PARKIR CERDAS SURABAYA: TRANSFORMASI LITERASI DIGITAL BAGI JURU PARKIR MENUJU PENGAWASAN PENDAPATAN YANG TRANSPARAN
Abstract
Hingga saat ini pengawasan pendapatan parkir di Kota Surabaya sebagian besar dilakukan secara manual menggunakan catatan juru parkir dan laporan berkala dari pengelola parkir. Ini menyebabkan banyak masalah seperti data yang tidak sesuai, pelaporan yang terlalu lama, bukti transaksi yang terbatas, dan ketidak jelasan tentang pendapatan. Kondisi tersebut dapat menyebabkan hilangnya pendapatan dan laporan yang tidak akurat, yang berdampak pada upaya untuk optimalisasi PAD. Tujuan dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan juru parkir dan pengelola parkir tentang teknologi digital dengan memberikan instruksi dan membantu mereka menggunakan sistem pencatatan pendapatan yang berbasis digital. Selama magang, metode pelaksanaan dilakukan dengan pendekatan partisipatif. Mereka melihat proses kerja di lapangan, menemukan masalah pengawasan manual, mengajarkan teknik digitalisasi parkir, membantu menggunakan formulir dan aplikasi pencatatan digital, dan menguji sistem pencatatan pendapatan yang sederhana. Seluruh kegiatan melibatkan juru parkir dan pengelola parkir secara langsung dalam proses pengumpulan data, dokumentasi transaksi, dan pelaporan harian digital. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta lebih memahami dan mahir menggunakan alat digital, pencatatan pendapatan menjadi lebih akurat, dan pelaporan menjadi lebih transparan. Dengan mendukung modernisasi pengawasan pendapatan parkir menuju sistem yang lebih efisien, terukur, dan akuntabel, program ini merupakan langkah awal menuju transformasi digital pengelolaan parkir Kota Surabaya.
Downloads
References
Ardya Brahmantyo Setiawan. (2022). Optimalisasi Penerimaan Retribusi Parkir Melalui QRIS Di Kota Medan. Jurnal Penermaan Retribusi Pajak Parkir, 3(2), 1–14.
Cahya Vikasari. (2019). Sistem Retribusi Parkir Sebagai Pengawasan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Cilacap. Jurnal Naisional Teknologi Dan Sistem Informasi, 01(3), 1–8.
Mukhsinu, N. L. (2023). Analisis Digitalisasi Transaksi Pendapatan Asli Daerah . ( PAD ) dalam Meningkatkan Pendapatan Daerah dengan Pendekatan Fishbone Diagram Analysis. Jurnal Krisakti, 1(1).
Safitri, L. A., Avisena, M. A., Tribuana, A. A., Ramadhani, A., W, M. N., & Tukiman. (2024). Implementasi Kebijakan Pembayaran Parkir Via QRIS ( Quick Response Code Indonesian Standard ) Oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya Dalam Rangka Memberikan Kemudahan Bagi Masyarakat di Kota Surabaya. Junral Penelitian Ilmu Sosial, 4(1), 13840–13854.
Tasurruni, L. A., Munawaroh, S., Putri, R. A., Kulsum, U., & Alie, R. M. M. (2025). Optimalisasi Retribusi Parkir Oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Malang Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kepanjen Universitas Islam Raden Rahmat Malang , Indonesia. Jurnal Manajemen Kreatif, 3(2), 127–138.
Taufiqurrohman, Stefanus Digita Ardhiansyah, Karina Laila, Rizki, R. G. (2024). Pengabdian Ekonomi Multidisiplin Teknologi Pendidikan Untuk Masyarakat. Jurnal Pengabdian Ekonomi Multidisiplin Teknologi Pendidikan Untuk Masyarakaat, 5(1), 97–108.
Copyright (c) 2025 Muhammad Faizal Maulana, Cholid Fadil

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.








