PENDAMPINGAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DENGAN METODE TARTIL

  • Junita Junita Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Martin Kustati
  • Gusmirawati
Keywords: Pendampingan Guru, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Metode Tartil

Abstract

Pendampingan ini bertujuan untuk membentuk generasi Islam yang memiliki wawasan Al-Qur’an melalui pendidikan sejak usia dini dengan menanamkan kecintaan mendalam terhadap Al-Qur’an serta mendorong siswa untuk mempelajarinya secara baik dan benar. Kegiatan pendampingan ini juga dilakukan guna mengukur kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu, aspek ketepatan, kelancaran, dan kefasihan dalam membaca Al-Qur’an menjadi hal penting yang harus diperhatikan, sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Tujuan utama dari pendampingan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan minat siswa dalam membaca Al-Qur’an secara tartil. Metode tartil dipilih karena dinilai efektif, sistematis, serta mudah dipahami oleh siswa dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an. Pelaksanaan pendampingan dilakukan melalui beberapa tahapan, meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam kegiatan ini digunakan metode Participatory Action Research (PAR). Hasil dari pendampingan menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dengan penerapan metode tartil, terlihat dari peningkatan kelancaran membaca, ketepatan pelafalan huruf, serta penerapan tajwid sesuai dengan aturan yang telah ditentukan. Meski demikian, masih terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan sarana dan prasarana serta waktu pelatihan yang kurang memadai. Kesimpulan pendampingan  metode tartil terbukti efektif dan memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Oleh karena itu, metode ini disarankan untuk terus diterapkan secara berkelanjutan guna meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa sesuai dengan kaidah tajwid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, Neneng Ayu Indra. 2023. ‘Kemampuan Siswa Dalam Membaca Al-Qur’an secara Tartil’. Journal of Elementary School (JOES) 6 (1): 114–18. https://doi.org/10.31539/joes.v6i1.6742.

Di, P A I, Uptd Sdn, Durjan Kecamatan, a/ac Kokop Kabupaten. 2021. ‘Jurnal pendidikan & pembelajaran’, 43–54.

Hasanah, Uswatun. 2023. ‘Pembinaan Baca Tulis Al- Qur ’ an Melalui Metode Qir ’ ah Dan Tartil’ 4 (3).

Hidayah, Luthfi Fatihatul, a/ac Moh Farih Fahmi. 2020. ‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Ips’. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi 4 (02): 17–35. https://doi.org/10.30599/utility.v4i02.1153.

Ibrahimy, Universitas. 2021. ‘GURU SEBAGAI MODEL DAN TELADAN’ 6 (1).

JIPI. 2023. ‘Implementasi Metode At-Tartil Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Smp Nu Sunan Giri Kepanjen’. JIPI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam) 1 (1): 32–41. https://doi.org/10.58788/jipi.v1i1.2483.

Muhammmad, Maulana Rizqi Abadi. 2024. ‘Metode Efektif Mengajar Al-Quran dan Tajwid’. Hikmah : Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam 1 (4).

Najati, Auliya Putri, Siti Azizah, Hafifah Cintia Wardah, a/ac Nafilah Agustina. 2025. ‘No Title’ 8 (3): 260–67.

Rossalia Agata, Ainun Nadlif. 2025. ‘Implementasi metode at-tartil untuk meningkatkan kemampuan membaca al- qur’an pada siswa ma sabilul muttaqin kalipuro pungging mojokerto’. R eslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal 7 (4): 1323.

Samu’ah, Siti. 2021. ‘Penerapan Metode Tartila Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas V Dalam Pembelajaran PAI Di UPTD SDN Durjan 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan’. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 43–54.

Sawitri, Junika Indar, Tria Novita, Br Karo, Cahaya Mutiara, a/ac Br Barus. 2024. ‘Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Improving the Quality of Learning by Using Interactive Learning Media’. POTENSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (3): 96–102. https://journal.feb.undaris.ac.id/index.php/PotensiAbdimas.

Susanti, Devi Elsi. 2025. ‘Pendampingan Membaca Al- Qur ’ an Menggunakan Metode Tartila di SMP Negeri 5 Kota Solok’ 5 (1): 76–86.

WIDODO, EDI. 2022. ‘Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Pembinaan Dan Pendampingan Di Sma Negeri 2 Tebo’. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi 2 (1): 32–38. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v2i1.1044.

Yasmin, Alya, Muhammad Yunan Hidayad, a/ac Agus Fatuh Widoyo. 2022. ‘Peran Guru Dalam Menanamkan Kecintaan Al-Qur’an Pada Anak Sejak Usia Dini’. Al’Ulum Jurnal Pendidikan Islam 2 (1): 153. https://doi.org/10.54090/aujpai.v2i1.18.

Yusta, Andi Amiruddin, Andi Asdar. 2025. ‘ Penerapan Metode Tartil Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an di Taman Pendidikan Al-Qur'an Nurul Iman Kecamatan Mandai Kabupaten Maros' Stai D D I. '1 , 2 , 3’ 1 (2): 25–31.

Published
2025-12-04
How to Cite
Junita, J., Martin Kustati, & Gusmirawati. (2025). PENDAMPINGAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DENGAN METODE TARTIL. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 917 - 926. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v5i2.4996
Abstract viewed = 3 times
PDF downloaded = 0 times