PENGUATAN KEMAMPUAN SITASI MELALUI PELATIHAN MENDELEY BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI
Abstract
Pemahaman terhadap manajemen referensi dan teknik sitasi yang benar masih menjadi tantangan bagi mahasiswa dalam menyusun karya ilmiah, terutama karena kurangnya pemahaman terhadap penggunaan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley. Berangkat dari permasalahan tersebut, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa dalam mengelola referensi secara sistematis dan melakukan sitasi sesuai kaidah akademik. Metode pengabdian yang digunakan adalah pelatihan berbasis praktik, yang dilaksanakan dalam dua tahapan, yaitu pengenalan aplikasi Mendeley dan simulasi penggunaan Mendeley sekaligus penerapan sitasi pada artikel ilmiah. Kegiatan ini dilakukan secara interaktif agar mahasiswa dapat secara langsung mempraktikkan penggunaan fitur-fitur utama dalam Mendeley. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa mahasiswa memperoleh pemahaman yang lebih baik dalam penggunaan aplikasi tersebut dan mampu menerapkannya dengan benar dalam penyusunan karya ilmiah. Dapat disimpulkan bahwa pelatihan ini memberikan dampak positif dalam mendukung keterampilan akademik mahasiswa, khususnya dalam pengelolaan referensi dan sitasi.
Kata kunci: Karya ilmiah, Mendeley, Sitasi, Referensi
Downloads
References
. Chang, A. (2012). UTAUT and UTAUT 2: A review and agenda for future research. Journal the WINNERS, 13(2), 10-114.
. Costas, R., Zahedi, Z., & Wouters, P. (2015). Do “altmetrics” correlate with citations? Extensive comparison of altmetric indicators with citations from a multidisciplinary perspective. Journal of the association for information science and technology, 66(10), 2003-2019.
. Dacholfany, M. I., Sudyana, I. N., Roza, N., Bakri, A. A., Litamahuputty, J. V., & Al Haddar, G. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Secara Online Untuk Penyusunan Daftar Pustaka Karya Ilmiah. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3784-3790.
. Hudriati, A., Rusdiah, R., Patak, A. A., & Basri, M. (2018). Assessing Indonesian University Students’ Preferences on Mendeley Reference Manager for Scientific Writing. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 8(5), 2211.
. Iskandar, I., & Patak, A. A. (2019). The significance of Mendeley usage on the accuracy of citation and references. International Journal of Humanities and Innovation (IJHI), 2(4), 108–114.
. Isma, A., Ryketeng, M., & Hasdiansa, I. W. (2022). Pelatihan Aplikasi Mendeley untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa. MALAQBIQ, 1(2), 1-9.
. Kratochvíl, J. (2017). Comparison of the Accuracy of Bibliographical References Generated for Medical Citation Styles by EndNote, Mendeley, RefWorks and Zotero. Journal of Academic Librarianship, 43(1), 57–66.
. Pennycook, G., & Rand, D. G. (2019). Lazy but not biased: Susceptibility to partisan fake news is better explained by lack of reasoning than by motivated reasoning. Cognition, 1 188, 39-50.
. Pramiastuti, O., Rejeki, D. S., & Pratiwi, A. (2020). Pengenalan dan pelatihan sitasi karya ilmiah menggunakan aplikasi Mendeley. JABI: Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, 1(1), 24-30.
. Wahyuningsih, B. Y., Sugianto, R., & Wardiningsih, R. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Secara Online Bagi Mahasiswa Untuk Penyusunan Daftar Pustaka Karya Ilmiah. Pandawa, 3(1), 21-33.
. Zamidi, I., Jamia’aton Soffiah, H., & Muhammad Kasim, B. (2013). Masalah Penulisan Tinjauan Literatur: Satu Kajian ke Atas Pelajar Semester 7 di Sebuah IPG Kampus. In Seminar Penyelidikan Zon Selatan.
Copyright (c) 2025 Poppy Haryani, Martina Ayu Sejati, Erry Ersani, Tugma Jaya Manalu, Andrinata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.