OPTIMALISASI PENJUALAN PRODUK UMKM KOTA MALANG MELALUI PEMANFAATAN PLATFORMS SHOPEE FOOD SEBAGAI SARANA DIGITALISASI
Abstract
Perkembangan teknologi dan digitalisasi yang kian pesat di era saat ini menjadi suatu tantangan yang harus dihadapi oleh pelaku UMKM terutama dalam meningkatkan daya saing di tengah persaingan yang ketat dan dalam menjangkau pasar yang lebih luas. Dibalik tantangan ini, juga terdapat peluang yang dapat dimaksimalkan dimana digitalisasi bisnis sekaligus menjadi kunci pertumbuhan bagi UMKM. Mendasari fenomena yang terjadi, diperlukan suatu kegiatan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan melalui pemanfaatan platform e-commerce, seperti Shopee.
Pelatihan berfokus memberikan pemahaman secara komprehensif tentang strategi digital marketing, termasuk mengelola promosi, menarik pelanggan, dan meningkatkan visibilitas produk. Pendekatan ini diharapkan mampu menghasilkan solusi konkret khususnya dalam mengatasi kendala pemasaran dan berdampkan pada daya saing dan perkembangan secara berkelanjutan bagi UMKM. Peningkatan pemahaman dan keterampilan UMKM dalam mengelola bisnis online menjadi tujuan utama yang ingin dicapai dari kegiatan pelatihan ini dan diharapkan dapat berdampak langsung pada peningkatan hasil keuangan UMKM.
Downloads
References
R. N. H. R. N. Hardati, I. W. Karimulloh, M. R. Junaidi, and A. Fitrianti, “Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Industri Rumah Tangga (Irt) Tepung Bumbu Krispi Di Kelurahan Kedungkandang Kota Malang,” Jurnal Abdi Insani, vol. 10, no. 1, pp. 1–10, 2023, doi: 10.29303/abdiinsani.v10i1.614.
T. Yuniarti, F. Faujiyah, M. A. Rizal, and F. C. D. Bani, “Digitalisasi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Wilayah Jakarta Selatan,” Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 2, no. 2, pp. 121–126, 2022, doi: 10.55382/jurnalpustakamitra.v2i2.202.
J. F. Panjalu, RR. S. Muslikhah, and T. L. W. Utami, “Pemasaran Digital untuk Branding dalam Pengembangan UMKM di Indonesia,” Jurnal Informatika Komputer, Bisnis dan Manajemen, vol. 22, no. 1, pp. 69–79, Jan. 2024, doi: 10.61805/fahma.v22i1.109.
M. T. Febriyantoro and D. Arisandi, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean,” JMD Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, vol. 1, no. 2, pp. 61–76, 2018, doi: 10.26533/jmd.v1i2.175.
V. S. Julianti, A. C. Sjaaf, and W. Sulistiadi, “Strategi Implementasi Digital Marketing Di Rumah Sakit Pada Masa Pandemi COVID-19: Literature Review,” Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (Mppki), vol. 5, no. 3, pp. 218–223, 2022, doi: 10.56338/mppki.v5i3.2107.
E. Shakira, H. K. Rahmawulan, and V. S. Asih, “Dampak Penggunaan Platform Digital Terhadap Perkembangan UMKM Indonesia,” Prestise: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis, vol. 3, no. 1, Jun. 2023, doi: 10.15575/prestise.v3i1.30447.
M. R. Dewi, I. Setyaningrum, M. Ariani, B. B. A. Pramana, and L. Theterissa, “Transformasi Perilaku Konsumen Di Era Digital: Studi Dan Implikasi Umkm Sambal Dede Satoe,” Jmbi Unsrat (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi), vol. 10, no. 3, pp. 1789–1795, 2023, doi: 10.35794/jmbi.v10i3.50505.
Y. E. Herawati and Y. Firmansyah, “Kabar Kota Malang, Potensi Unggulan, Inovasi, Keberagaman,” E-Newsletter Balaikota News, Malang, p. 20, 2024. Accessed: Aug. 28, 2025. [Online]. Available: www.malangkota.go.id
M. Hasan, A. Dzakiyyah, D. A. Kumalasari, N. Safira, and S. N. Aini, “Transformasi Digital UMKM Sektor Kuliner Di Kelurahan Jatinegara, Jakarta Timur,” Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, vol. 17, no. 2, pp. 135–150, 2021, doi: 10.31940/jbk.v17i2.2529.
F. Faujiyah, T. Yuniarti, M. A. Rizal, and F. C. D. Bani, “Penerapan Media Digital Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Bidang Kuliner Di Area Jakarta Selatan,” Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 3, no. 3, pp. 135–140, 2023, doi: 10.55382/jurnalpustakamitra.v3i3.507.
Y. T. Apriliyanto, J. N. Alim, and W. Maulani, “Pelatihan Digital Marketing Dan Branding Untuk Peningkatan Pemasaran Produk UMKM Gula Aren Desa Kalipancur,” Reswara Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, no. 2, pp. 681–692, 2024, doi: 10.46576/rjpkm.v5i2.4374.
J. Samodra, A. S. Pahlevi, and Y. A. L. Hermanto, “Pasar Desa Digital Berbasis Web Sebagai Media Promosi Bagi Umkm,” Jurnal Karinov, vol. 2, no. 3, p. 177, 2019, doi: 10.17977/um045v2i3p177-180.
F. R. Febriani and S. B. Cahya, “Pengaruh E-Service Quality dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Menggunakan Fitur Shopee-Food,” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), vol. 10, no. 2, pp. 1658–1668, Aug. 2022, doi: 10.26740/jptn.v10n2.p1658-1668.
A. N. Afridhianika, M. Harisudin, and S. M. Handayani, “The Role of E-Trust and Brand Image on Repurchase Intention Shopee Food,” International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), vol. 8, no. 1, pp. 1–13, 2024, doi: 10.29040/ijebar.v8i1.12446.
L. Ariyanti and S. Setyo Iriani, “PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA SAAT SPECIAL EVENT DAY (STUDI PADA KONSUMEN SHOPEE JAWA TIMUR),” SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, vol. 1, no. 5, pp. 491–508, Mar. 2022, doi: 10.54443/sibatik.v1i5.58.
Copyright (c) 2025 Refiana Dwi Maghfiroh, Irma Kurniasari, , Dimas Nugroho Dwi Seputro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.








