3, pp. 205–222, 2023.
I. W. Sutama, W. Astuti, and N. Anisa, “E-Modul Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Sebagai Sumber Belajar Digital,” J. Pendidik. Anak Usia Dini Undiksha, vol. 9, no. 3, pp. 449–456, 2021.
R. M. R. Muzakky, R. Mahmuudy, and A. R. Faristiana, “Transformasi Pesantren Menghadapi Era Revolusi Digital 4.0,” ALADALAH J. Polit. Sos. Huk. Dan Hum., vol. 1, no. 3, pp. 241–255, 2023.
K. A. Nalasari, N. K. Suarni, and I. M. C. Wibawa, “Pengembangan bahan ajar berbasis web google sites pada tema 9 subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia untuk siswa kelas IV sekolah dasar,” J. Teknol. Pembelajaran Indones., vol. 11, no. 2, pp. 135–146, 2021.
S. P. Kaliya and S. F. Putri, “Pengembangan Media Berbasis Google Sites Pada Materi Surat Pemberitahuan Pajak untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa,” in Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE), 2024.
S. Arianto Pasaribu, J. Nababan, A. Rozy, E. Tampubolon, and E. Faisal, “Implementasi Website E-Commerce Menggunakan Google Sites Untuk Meningkatkan Penjualan Nelayan Desa Bagan Deli,” J. Minfo Polgan, vol. 12, no. 1, pp. 1551–1556, 2023.
F. Bahari, D. A. K. Wardani, L. Pascaeka, N. A. P. Febrianti, and L. Nuraini, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Website Google Sites pada Materi Astronomi,” Edukasi J. Pendidik., vol. 21, no. 1, pp. 53–67, 2023, doi: 10.31571/edukasi.v21i1.5212.
A. M. Yahya, R. Noortyani, and H. Santanapurba, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites pada Mata Kuliah Semiotika di STKIP Paris Barantai: Development of Google Sites-Based Learning Media in Semiotics Course at STKIP Paris Barantai,” Anterior J., vol. 24, no. Special-1, pp. 16–21, 2025.
A. W. Wulandari, L. Hakim, and R. Sulistyowati, “Pengaruh multimedia interaktif berbasis google sites pada materi usaha dan energi untuk peningkatan hasil belajar siswa,” J. Lumin. Ris. Ilm. Pendidik. Fis., vol. 3, no. 2, pp. 83–88, 2022.
Anin Asnidar and J. Junaid, “Pengembangan Bahan Ajar Semantik Berbasis Multimedia dengan Google Sites,” J. Onoma Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, vol. 10, no. 3, pp. 3467–3474, 2024.
S. Allahawiah, H. Altarawneh, and N. Almajaly, “The Impact of Virtual Classrooms and Google Sites on Teaching Computer Skills Courses: Karak University College-Jordan,” Int. J. Emerg. Technol. Learn., vol. 18, no. 7, pp. 194–209, 2023.
M. Nurmanita, “Efektivitas Pembelajaran Pancasila Berbasis Google Sites Berbantuan Quizizz untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa,” Ideas J. Pendidikan, Sos. dan Budaya, vol. 8, no. 1, p. 137, 2022.
Copyright (c) 2025 Maghfira Maulani Patappa, Helena Purnama Sari, Widyaskara Mangando, Sahrul Akbar, Muh. Riswan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.