PENGENALAN UNITY UNTUK PEMBELAJARAN KONSEP DASAR AUGMENTED REALITY DI SMK SEMEN GRESIK
Abstract
Abstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SMK Semen Gresik dengan tujuan untuk memperkenalkan penggunaan Unity Engine sebagai media pengembangan Augmented Reality (AR) bagi siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep dasar AR serta terbatasnya pengalaman mereka dalam memanfaatkan teknologi pengembangan media pembelajaran interaktif. Pelatihan ini diikuti oleh 46 siswa kelas X dan dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Informatika, Universitas Trunojoyo Madura, yang sedang melaksanakan program Asistensi Mengajar. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk workshop interaktif yang mencakup penyampaian materi, demonstrasi, dan praktik langsung pembuatan proyek AR sederhana menggunakan Unity. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan sebesar 7.89% pada pemahaman dan keterampilan peserta, yang terlihat dari perbandingan nilai pretest dan posttest. Selain itu, peserta memberikan respon positif terhadap kegiatan yang dinilai menarik, aplikatif, dan memberikan pengalaman belajar baru. Secara keseluruhan, kegiatan ini berhasil meningkatkan literasi teknologi, kreativitas, serta motivasi belajar siswa dalam pengembangan media pembelajaran digital berbasis Augmented Reality.
Kata kunci: Augmented Reality, Unity, pelatihan, pengabdian masyarakat.
Downloads
References
W. Irma, R. Okra, H. A. Musril, dan S. Derta, “Media Pembelajaran Kimia Berbasis Augmented Reality Menggunakan Unity Augmented Reality-based Chemistry Learning Media Using Unity,” J. Manaj. Inform., vol. 14, no. April, 2024.
R. H. N. Setiawan, A. Fatahillah, A. I. Kristiana, Susanto, dan R. Adawiyah, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA,” JEUJ J. EDUKASI, vol. 10, no. 2, hal. 70–77, 2023.
A. K. Apriliano, L. E. C. Ningrum, M. S. Zuhrie, dan N. Kholis, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MATERI GERBANG LOGIKA PADA MATA PELAJARAN DASAR KEJURUAN ELEKTRONIKA KELAS X DI SMKN 3 SURABAYA Andreas Kevin Apriliano,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 12, no. 03, hal. 169–177, 2023.
I. D. A. S. Murdhani, I. D. A. I. Saraswati, dan M. Sholeh, “Media Pembelajaran Pengenalan Sistem Organ Manusia Melalui Augmented Reality Dengan Menggunakan Aplikasi Unity,” J. SUTASOMA, vol. 01, no. 01, hal. 111–119, 2023.
P. Azzahra, S. Sundari, P. Studi, T. Informatika, U. Harapan, dan M. Collecting, “PERANCANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY ( AR ) PENGENALAN STRUKTUR LAPISAN BUMI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN UNITY,” JIKSTRA, vol. 6, no. 02, 2024.
A. P. Setiawan dan F. Prasetya, “Eksplorasi Perspektif Guru Smk Kota Bukittinggi Terhadap Implementasi Teknologi Virtual Reality ( Vr ) Dan Augmented Reality ( Ar ) Dalam Proses Pembelajaran Produktif,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 9, hal. 2776–2788, 2025.
W. . M. A. Ghofar, A. H. Setiawan, dan B. Siswanto, “Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Mata Pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan Kelas XII SMKN 2 Surakarta,” JIPTEK J. Ilm. Pendidik. Tek. dan Kejuru., vol. 18, no. 2, hal. 306–314, 2025.
M. Cheysa dan C. Latupeirissa, “PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI SEKOLAH DASAR,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 9, no. 4, hal. 6006–6013, 2025.
N. Alfitriani, W. A. Maula, dan A. Hadiapurwa, “Penggunaan Media Augmented Reality dalam Pembelajaran Mengenal Bentuk Rupa Bumi,” J. Penelit. Pendidik., vol. 38, no. 1, hal. 30–38, 2021.
R. K. Siregar dan L. F. Meidipa, “Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Program PPG,” KALANDRA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 03, no. 03, hal. 145–150, 2024.
Copyright (c) 2025 M. Khusnun Najib, Wilda Nur Mei Syahrina, Muhammad Syahrul Fawaid, Muhammad yafi' bahytsany, Putrimita Aprilia Mutiara, Riswanda Rurye Aprilianyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.








