PENINGKATAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG DAN POLA HIDUP SEHAT BAGI SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM EDUKASI INTERAKTIF DI SDIT SWASTA AL-MUNAYA
PKM
Abstract
Permasalahan gizi dan pola hidup tidak sehat masih menjadi tantangan signifikan pada anak usia sekolah dasar di Indonesia. Minimnya pemahaman siswa mengenai pentingnya sarapan, konsumsi makanan bergizi, serta perilaku hidup bersih mendorong perlunya intervensi edukatif di lingkungan sekolah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai gizi seimbang dan pola hidup sehat melalui pendekatan edukasi interaktif. Metode yang digunakan adalah pre-post test one group design terhadap 30 siswa kelas V SDIT Swasta Al-Munaya, Kabupaten Deli Serdang. Intervensi dilakukan dalam bentuk penyuluhan dengan media video animasi, poster kesehatan, praktik cuci tangan, dan kuis interaktif. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata pengetahuan siswa dari 54 menjadi 82 poin, dengan 87% siswa mengalami peningkatan pemahaman. Program ini terbukti efektif dalam menumbuhkan kesadaran serta membentuk kebiasaan hidup sehat yang berkelanjutan. Diharapkan kegiatan serupa dapat diintegrasikan dalam kurikulum sekolah secara rutin sebagai upaya preventif dalam membangun generasi sehat sejak dini
Downloads
References
Hidayat, R., & Sari, D. (2023). Hubungan antara pola makan dengan status gizi siswa sekolah dasar di Kota Padang. Jurnal Gizi dan Kesehatan Masyarakat , 12(1), 45–53.
Lestari, S., Ramadhan, D. P., & Fauziah, N. (2021). Perilaku konsumsi makanan cepat saji dan risikonya terhadap kesehatan anak usia sekolah. Jurnal Ilmu Kesehatan , 9(2), 102 110.
Nugroho, R. A., & Arfiani, L. M. (2020). Efektivitas metode penyuluhan dengan media poster dan simulasi terhadap peningkatan pengetahuan gizi anak sekolah. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia , 15(2), 89–95.
Putri, M. E., & Wibowo, Y. (2022). Gaya hidup sehat dan pengaruhnya terhadap status gizi anak usia sekolah dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nusantara , 10(3), 130–138.
Hamdani, A. R., & Fitria, Y. (2023). Penerapan model pre-post test dalam pengabdian masyarakat bidang kesehatan anak. Jurnal Abdimas Kesmas, 5(1), 55–62.
Kusumawati, R., & Prasetya, I. (2020). Pengaruh media visual terhadap pengetahuan dan perilaku siswa sekolah dasar tentang PHBS. Jurnal Promkes, 8(1), 45–51.
Rahmawati, S., & Lestari, R. (2021). Penerapan model partisipatif dalam pengabdian berbasis komunitas di sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 3(2), 90– 98.
Susanti, I., Wardhani, N., & Hartati, S. (2022). Efektivitas pendekatan pre-post test dalam program edukasi gizi sekolah dasar. Jurnal Gizi Komunitas, 11(2), 112–119.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta: Direktorat Gizi Masyarakat.
Rachmawati, R., & Susanto, D. (2022). Kontekstualisasi pembelajaran kesehatan untuk siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 34–41.
Septiani, A., Najmi, N., & Oktavia, D. (2021). Pengaruh media video terhadap pemahaman gizi anak sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Gizi, 8(2), 55–63.
Wahyuni, I. (2019). Identifikasi faktor penyebab menggunakan fishbone diagram dalam penentuan prioritas masalah kesehatan. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 60–68
Astuti, S. L. D., & Surasmi, A. (2016). Pengaruh penyuluhan kesehatan tentang menyusui dengan metode demonstrasi terhadap kemampuan ibu menyusui di Rumah Bersalin Wilayah Banjarsari Surakarta. Interest: Jurnal Ilmu Kesehatan, 5(2).
Riskesdas. (2018). Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI.
WHO. (2020). Water, Sanitation and Hygiene (WASH) in Schools. World Health Organization. https://www.who.int/water_sanitation_health/publications/wash-in-schools/en/
N. Pohan, P. A. Widya Purnama, and H. Kurnia AR, “Pengenalan Aplikasi Teknologi Komputer untuk Edukasi Islami bagi Anak-anak TPQ Nurul Huda Gunung Pangilun, Kota Padang”, MB, vol. 1, no. 3, pp. 99–109, Sep. 2025, Accessed: Oct. 07, 2025. [Online]. Available: https://yasiinpublisher.org/index.php/mandalabakti/article/view/56
Copyright (c) 2025 Al Kafi Mumtazah Nadhiroh, Afni Febrianti, Juwita Nisa Ultami, Muhammad Arif Ikhsan, Rapotan Hasibuan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.