PELATIHAN LITERASI KEUANGAN : PENTINGNYA MENABUNG BAGI GENERASI MUDA DI PANTI ASUHAN BAITURRAHMAN RANTAU KASIH PALEMBANG

  • Aisyah Rahmalia Universitas Multi Data Palembang
  • Putri Aprilia Universitas Multi Data Palembang
  • Siti Khairan Universitas MUlti Data Palembang
Keywords: Literasi keuangan, Generasi Muda, Kemandirian Finansial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman anak Panti Baiturrahman Rantau Kasih mengenai literasi keuangan. Khususnya pemahamaan tentang pentingnya menabung bagi generasi muda yang ditinggal di panti asuhan baiturrahman rantau kasih Palembang. Rendahnya kesadaran akan pengelolaan keuangan sejak dini dapat berdampak pada kemampuan individu dalam pengambilan keputusan finansial di masa depan, oleh karena itu, dengan adanya pelatihan yang dirancang dapat memberikan pemahaman dasar mengenai konsep menabung, manfaat menabung serta strategi sederhana dalam mengatur keuangan pribadi Selain itu, peserta juga dikenalkan pada pentingnya menetapkan tujuan finansial dan membedakan antara kebutuhan dan keinginan dalam pengeluaran sehari-hari. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini meliputi pemaparan materi, diskusi kelompok, simulasi praktik menabung dengan pendekatan yang mudah dipahami sesuai usia dan latar belakang peserta. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap pentingnya menabung dan kemampuan dalam Menyusun perencanaan keuangan sederhana,. Diharapkan dari pelatihan ini dapat membentuk kebiasaan positif dalam mengelola keuangan sejak dini serta mendorong kemandirian finansial dimasa mendatang , khususnya bagi anak – anak panti asuhan sebagai bentuk bagian dari Upaya pemberdayaan ekonomi jangka Panjang

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. Agustina and F. N. Faizah, “Journal of Islamic Banking and Finance,” JoIE J. Islam. Econ. Bus. P, [Online]. Available: https://doi.org/10.21154/joie.v2i2.3968

INFE, “Mengukur Literasi Keuangan Hasil Studi Percontohan OECD/Jaringan Internasional tentang Pendidikan Keuangan,” 2012.

Z. Abidin Achmad, Z. Fuji Arista, R. Anggi Ratnawati, M. Isnan, and A. Septo Prastyo, “Literasi Keuangan Dasar bagi Siswa SD Kristen Jerili untuk Meningkatkan Pengetahuan Ekonomi,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., no. 8, p. 2, 2024, [Online]. Available: https://doi.org/10.32696/ajpkm.v%25vi%25i.3863

K. S, Soetiono, and C. Setiawan., Literasi dan Inklusi Keuangan Indonesia. 2018. [Online]. Available: https://books.google.co.id/Books?Hl=en&lr=&id=jqByEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=survei+nasional+literasi+dan+inklusi&ots=Q-67WeYvbz&sig=MmoxhbjqaPDBBDXVksiLHQ_RY9c&redir_esc=y#v=onepage&q=survei nasional literasi dan inklusi&f=false.

I. Nafiyah, A. Maulidya, N. Rosyada, E. K. Putri, E. Lestari, and H. H. Adinugraha, “Meningkatan Literasi Keuangan Pada Masyarakat Desa Kebanggan Kecamatan Moga Melalui Program Literasi Bank Syariah,” 2023, [Online]. Available: https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/Index.Php/Welfare/Article/View/648

P. W. Ningrum, N. D. P. Sari, C. Wasitaningsih, and E. Astuti, “Penguatan Literasi Keuangan Terhadap Siswa Melalui Budaya Menabung di Sdit Al Muttaqin,” 2022.

T. Wulandari, S. Lazuarni, and R. Sari, “PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PAYMENT GATEWAY TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA MANAJEMEN SWASTA DI KOTA PALEMBANG.”.

I. W. Fendya and M. Ubaidillah, “EDUKASI LITERASI KEUANGAN PADA PANTI ASUHAN KATOLIK SONAF MANEKA KUPANG MELALUI BUDAYA MENABUNG,” 2022.

I. Masrifah et al., “Sosialisasi Tentang Mengenalkan Pengelolaan Keuangan pada Anak Usia Dini di Panti Asuhan Dompet Yatim dan Dhuafa Jati Asih Bekasi.,” 2025.

W. Nashihuddin, “PENINGKATAN PERAN PUSTAKAWAN PERGURUAN TINGGI MELALUI PROGRAM DIFUSI INFORMASI IPTEK KE MASYARAKAT,” 2016.

Published
2025-12-04
How to Cite
Rahmalia, A., Aprilia, P., & Khairan, S. (2025). PELATIHAN LITERASI KEUANGAN : PENTINGNYA MENABUNG BAGI GENERASI MUDA DI PANTI ASUHAN BAITURRAHMAN RANTAU KASIH PALEMBANG. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 824 - 831. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v5i2.4872
Abstract viewed = 18 times
PDF downloaded = 2 times