PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI STRATEGI BRANDING DAN PELATIHAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DI ERA DIGITAL (STUDI KASUS DI KELURAHAN PENJARINGAN SARI SURABAYA)
Abstract
UMKM memiliki peran strategis dalam memperkuat ekonomi lokal dan menciptakan lapangan kerja. Namun, rendahnya pemanfaatan teknologi digital dan minimnya pemahaman tentang strategi branding masih menjadi tantangan utama. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Kelurahan Penjaringan Sari, Surabaya tepatnya pada RW 03 untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM melalui penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan dalam digital marketing dan rebranding produk. Metode pelaksanaan dirancang berdasarkan keluhan langsung dari para pelaku usaha, sehingga kegiatan yang dilakukan benar - benar menjawab kebutuhan pelaku UMKM. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan pelaku UMKM dalam membuat konten promosi, mengelola media sosial, serta memahami pentingnya identitas merek dalam pemasaran digital. Program ini membuktikan bahwa kolaborasi antara akademisi dan masyarakat dapat mempercepat adaptasi UMKM terhadap era digital. Dengan memahami karakter dan kebutuhan di tiap wilayah, program ini dapat direplikasi sebagai upaya memperkuat daya saing UMKM dan mendorong ekonomi yang stabil serta berkelanjutan.
Downloads
References
Firdaus, H. A., Alifiyah, H. N., & Febrianita, R. (2024). Peran Pengabdian Masyarakat dalam Mendukung UMKM dan Pembuatan NIB di Desa Gondek. Media Pengabdian Kepada Masyarakat (MPKM), 3(1), 300-305.
Galih, Helmiyati, D.I., Aulia, D.M., Damayanti, E., Maharani, K., Wahyudi, M.H., Yahya., M., & Suryan, S.A. (2024). Pelatihan dan Penyuluhan Pendampingan Legalitas Sertifikasi Produk Halal bagi Pelaku UMKM Desa Patrolsari Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 198-204.
Ismail, K., Rohmah, M., & Putri, D. A. P. (2023). Peranan UMKM dalam Penguatan Ekonomi Indonesia. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 7(2), 208-217.
Octaviani, C. C., Pradanti, A. P., Salsabila, M. T., Cahyaningrum, Z. R., Febrianto, R., & Febrianita, R. (2024). Sosialisasi Digital Marketing dan Branding Produk sebagai Pemberdayaan UMKM Era Digital di Desa Gondek. Media Pengabdian Kepada Masyarakat (MPKM), 3(1).
Syafitri, A. D. A., Nusantara, E. A. P., Febriyanto, M., Zamardha, M. H. R., & Wahyudi, K. E. (2024). Digitalisasi UMKM Sebagai Upaya Memperluas Pasar Melalui Branding Produk di Desa Jatisari. ARSY: Jurnal Aplikasi Riset kepada Masyarakat, 5(2), 110-118.
Sudaraso, M. P. K., Angelique Lady Yulietta, Angie Arni Giovani Sianturi, & Roziana Febrianita. (2023). Pendampingan Rebranding untuk Meningkatkan Nilai Jual pada UMKM Nyemil Yuk Kelurahan Nginden Jangkungan. Journal of Community Service (JCOS), 1(3), 275–281. https://doi.org/10.56855/jcos.v1i3.607
Copyright (c) 2025 Lilian Novelita Prissilia, Safania Haudiyah Rachmat, Rika Amalia Nayoan, Audrey Cinta Amelia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.








