JEMPUT BOLA: PENDAMPINGAN DIGITALISASI RUMAH TE’NANA GUNA KEBERLANJUTAN UMKM DI KELURAHAN KARAH, KECAMATAN JAMBANGAN, SURABAYA
Abstract
UMKM berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional, namun masih menghadapi berbagai kendala seperti keterbatasan akses teknologi, rendahnya literasi digital, dan minimnya pemahaman promosi visual. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan mendampingi UMKM “Rumah Te'Nana” di Kelurahan Karah, Surabaya, sebagai bagian dari realisasi tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), khususnya pada sektor pemberdayaan ekonomi lokal. Melalui pendekatan program bertajuk “Jemput Bola”, mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur dari Kelompok KKN 128 melakukan pendampingan secara hybrid, yang mencakup identifikasi permasalahan, analisis kebutuhan, serta implementasi solusi berbasis teknologi. Beberapa intervensi yang dilakukan antara lain aktivasi layanan GoFood terintegrasi dengan Google Maps untuk mengatasi kendala distribusi, penyusunan dokumentasi visual produk dan sistem pembayaran digital guna meningkatkan profesionalisme usaha, rebranding identitas visual melalui desain ulang logo dan media promosi, pelatihan dasar desain menggunakan Canva Premium selama satu tahun, serta pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam penyusunan konten promosi. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam literasi digital, kepercayaan diri pelaku usaha, serta daya tarik produk di mata konsumen. Selain itu, metode pendampingan hybrid terbukti efektif menjaga kesinambungan komunikasi antara tim KKN dan pemilik UMKM. Kesimpulannya, program “Jemput Bola” berhasil menciptakan dampak nyata dalam peningkatan kapabilitas UMKM lokal serta menunjukkan potensi kolaborasi akademisi dan masyarakat dalam mendorong transformasi digital dan kemandirian usaha mikro.
Downloads
References
I. Novianto, H. Rizqiawan, A. Iswoyo, and Y. Fauzuddin, “PPM Usaha Mikro Makanan Ringan Kelurahan Karah Kota Surabaya,” Pros. PKM-CSR, vol. 2, no. 1, pp. 1028–1033, 2021.
Ismawati, S. Muchlis, and R. Jannah, “PENGARUH PERSEPSI PELAKU UMKM, TINGKAT PENDIDIKAN DAN SOSIALISASI SAK EMKM TERHADAP PENERAPAN SAK EMKM,” Income J. Accounting, Manag. Econ. Res., vol. 2, no. 1, pp. 60–70, 2023.
I. M. Hasibuan, R. Erianto, and S. U. Medan, “CONTRIBUTION OF THE MICRO, SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES (UMKM) SECTOR TO THE INDONESIAN ECONOMY,” Proceeding Int. Semin. Islam. Stud., vol. 5, no. 1, pp. 580–588, 2024.
S. Purnomo, Nurmalitasari, and Nurchim, “Digital transformation of MSMEs in Indonesia: A systematic literature review,” J. Manag. Digit. Bus., vol. 4, no. 2, pp. 301–312, 2024.
A. C. Putra, “PENGARUH PERTUMBUHAN PDRB USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI SURABAYA,” J. Lemhannas RI, vol. 10, no. 2, 2021.
A. Setiawan and T. Sudrartono, “Digitalization Of MSME Marketing Strategies To Increase Sales Of Blewup Brand Bag Products In E-Commerce,” Manag. Stud. Entrep. J., vol. 5, no. 2, pp. 3242–3248, 2024.
Mahirun, A. P. Ayuningrum, T. R. Prasetiani, and A. Jannati, “PKM : Optimalisasi Pengelolaan UMKM Untuk Meningkatkan Penjualan,” J. Pengabdi. Masy. Bangsa, vol. 2, no. 3, pp. 628–635, 2023.
D. Syarif, Helfenta, D. Hidayat, and E. Yunita, “Inovasi & digitalisasi umkm menuju masyarakat mandiridi desa tebing tinggi tapan,” RANGGUK J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 03, no. 01, pp. 1–7, 2023.
F. Latief, Dirwan, and F. Rizal, “The Evolution of Consumer Behavior in the Digital Era and Its Implications for Marketing Strategies Fitriani,” PROCEEDING Res. Civ. Soc. DESEMINATION, vol. 2, no. 1, pp. 304–316, 2022.
S. Panjaitan and D. M. B. Lubis, “Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) di Era Digital,” Madani J. Ilm. Multidisiplin, vol. 1, no. 12, pp. 390–394, 2024.
S. A. Sitorus, T. M. M. Liana, and A. N. Simanjuntak, “Optimalisasi Komunikasi dan Branding Untuk UMKM : Upaya Go Digital Melalui Pengabdian Masyarakat,” J. Med. Med., vol. 4, no. 3, pp. 379–387, 2025.
I. Rosidah, M. Ma’ruf, and M. Machfud, “PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN SERTA UPAYA PENINGKATAN FASILITAS PENDIDIKAN DI DESA KRATON PADA MASA PANDEMI COVID-19,” AL Khidm. J. Ilm. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, 2020.
R. I. Maulana et al., “PEMBERDAYAAN LEGALITAS PRODUK LOKAL USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH MELALUI PROGRAM HIBAH MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DI DESA PUNTUKREJO,” Pros. Semin. Nas. Pengabdi. Kpd. Masy. 2022, vol. 3, no. 2022, pp. 171–179, 2022.
C. F. U.R.P., B. Haryono, and J. Heryanto, “Penggunaan Metode Coaching dan Mentoring untuk Meningkatkan Kinerja Tim Promosi di Yayasan Pandhega Jaya, Sidoarjo,” J. Mirai Manag., vol. 9, no. 1, pp. 904–915, 2024.
T. Haryati, D. Siska, Ahmad, and F. Ganggut, “Pendampingan Penggunaan Media WhatsApp Bagi Usaha UMKM di Kota Wamena,” J. Penelit. dan Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 3, pp. 169–179, 2025.
Copyright (c) 2025 Azza Nabila Rahmadhani, Nurus Saada, Bisma Putra Sulung, Nadia Aulia Rachma, Tri Lathif Mardi Suryanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.








