PENDAMPINGAN BRANDING DAN LEGALITAS USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH KELURAHAN TEMBOK DUKUH

  • Salsabila Shofirana UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Afinatus Nur Aisyah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Eka Maurita Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Shofiyyah Nuur Ganinda Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Leily Suci Rahmatin Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: UMKM, Branding, Legalitas Usaha

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berperan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, termasuk di Kelurahan Tembok Dukuh, Surabaya. Namun, para pelaku UMKM di wilayah ini masih menghadapi kendala dalam penguatan branding dan pemenuhan legalitas usaha. Program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Kelompok 5 KKNT Bela Negara SDGs UPN “Veteran” Jawa Timur bertujuan meningkatkan kapasitas pelaku UMKM melalui rangkaian pendampingan berbasis kebutuhan lapangan. Metode pengabdian yang digunakan meliputi survei awal, penyuluhan, pelatihan tatap muka, serta pendampingan teknis individual. Melalui pendekatan ini, peserta mendapatkan pemahaman tentang pentingnya identitas usaha, strategi pemasaran digital, dan cara membuat konten promosi yang efektif. Selain itu, diberikan bimbingan langsung mengenai proses pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui sistem OSS hingga peserta berhasil menyelesaikan tahap administrasi. Aspirasi pelaku UMKM terkait sertifikasi halal juga ditindaklanjuti dengan koordinasi bersama Dinas Koperasi dan UMKM. Program ini membuktikan bahwa pelatihan terpadu dan pendampingan berkelanjutan mampu meningkatkan daya saing UMKM sekaligus mendukung pencapaian SDGs poin 8 tentang pertumbuhan ekonomi inklusif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alisjahbana, A. S. E. M. (2018). Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia: Konsep,

Target, dan Strategi Implmentasi. In Sustainable Transport, Sustainable Development (2nd

ed.). Unpad Press. https://doi.org/10.18356/9789210010788

Evi Maulida Yanti, Elia Rosa, Rahmah Yulianti, Rudi Syaf Putra, Ramzijah, Syamsul Akmal, A.

N. et all. (2025). Scale-Up UMKM Desa Tu melalui Digital Branding sebagai Upaya

Peningkatan SDGs Desa. 6(2), 128–136.

Indrawati, S., & Rachmawati, A. F. (2021). Edukasi Legalitas Usaha sebagai Upaya Perlindungan

Hukum bagi Pemilik UMKM. Jurnal Dedikasi Hukum, 1(3), 231–241.

https://doi.org/10.22219/jdh.v1i3.17113

Januardin. (2021). Pengembangan Umkm. In Ksap (Issue October). Unpri Press.

http://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/almizan/article/view/110/82

Philip Kotler, K. L. K. (2009). Marketing Management (14th Editi, Vol. 13, Issue 1). Upper

Saddle River, N.J. : Pearson Prentice Hall.

Pramudita, R. A., Muhtarom, A. shofi, Sandi A, A., Nurharyanto, R. T., Abduh, H., Nugroho, A.

S., & Rahmawati, I. D. (2025). Peran Edupreneurship Berbasis Teknologi Digital pada

UMKM Terhadap Keberlanjutan Usaha. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary

Research and Development, 7(3), 1972–1980. https://doi.org/10.38035/rrj.v7i3.1410

Qibtiyah, M., & Halizah, S. N. (2025). Peran UMKM Dalam Pembangunan Dan Kesehjahteraan

Masyarakat Di Kota Surabaya. 3(2), 83–89.

Qudus, N., Nirwana, S., Ruma, N., Firnata, T. A., Akuntansi, P., & Sidoarjo, U. M. (2025).

Pemberdayaan Womenpreneur Pucang : Modal Sosial dan Personal Branding untuk

Kepercayaan Bisnis sebagai Implementasi SDG ’ s 5. 4(3), 215–225

Subardjo, A., & Rahmawati, M. I. (2022). Inovasi Model Bisnis Inkubasi dan Kolaborasi dalam

Meningkatkan Kinerja UMKM Surabaya di Era 4.0. Jurnal Penelitian Inovatif, 2(1), 17–24.

https://doi.org/10.54082/jupin.36

Tohari, A., Faisol, F., Ayu Septi Fauzi, D., Prayogy, M. D., & Khoiriyah, W. (2025).

Pemberdayaan Ekonomi Lokal: Pendampingan Digital Marketing Untuk UMKM Jatirejo.

Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1–9.

https://doi.org/10.57218/jompaabdi.v4i1.1358

Universitas Indonesia. (2023). SDG 8 Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi Decent Work

and Economic Growth. 98–111.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Published
2025-12-03
How to Cite
Shofirana, S., Aisyah, A. N., Maurita, E., Ganinda, S. N., & Rahmatin, L. S. (2025). PENDAMPINGAN BRANDING DAN LEGALITAS USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH KELURAHAN TEMBOK DUKUH. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 629 - 634. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v5i2.4788
Abstract viewed = 10 times
PDF downloaded = 4 times