DIGITALISASI PELAYANAN AKADEMIK MADRASAH MELALUI PEMANFAATAN RAPOR DIGITAL MADRASAH (RDM) DI MTSS MIFTAHUL HUDA BANDUNG
Abstract
Digitalisasi pelayanan akademik madrasah melalui pemanfaatan Rapor Digital Madrasah (RDM) menjadi kebutuhan seiring kebijakan transformasi digital Kementerian Agama. Implementasi RDM sejak 2021 masih menghadapi tantangan utama, yaitu kesenjangan literasi digital guru dan konsistensi input data. Penelitian ini bertujuan (1) meningkatkan kompetensi guru dan operator dalam mengoperasikan RDM secara efektif; (2) membangun prosedur standar input dan validasi data rapor digital. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan partisipatif berbasis kebutuhan madrasah di MTSS Miftahul Huda Bandung. Proses penelitian mencakup analisis kebutuhan, perancangan program, dan pelaksanaan pendampingan teknis langsung (direct supervision). Temuan kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kompetensi pengguna setelah sosialisasi dan pendampingan. Penolakan guru terhadap sistem baru berhasil diatasi. Pendampingan berbasis studi kasus nyata terbukti efektif dalam mempercepat adaptasi teknis. Kolaborasi sinergis antara guru, operator, dan pimpinan madrasah menjadi faktor kunci keberhasilan. Proses pengolahan nilai menjadi lebih efisien dan potensi kesalahan input data diminimalkan. Hasil akhir kegiatan ini adalah tersusunnya draf Standar Operasional Prosedur (SOP) RDM yang mendukung tata kelola administrasi digital berkelanjutan. Pemanfaatan RDM tidak hanya sebatas alat administrasi, tetapi juga berperan dalam membentuk digital mindset dan budaya kerja baru di madrasah.
Downloads
References
Aminullah, A. M., Riscal, D. A., & Sahbany, S. (2023). Pengembangan digitalisasi arsip pada bidang pendidikan di Indonesia: Tinjauan pustaka sistematis. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 3(2).
Anwar, Y. K. (2023). Inovasi penilaian pembelajaran melalui aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM) di MI Islamiyyah Syafiiyah Gandrirojo. Istifkar: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 72–88.
Bulut, O., Cutumisu, M., Aquilina, A. M., & Singh, D. (2019). Effects of digital score reporting and feedback on students' learning in higher education. Frontiers in Education. https://doi.org/10.3389/feduc.2019.00065
Fajrin, N., & Muchali, I. (2023). Implementasi penggunaan Rapor Digital Madrasah (RDM) berbasis online dalam menyusun administrasi penilaian hasil belajar peserta didik. Jurnal Idaarah, 7(1), 177–189.
Gilang, B. S. (2021). Implementasi aplikasi Rapor Digital untuk pelaporan evaluasi hasil belajar di MI Muhammadiyah Pasir Lor Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. [Skripsi, IAIN Purwokerto].
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2021, 20 Agustus). Kemenag luncurkan Rapor Digital untuk 87.000 Madrasah. https://kemenag.go.id/nasional/kemenag-luncurkan-rapor-digital-untuk-87000-madrasah-fvlthr
Millah, N. W. R. (2024). Implementasi efektivitas aplikasi Rapor Digital Madrasah sebagai upaya penilaian hasil belajar siswa Madrasah Aliyah Terpadu Cidahu. AL–KAFF: Jurnal Sosial Humaniora, 2(1), 621–627.
https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/download/13480/6382/53807
Ngainiyah, I. (2022). Implementasi aplikasi Rapor Digital Madrasah dalam penilaian hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda tahun pelajaran 2021/2022. [Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta].
Putra, A. L., Taman, A. R., Gilang, P. R., & Agung, W. (2025). Analisis penerimaan aplikasi Rapor Digital Madrasah menggunakan acceptance model di MAN 1 Cianjur. Jurnal Manajemen Informatika Jayakarta.
https://www.journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/JMIJayakarta/article/view/1737
Rahmawati, S. (2023). Dampak kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa kelas IV. AL–KAFF: Jurnal Sosial Humaniora, 1(2), 172–181.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D) (25th ed.). Bandung: CV Alfabeta.
Copyright (c) 2025 Siti Raudatul, Imam Junaris

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.








