PENINGKATAN KEWIRAUSAHAAN KREATIF MELALUI WORKSHOP SABUN CUCI PIRING, SNACK BOUQUET, DAN SOSIALISASI LITERASI DIGITAL

  • Diva Ramadhani Ristiaji Putri UPN VETERAN JAWA TIMUR
  • Intania Widyantari Kirana UPN VETERAN JAWA TIMUR
  • Rido Izril Qonata UPN VETERAN JAWA TIMUR
  • Rafi Hernanda Maulana UPN VETERAN JAWA TIMUR
  • Astri Glorya Pasaribu UPN VETERAN JAWA TIMUR
Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Kewirausahaan Kreatif, Literasi Digital, Produk Rumah Tangga, Lokakarya

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan melalui tiga kegiatan utama di RW 08, Kelurahan Darmo, Surabaya, yaitu workshop pembuatan sabun cuci piring, workshop pembuatan snack bouquet (buket makanan ringan), dan sosialisasi literasi digital. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian ekonomi rumah tangga, mendorong kewirausahaan kreatif, serta meningkatkan kesadaran digital masyarakat, khususnya ibu-ibu dan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Metode yang digunakan meliputi presentasi, demonstrasi langsung, praktik partisipatif, dan sesi diskusi. Peserta dilatih membuat sabun cuci piring ramah lingkungan yang ekonomis serta merangkai snack bouquet yang memiliki nilai jual dan daya tarik estetika. Kegiatan workshop sabun cuci piring dan snack bouquet mengandung unsur pendidikan yang mengembangkan keterampilan praktis dan jiwa kewirausahaan peserta, mulai dari produksi hingga strategi pemasaran. Selain itu, peserta juga didorong untuk berpikir kreatif, mengenali potensi pasar, dan menciptakan produk yang bernilai jual serta ramah lingkungan. Sosialisasi literasi digital juga membekali peserta dengan strategi branding di media sosial serta pengenalan affiliate marketing. Program ini berhasil meningkatkan keterampilan praktis, pemahaman wirausaha, dan motivasi peserta dalam menjalankan usaha rumahan. Kegiatan ini berkontribusi pada pencapaian SDGs 4, 8, 9, dan 12 melalui integrasi edukasi praktis, pertumbuhan ekonomi, dan produksi yang bertanggung jawab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan digital marketing pada UMKM sebagai penunjang kegiatan promosi dan pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 88–92. https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3981

Afrida, A., Asyar, R., Fuldiaratman, F., Miharti, I., Minarni, M., & Adawiyah, R. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring, Handsoap dan Detergen Berbasis Bahan Alami Di Desa Jati Mulyo. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 39–46. https://doi.org/10.22437/jupema.v3i2.36787

Amir Iskandar, S., Gazali, S., & Prihanisetyo, A. (2025). Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Digitalisasi: Implementasi Program Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM kota Balikpapan. Kegiatan Positif: Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat, 3(2), 39–54. https://doi.org/10.61132/kegiatanpositif.v3i2.1969

Bahasoan, A. N., S, N. N. Q., Wahdaniah, N., B, N. I., & Azis, N. M. S. (2024). Transformasi Digital pada UMKM: Penggerak Pertumbuhan Ekonomi dan Inklusi di Negara Berkembang. Jurnal Indragiri Penelitian Multidisiplin, 5(1), 9–19. https://doi.org/10.58707/jipm.v5i1.1085

Hendrasari, E., Isnata, F., & Yulfajar, A. (2023). Penerapan Digital Marketing Terhadap Penjualan UMKM Filiya Galeri. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Sosial (EMBISS), 3(2), 188–193. https://embiss.com/index.php/embiss/article/view/208

Jalaluddin, J., Suryani, A. I., Suryani, I., Megawati, M., Sakir, A., Halimatussakdiah, H., Arief, R. L., Salsabilla, R., & Tamimi, A. S. (2024). Community Service: Training on Produced Dishwashing

Soap from Waste Cooking Oil for Strengthening Gampong Blang Ara Community Income.

Jurnal Pengabdian Bakti Akademisi, 1(1). https://doi.org/10.24815/jpba.v1i1.37629

Lindiawati, L., Ilham, R., Supriyanto, H., Wulandari, D. A., & Renzina, Y. D. (2023). Pelatihan digital marketing untuk meningkatkan digital literacy UMKM Rusunawa Wonorejo, Surabaya. Jurnal KeDayMas: Kemitraan dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 52–58. https://doi.org/10.14414/kedaymas.v3i2.3990

Mutamima, A., Purnama, I., & Malhat, F. M. (2024). Low-cost and eco-friendly dishwashing liquid to improve the economy of society affected by the pandemic COVID-19: A community development. Symbiosis Civicus, 1(1), 8–13.

Nirwana, N. Q. S., & Biduri, S. (2021). Implementasi digital marketing pada UMKM di era revolusi Industri 4.0 (Studi pada UMKM di Kabupaten Sidoarjo). BALANCE: Economic Business Management and Accounting Journal, 18(1), 29. https://doi.org/10.30651/blc.v18i1.5720

Nugroho, A. A., & Ahmadi, M. (2023). Pengaruh digital marketing terhadap perkembangan UMKM. Musytari: Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi. https://ejournal.warunayama.org/index.php/musytarineraca/article/view/9218

Qodar, I. L., & Handayani, T. (2023). Strategi Literasi Digital mendorong UMKM elektronik go online. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 23(2). https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v23i2.11707

Rifai, A., Wardani, H. W., & Andini, P. (2025). Transformasi Digital UMKM: Strategi Branding dan Optimalisasi Marketplace bagi Pelaku Usaha Nugget. Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 35–40. https://doi.org/10.30762/welfare.v3i1.2089

Rohmaniyah, N. R., Alfian, N. N., Amar, N. S. S., Subhan, N. S., Ustman, N. U., Fajar, N. A., Rahayu,

N. R. P., Habibi, N. N. S., Risal, N. Z., & Hakim, N. R. (2024). Peningkatan Penjualan UMKM melalui Penerapan Digital Marketing di Desa Teja Timur. Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 2(3), 36–42. https://doi.org/10.47861/jipm-nalanda.v2i3.1189

Sitompul, N. P. S., Sari, N. M. M., Gaol, N. C. M. B. L., & Harahap, N. L. M. (2025). Transformasi Digital UMKM Indonesia : Tantangan dan Strategi Adaptasi di Era Ekonomi Digital. Jurnal Manajemen Bisnis Digital Terkini, 2(2), 09–18. https://doi.org/10.61132/jumbidter.v2i2.487

Sundari, R. (2024). Peranan digital marketing dalam mencapai efisiensi usaha pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Jurnal Bisnis Kompetitif, 3(3), 109–114.

Suryaneta, Handayani, K. Y., Rezki, A. S., Fahmi, A. G., & Saputra, I. S. (2022). Participatory action research for rural women’s empowerment: Household production of herbal dish soap. Riau Journal of Empowerment, 5(1), 49–58. https://doi.org/10.31258/raje.5.1.49-58

Suwandi, N. S., Sibarani, N. W. S., Sibarani, N. L. A., & Halawa, N. S. (2023). Strategi pemasaran digital dalam meningkatkan usaha kecil dan menengah. Guruku: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 1(4), 116–127. https://doi.org/10.59061/guruku.v1i4.501

Wulandari, A., Marcelino, D., Suryawardani, B., & Adithya, D. (2024). Digital Capability and Literacy for MSME Transformation: Perspectives of Digital and Business Performance. Asia Pacific Management and Business Application, 13(2), 109–128. https://doi.org/10.21776/ub.apmba.2024.013.02.2

Zulys, A., Syauqi, M., Adriana, E., Istiqomah, M., Susanto, B., & Haidlir, B. (2023). Community empowerment in Sajang Village through coffee soap making and entrepreneurship training. ASEAN Journal of Community Engagement, 7(1). https://doi.org/10.7454/ajce.v7i1.1201

Published
2025-11-26
How to Cite
Ristiaji Putri, D. R., Kirana, I. W., Qonata, R. I., Maulana, R. H., & Pasaribu, A. G. (2025). PENINGKATAN KEWIRAUSAHAAN KREATIF MELALUI WORKSHOP SABUN CUCI PIRING, SNACK BOUQUET, DAN SOSIALISASI LITERASI DIGITAL. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 751 - 766. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v5i2.4965
Abstract viewed = 5 times
PDF downloaded = 2 times