IMPLEMENTASI SENAM KEBUGARAN JASMANI UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK KASAR SISWA MIS TARBIYAH ISLAMIYAH AL-MUSTHAFAWIYAH

  • Nadia Salsabila Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Mutiara Putri Nabila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Zahra Mutiara Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Suyono Suyono Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
Keywords: Kebugaran Jasmani, Motorik Kasar, Senam

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan senam kebugaran jasmani di tingkat sekolah dasar, dengan fokus pada aspek frekuensi pelaksanaan, durasi latihan, metode pembelajaran yang digunakan, serta pengaruhnya terhadap perkembangan motorik kasar siswa. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif, menggunakan teknik observasi langsung saat pelaksanaan senam, wawancara dengan peserta didik, serta dokumentasi kegiatan sebagai sumber data. Subjek dalam penelitian ini adalah 18 siswa kelas 4 di MIS Tarbiyah Islamiyah Al-Musthafawiyah. Temuan menunjukkan bahwa senam kebugaran dilaksanakan satu kali setiap minggu dengan durasi sekitar 20 menit. Pengajaran dilakukan dengan pendekatan yang komunikatif dan kreatif, yang terbukti mampu meningkatkan semangat dan keterlibatan siswa dalam kegiatan. Meskipun demikian, keterbatasan dalam hal frekuensi dan waktu pelaksanaan dinilai kurang optimal dalam menstimulasi perkembangan motorik kasar secara maksimal. Beberapa hambatan yang ditemukan antara lain adalah waktu pelajaran yang terbatas serta kurangnya variasi dalam gerakan senam yang diajarkan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa peningkatan frekuensi latihan, penggunaan metode pengajaran yang lebih inovatif, serta penciptaan lingkungan belajar yang mendukung sangat diperlukan agar kegiatan senam dapat berkontribusi lebih besar dalam pengembangan keterampilan motorik kasar siswa serta menumbuhkan semangat mereka dalam aktivitas fisik

Downloads

Download data is not yet available.

References

. A. Ashilah, D. A. Putri, F. D. S. Harahap, F. H. Br, L. Gaol, K. Z. Zabiela, M. I. B. Barus, and S. A. Br, Mengatasi Kecanduan Gadget pada Siswa Sekolah Dasar, vol. 3, no. 2, pp. 963–970, 2024.

. Q. Atqiya, Pelaksanaan Kegiatan Senam dalam Menstimulasi, vol. 9916, pp. 11–20, n.d.

. Budiman, Jurnal Aksara Raga, vol. 4, pp. 67–71, 2022. [Online]. Available: https://aksaraga.stkippasundan.ac.id

. O. Candra, N. W. Pranoto, R. Ropitasari, D. Cahyono, E. Sukmawati, and A. CS, “Peran Pendidikan Jasmani dalam Pengembangan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 7, no. 2, pp. 2538–2546, 2023. [Online]. Available: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4506

. P. S. Mustafa and N. K. Masgumelar, “Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan dalam Pendidikan Jasmani,” Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, vol. 8, no. 1, pp. 31–49, 2022. [Online]. Available: https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1093

. M. B. Nababan, Implementasi Model Pembelajaran Self Directed Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Senam Irama pada Siswa, Pembelaiaran, p. 39, 2024.

. N. A. Nopihartati, M. Neherta, I. M. Sari, and P. Adab, Masalah Status Gizi Lebih pada Anak Usia Sekolah Dasar Akibat Pandemi Covid-19, Penerbit Adab, 2023.

. S. Nurkholishoh and U. Da’warul Choiro, “Peran Permainan Tradisional Bakiak Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 3–4 Tahun,” Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, vol. 2, no. 1, pp. 142–152, 2022. [Online]. Available: https://doi.org/10.32665/abata.v2i1.340

. D. C. Puspitaningrum, “Analisis Tantangan dan Peluang Pendidikan Jasmani Dalam Implementasi Kurikulum Sekolah Dasar: Systematic Literature Review,” pp. 631–644, 2024.

. C. W. Putri and A. Almeida, “Penerapan Strategi Latihan Fisik Terstruktur untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Kelas X SMA Swasta di Tapanuli Selatan,” PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 1, pp. 89–103, 2024.

. C. Rismayanthi, “Mengembangkan keterampilan gerak dasar sebagai stimulasi motorik bagi anak taman kanak-kanak melalui aktivitas jasmani,” Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, vol. 9, no. 1, 2013.

. A. Suherman, Kurikulum Pembelajaran Penjas. Sumedang: UPI Sumedang Press, 2018.

. M. S. Tedjasaputra, Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: Grasindo, 2001.

. M. Zuhaery, D. Hidayati, and M. Hidayat, “Penerapan Ice Breaking dalam Proses Pembelajaran sebagai Pengalaman Belajar yang Menyenangkan,” Academy of Education Journal, vol. 15, no. 2, pp. 1412–1417, 2024.

Published
2025-06-24
How to Cite
Salsabila Putri, N., Putri Nabila, M., Mutiara, Z., & Suyono, S. (2025). IMPLEMENTASI SENAM KEBUGARAN JASMANI UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK KASAR SISWA MIS TARBIYAH ISLAMIYAH AL-MUSTHAFAWIYAH. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 325 - 331. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v5i1.4418
Abstract viewed = 1 times
PDF downloaded = 1 times