SOSIALISASI ORANG TUA TENTANG BAHAYA GADGET BAGI ANAK-ANAK
Abstract
Penggunaan gawai yang berlebihan pada anak-anak kini menjadi perhatian serius karena dapat memengaruhi perkembangan fisik, kognitif, dan sosial mereka. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran orang tua dan pengasuh mengenai risiko penggunaan gawai yang tidak terkontrol, sekaligus mendorong terciptanya kebiasaan digital yang lebih sehat dalam lingkungan keluarga. Program ini menggunakan pendekatan partisipatif melalui edukasi langsung, diskusi kelompok, serta pemanfaatan media interaktif seperti poster informatif dan video edukatif singkat agar materi lebih mudah dipahami oleh peserta. Kegiatan dilaksanakan di lingkungan masyarakat setempat dan melibatkan orang tua, guru, serta tokoh masyarakat yang memiliki peran penting dalam pengawasan anak. Selama pelaksanaan, peserta diberikan pemahaman mengenai dampak jangka panjang penggunaan gawai berlebihan, termasuk gangguan tidur, penurunan konsentrasi, dan rendahnya interaksi sosial anak. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan yang signifikan, di mana 85% peserta menyadari bahaya paparan gawai berlebihan, sementara 90% lainnya menyatakan kesediaan untuk meningkatkan kontrol terhadap penggunaan gawai di rumah. Melalui evaluasi pra-tes dan pasca-tes, terlihat peningkatan skor pengetahuan peserta sebesar 40%. Program ini diharapkan mampu menjadi upaya preventif dalam mengurangi risiko kecanduan digital pada anak usia dini
Downloads
References
. American Academy of Pediatrics. (2016). Media and young minds. Pediatrics, 138(5), e20162591. https://doi.org/10.1542/peds.2016-2591
. Andriyani, A., & Nurhayati, S. (2021). Pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan bahasa anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1423–1430. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.873
. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2020). Panduan literasi digital untuk anak dan remaja. https://www.literasidigital.id
. Kristiana, I. F. (2019). Efek negatif penggunaan gadget terhadap anak usia dini dan solusi pencegahannya. Jurnal Golden Age, 3(2), 42–49. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i2.1615
. Oxford University Press. (2018). Digital technology and the brain development of children: Implications for education. In Oxford Bibliographies. https://www.oxfordbibliographies.com
. Setyaningsih, R., & Pramudyo, H. (2020). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 701–710. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.444
. Sugiyanto, A. (2022). Pengaruh paparan gadget terhadap perilaku anak usia 5–10 tahun. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 12(1), 35–44.
. Suharni, N., & Anjani, R. (2021). Hubungan durasi penggunaan gadget dengan kualitas tidur anak usia sekolah. Jurnal Keperawatan Komunitas, 6(1), 15–22.
. Taufik, M. (2021). Peran orang tua dalam mengontrol penggunaan gadget pada anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(4), 25–32.
. World Health Organization. (2019). Guidelines on physical activity, sedentary behaviour and sleep for children under 5 years of age. https://www.who.int/publications/i/item/9789241550536
. Yuliani, A. E., & Putri, D. R. (2020). Literasi digital dalam keluarga: Upaya preventif terhadap dampak negatif teknologi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 55–63.
. Zamani, B. E., Chashmi, M., & Hedayati, N. (2009). Effect of addiction to computer games on physical and mental health of female and male students of guidance school in city of Isfahan. Addict & Health Journal, 1(2), 98–104. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3905489/
. Febri Haswan, Nofri Wandi Al-Hafiz, A. Mualif, Afrinald Rizhan, Yudio Prastio, and Paris Paizal, “Pelatihan Optimalisasi Layanan Berbasis Teknologi: Aplikasi Antrian PTSP dan Sidang di Pengadilan Agama Teluk Kuantan”, MB, vol. 1, no. 3, pp. 119–125, Sep. 2025, Accessed: Oct. 07, 2025. [Online]. Available: https://yasiinpublisher.org/index.php/mandalabakti/article/view/57
Copyright (c) 2025 Andrawana Putra, Trimono Trimono, Icha Rohmatul Jannah, Aliya Dasa Pramesthi , Wardah Ariij Adibah , Ade Irma Agustian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.








