WORKSHOP PEMANFAATAN AI UNTUK PENGEMBANGAN E-LKPD PADA PEMBELAJARAN DEEP LEARNING DI SMAN 1 PADANG SAGO
PKM
Abstract
Kemajuan Artificial Intelligence (AI) dalam dunia pendidikan membuka peluang besar bagi guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang lebih inovatif, seperti Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) yang interaktif, adaptif, dan personal. Namun, pemanfaatan AI masih menghadapi kendala berupa keterbatasan pemahaman, minimnya pelatihan, serta dukungan infrastruktur yang belum optimal. Workshop pemanfaatan AI di SMAN 1 Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman, diselenggarakan sebagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kesiapan guru dalam mengintegrasikan AI ke dalam pengembangan bahan ajar berbasis deep learning. Kegiatan ini dilaksanakan melalui empat tahapan, yaitu persiapan, pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis AI, penyusunan modul ajar deep learning, serta pengembangan e-LKPD interaktif menggunakan Liveworksheet. Guru dibekali pemahaman etika penggunaan AI serta pemanfaatan platform seperti ChatGPT, Microsoft Word, dan Gamma.ai. Evaluasi pre-test dan post-test menunjukkan persepsi guru terhadap AI cenderung positif, meskipun terdapat penurunan pada kategori “sangat setuju” akibat kesadaran terhadap kompleksitas teknis, khususnya pada guru senior. Luaran kegiatan menunjukkan peningkatan keterampilan guru dalam merancang perangkat pembelajaran berbasis AI serta menghasilkan bahan ajar digital yang lebih interaktif, sekaligus mendukung penguatan ekosistem pembelajaran berbasis teknologi dan pencapaian IKU perguruan tinggi.
Downloads
References
U. Ulfah, “Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi,” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 5, no. 1, pp. 153–161, 2022.
O. Zawacki-Richter, V. I. Marín, M. Bond, and F. Gouverneur, “Systematic review of research on artificial intelligence applications in higher education – where are the educators?,” International Journal of Educational Technology in Higher Education, vol. 16, no. 1, p. 39, Dec. 2019, doi: 10.1186/s41239-019-0171-0.
S. Sabariah, R. Rufi’i, R. D. Rusmawati, A. Bandono, and A. Kurniawan, “Pemanfaatan Ai Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran,” RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, vol. 8, no. 2, p. 337, 2024, doi: 10.35906/resona.v8i2.2288.
M. Nasir, M. Hasan, A. Adlim, and M. Syukri, “Utilizing Artificial Intelligence in Education To Enhance Teaching Effectiveness,” Proceedings of International Conference on Education, vol. 2, no. 1, pp. 280–285, 2024, doi: 10.32672/pice.v2i1.1367.
Hermanto, Irwan Adhi Prasetya, Muhammad Faqih Dzulqarnain, Wandi Sujatmiko, and Mira Wulandari, “Artificial Intelligince (Ai) Pemanfaatan Artificial Intelligince (Ai) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Lingkungan Sekolah Berbasis Digital,” Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, no. 3, pp. 574–582, 2024, doi: 10.32493/abdilaksana.v5i3.43445.
F. Muslimin, S. D. Safrianti, and A. F. Zamzam, “Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) ChatGPT untuk MeningkatkanEfektivitas Pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri (MAN),” Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, vol. 4, no. 3, pp. 337–347, 2025, doi: 10.59025/8jwzze84.
A. Mehdaoui, “Unveiling Barriers and Challenges of AI Technology Integration in Education: Assessing Teachers’ Perceptions, Readiness and Anticipated Resistance,” Futurity Education, vol. 4, no. 4, pp. 95–108, 2024, doi: 10.57125/fed.2024.12.25.06.
M. Zhou and S. Peng, “The Usage of AI in Teaching and Students’ Creativity: The Mediating Role of Learning Engagement and the Moderating Role of AI Literacy,” Behavioral Sciences, vol. 15, no. 5, 2025, doi: 10.3390/bs15050587.
A. Nahar, M. Muhaimin, and ..., “An Analytical Study of AI Integration Readiness Among Primary School Teachers in Jepara,” Jurnal Gentala …, vol. 10, no. 2, pp. 309–323, 2025, [Online]. Available: https://online-journal.unja.ac.id/gentala/article/view/44245%0Ahttps://online-journal.unja.ac.id/gentala/article/download/44245/21553
S. Yulihartati and J. Veri, “Adaptasi Guru terhadap Revolusi Teknologi Pendidikan: Analisis Systematic Literature Review (SLR) tentang Kompetensi Digital di Era 5.0,” Jurnal Sains dan Teknologi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknologi Industri, vol. 25, no. 1, pp. 160–166, 2025, doi: 10.36275/7txpjz24.
J. Karya and I. Pendidikan, “Strategi Adaptasi Guru Senior dalam Mengintegrasikan Teknologi Digital ke dalam Proses Pembelajaran di Kabupaten Bandung Barat,” vol. 3, no. 2, pp. 2–5, 2025.
Copyright (c) 2025 Faizah Qurrata Aini, Fitri Amelia, Dwi Finna Syolendra, Nofri Yuhelman, Fauzana Gazali, Minda Azhar, Fajriah Azra, Yerimadesi, Andromeda, Miftahul Khair, Zonalia Fitriza, Suryelita, Viona Maharani, Achie Keylla, Munifa Mahdiah, Melati Wahyuni, Rifka Andani, Ayu Wulandari, Ulfa Autafia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.








